Mengenal Jenis-Jenis Alat Musik Melodis Sebelum Belajar Memainkannya

Pada komposisi instrumen musik, terdapat tiga bagian penting yang terdiri dari alat musik ritmis, alat musik melodis, dan alat musik harmonis. Ketiga bagian ini memiliki peran penting agar musik yang dihasilkan seimbang.

Menjadi bagian jenis alat musik, alat melodis adalah salah satu bagian penting yang tidak asing bagi kita untuk belajar memainkannya. Nah, bagi kamu yang belum tahu alat musik melodis itu seperti apa, cari tahu di bawah ini yuk!

Pengertian Alat Musik Melodis

Alat melodis adalah alat musik yang menghasilkan melodi seperti notasi nada do, re, mi, fa, so, la, si, dan do. Alunan nada tersebut menjadi melodi utama dalam komposisi musik dan tidak dapat dimainkan secara sendirian, dalam artian harus bersama-sama dengan alat musik lainnya agar musik yang dihasilkan memiliki keharmonisan dan tempo yang selaras.

Mengenal Jenis Alat Musik Melodis

Alat musik ini memiliki jenis yang beragam, mulai yang tradisional hingga modern dan cara memainkannya pun memiliki teknik yang berbeda. Ada yang dipetik, ditekan bahkan digetarkan. Jika kamu ingin tahu lebih lanjut tentang alat musik ini, simak penjelasannya berikut ya!

1. Gitar Instrumen Melodis Paling Populer

Siapa yang tidak asing dengan alat musik gitar? Ternyata gitar menjadi salah satu instrumen musik yang paling populer. Gitar pun dibedakan menjadi dua, yaitu gitar elektrik dan akustik dengan cara memetik senar-senarnya yang memiliki jumlah enam buah. 

Gitar berfungsi sebagai instrumen melodi dan rhythm. Maka dari itu, gitar memiliki peranan yang penting agar semua melodi terdengar selaras dan enak didengar.

2. Kecapi Asal Jawa Barat

Kecapi adalah alat musik yang asalnya dari Jawa Barat. Alat musik kecapi umumnya terbuat dari kayu dan terdapat senar-senar, seperti gitar. Kecapi berfungsi sebagai pengiring lagu daerah yang memiliki tempo pelan, misalnya lagu tradisional sunda. 

Kecapi dibagi menjadi dua jenis yaitu kecapi rincik dengan jumlah senar 15 yang berfungsi untuk melengkapi komposisi musik dan kecapi indung dengan ukuran yang lebih besar dengan senar sebanyak 18 hingga 20 yang menjadi instrumen utama sebagai pemberi nada di bagian intro, interlude, dan bridges pada komposisi lagu.

3. Harmonika Ternyata Berasal dari Cina

Alat musik yang identik dengan genre country atau blues ini ternyata berasal dari Cina. Harmonika sudah dimainkan sejak zaman kekaisaran Nyu-Kwa dan baru pada tahun 1821 dikembangkan lagi oleh Christian Friedrich Buschmann menjadi harmonika yang lebih modern.

Cara memainkan harmonika dapat dengan dua cara, dengan dihisap atau ditiup. Kamu bebas memilih cara mana yang paling nyaman, karena kedua cara tersebut akan menghasilkan nada yang unik. 

Walaupun terlihat mudah, harmonika memerlukan latihan yang konsisten dan intensif sebelum menguasai alat musik ini.

4. Biola Asal Italia Utara

Alat musik yang berasal dari Italia Utara pada awal abad ke-16 ini memiliki empat senar dengan nada G-D-A-E. Biola dimainkan dengan cara digesek dengan stik panjang agar mengeluarkan suara yang harmonis. 

Sekilas, biola terlihat mirip dengan gitar yang berukuran kecil dengan beberapa jenis yaitu biola menengah, biola besar, biola bass, dan biola kecil.

5. Piano Jadi Alat Musik Melodis Tertua di Dunia

Tahukah kamu jika piano telah menjadi alat musik melodis tertua di dunia? Bartolomeo Cristofori membuat piano untuk pertama kalinya pada tahun 1700-an dengan instrumen yang lembut dan kencang dengan tiga jenis yang berbeda yaitu baby grand piano, grand piano, dan upright piano.

Saat kamu bermain piano, kamu dapat menghasilkan suara dengan mengatur strings, velocity, dan tekanan di bagian tuts. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply