Mengenal Charles Babbage, Sang Penemu Komputer

Hidup di era digital berarti hidup dengan berbagai aktivitas yang dibantu oleh komputer. Bagi banyak orang, baik di negara maju maupun negara berkembang, komputer telah menjadi salah satu kebutuhan utama. Alat ini kerap dilibatkan dalam aktivitas sekolah maupun perkantoran.

Namun pernahkah kamu bertanya tentang siapa orang yang menemukan komputer pertama kali?

Berbicara tentang komputer berarti tidak jauh dari pembicaraan tentang Charles Babbage. Ia merupakan seorang ahli matematika asal Inggris yang hingga saat ini dikenal sebagai Bapak Komputer.

Sebagai salah satu orang penting yang telah berhasil menciptakan sesuatu yang memudahkan pekerjaan kita, sudah seharusnya kita mengenalnya. Yuk, baca artikel di bawah ini sampai selesai!

Awal karier Babbage sebelum menemukan komputer

Charles Babbage adalah anak seorang petugas bank di Inggris. Karena mengalami beberapa masalah, ia menjalani pendidikan home-schooling. Namun setelah lulus pendidikan SMA, yakni pada 1810, ia diterima berkuliah di Universitas Cambridge pada Jurusan Matematika.

Tidak lama setelah lulus, Babbage yang tergolong memiliki daya otak di atas rata-rata, bekerja sebagai dosen di Royal Institution untuk mengajar kalkulus.

Dalam waktu beberapa tahun mengajar kalkulus, ia terpilih menjadi anggota Royal Society dan menjalankan peran di Royal Astronomical Society. Di sinilah titik awal Babbage mulai ingin mendalami mesin hitung.

Penemu Komputer: Difference Engine No. 1

Pada 1821, Babbage mulai bereksperimen dengan sebuah mesin yang dinamakan dengan Difference Engine. Mesin ini digunakan untuk menyusun tabel matematika. Mesin tersebut merupakan sebuah perangkat sederhana yang masih jauh dari mesin yang diangan-angankan Babbage.

Setelah selesai membuat mesin tersebut, antara 1832-1834, Babbage kembali mendapatkan ide untuk berinovasi pada mesin yang lebih canggih. Mesin tersebut akhirnya dikenal sebagai mesin analitik, selesai pada tahun 1856. Fungsinya bukan hanya dapat mengerjakan satu tugas matematika, tetapi juga menyelesaikan berbagai perhitungan lainnya.

Difference Engine No. 1 sendiri sudah memiliki beberapa karakteristik yang dimiliki oleh komputer yang kita kenal saat ini.

Difference Engine No. 2, proyek Babbage yang belum diselesaikan

Tidak puas pada eksperimennya di Difference Engine No. 1, Babbage kembali berinovasi dengan mesin-mesin yang disebutnya Difference Engine No. 2. Mesin ini dibuat untuk menyelesaikan perhitungan yang lebih rumit sekaligus mencetak hasilnya ke dalam bentuk tabel matematika.

Namun sayang, Babbage hanya membuat rancangan bagaimana mesin tersebut bekerja tanpa pernah membangun mesin yang dimaksud dengan tangannya. Hal ini dikarenakan pada waktu itu mesin rancangan Babbage membutuhkan teknologi dengan spesifikasi yang begitu tinggi, yang saat itu bahkan belum tersedia. Padahal untuk pembuatan mesin ini dibutuhkan biaya yang sangat tinggi.

Dalam penyelesaian proyek-proyek Difference Engine milik Babbage, ia mendapatkan berbagai penghargaan, baik dari institusi sains maupun institusi pemerintah. Walaupun demikian, karena berbagai kendala, proyek Difference Engine No. 2 terpaksa dihentikan.

Pada dasarnya, Difference Engine No. 2 hanya sebuah ide dan rancangan dari Babbage. Namun akhirnya, The Science Museum di Inggris memutuskan untuk membangun mesin Difference Engine No. 2. Bagian utama mesin tersebut selesai pada tahun 1991, tepat dua abad setelah Babbage lahir. Pada tahun 2000, rangkaian lanjutan mesin ini, yakni mekanisme percetakannya, diselesaikan.

Nah, itu dia informasi tentang Charles Babbage, sang penemu komputer, yang perlu kamu ketahui. Meskipun komputer yang dihasilkan Babbage waktu itu bukanlah komputer berukuran kecil yang dapat digunakan untuk menyelesaikan banyak hal, namun setidaknya komputer rancangan Babbage merupakan cikal bakal komputer yang saat ini kita kenal.

Related Articles

Leave a Reply