Memahami Apa Itu Pasar Oligopoli dan Penyebabnya

Sistem ekonomi membuat para pelaku bisnis dan usaha terdorong untuk memproduksi suatu barang maupun jasa agar bisa memenuhi setiap kebutuhan dari masyarakat. Barang dan jasa yang diproduksi kemudian diperjualbelikan dalam suatu pasar. Jenis-jenis pasar ada banyak sekali macamnya, salah satunya adalah pasar oligopoli. Pernahkah kamu mendengar jenis pasar ini dan bagaimana sistemnya? Yuk simak ulasan berikut selengkapnya.

Apa itu pasar oligopoli?

Pasar oligopoli
Source: freepik.com

Secara teori dalam sistem ekonomi terbentuk suatu pasar dengan persaingan sempurna. Dimana di dalam pasar tersebut memiliki pembeli dan juga penjual yang jumlahnya banyak dengan suatu barang atau produk yang diperdagangkan hanya satu jenis saja atau homogen. Akan tetapi, dalam prakteknya bentuk persaingan sempurna yang bisa ditemui dalam berbagai industri adalah pasar oligopoli.

Sigit Sardjono dalam buku karyanya di tahun 2017 yang berjudul ‘Ekonomi Mikro’, menyebutkan tentang pasar oligopoli. Dimana terdapat sebuah keadaan bahwa jumlah penjual hanya sedikit. Sehingga tindakan yang dilakukan seorang produsen bisa mendorong sejumlah produsen lainnya.

Bisa dikatakan, jika jenis pasar ini merupakan sebuah pasar yang didominasi sejumlah pelaku usaha dengan modal atau skala produksi yang cukup besar. Umumnya dalam jenis pasar ini terdapat beberapa produsen. Antara dua hingga lima produsen atau lebih, sedangkan jika terdiri dua buah perusahaan maka disebut juga dengan duopoli.

Ciri-ciri yang dimiliki pasar oligopoli

Pasar oligopoli
Source: freepik.com

Dikutip dari buku berjudul Makroekonomi Modern milik Sadono Sukirno yang terbit tahun 2000, setidaknya ada 3 ciri-ciri yang dimiliki oleh pasar oligopoli, antara lain:

Dalam pasar oligopoli terdapat produk standar dan berbeda

Perusahaan yang berada dalam lingkup pasar oligopoli biasanya memproduksi produk atau jasa yang sejenis (homogen). Hal seperti ini banyak ditemui dalam sejumlah industri yang hasil produksinya berupa bahan mentah.

Tak hanya itu, ada pula perusahaan yang memproduksi barang-barang yang tidak diproduksi oleh produsen yang lain. Barang tersebut umumnya merupakan barang-barang akhir, seperti sepeda motor, mobil, smartphone, baju, dan lain sebagainya.

Kekuatan dalam menentukan harga tak bisa diprediksi

Jika tidak memiliki kerjasama, kekuatan dalam menentukan harga suatu barang yang diproduksi bisa sangat terbatas. Ketika suatu perusahaan mencoba menurunkan harga produknya, perusahaan lain pun akan ikut membalasnya dengan memberikan harga lebih besar.

Sehingga kedua perusahaan tersebut akan sama-sama mendapatkan perhatian pembeli baru atau justru kehilangan pelanggan dikarenakan adanya persaingan harga yang kurang sehat.

Akan tetapi, jika perusahaan yang berada dalam lingkup pasar oligopoli saling bekerjasama dalam penentuan harga, harga produk bisa distabilkan sesuai dengan tingkat harga yang telah disepakati.

Membutuhkan promosi

Aktivitas promosi dilakukan dengan sangat aktif demi bisa menarik calon pembeli baru sekaligus mempertahankan pelanggan yang lama agar tetap setia. Dengan begitu aktivitas jual-beli akan tetap berjalan dengan baik sesuai apa yang direncanakan. 

Dari mana pasar Oligopoli bisa muncul?

Source: pixabay.com

Secara praktis maupun teoritis, ada beberapa sumber yang menjadi penyebab munculnya jenis pasar oligopoli. Berikut beberapa diantaranya,

Produsen pemasok jumlahnya sedikit

Umumnya menjadi salah satu penyebab mengapa pasar oligopoli muncul. Hal ini bisa terjadi karena skala ekonomi yang harus dioperasikan umumnya sangat besar dan hanya sedikit perusahaan yang mampu memasok pasar.

Kebutuhan investasi cukup besar

Hal ini juga menjadi penyebab mengapa pasar oligopoli bisa muncul. Karena hal tersebut membuat perusahaan lainnya tidak berani masuk dan berkecimpung dalam industri terkait.

Perusahaan dengan hak paten eksklusif jumlahnya terbatas.

Hal ini juga menjadi penyebab yang menghambat perusahaan lainnya untuk ikut merambah ke industri tertentu. Sehingga pemainnya dalam suatu industri yang memproduksi  suatu komoditi tertentu tidak banyak. 

Perusahaan memiliki kompetensi tinggi

Ada perusahaan mapan dengan kualitas produk dan layanan yang memuaskan pelanggannya. Hal ini tentu membuat suatu perusahaan yang baru ingin memulai merambah industri terkait kesulitan untuk bersaing.

Sedikit perusahaan yang bisa mengontrol pasokan bahan baku

Sedikitnya jumlah perusahaan yang memiliki kontrol atas ketersediaan bahan baku untuk memproduksi komoditas tertentu juga menjadi penyebab terciptanya pasar oligopoli.

Ada support dari pemerintah terkait

Umumnya pemerintah memberikan waralaba kepada suatu perusahaan tertentu agar mau bergerak di suatu pasar atau industri tertentu.

Beberapa penyebab tersebut tak hanya membuat struktur pasar oligopoli terbentuk. Tapi juga sekaligus menjadi batu penghalang bagi sejumlah perusahaan lainnya untuk ikut masuk ke dalam pasar dan berkompetisi dalam jangka panjang.

Sudah tahu belum? Kalau kantong nikotin VELO punya banyak varian rasa yang asyik buat dicoba, lho! Ada rasa berry, cengkeh dan stroberi yang unik dalam sensasi hangat nan menggelitiknya VELO. Cocok banget buat dicobain sambil beraktivitas, misalnya jalan-jalan, meeting bareng klien hingga berenang!

Kantong nikotin VELO ini praktis banget, cukup tinggal selipkan di antara gusi dan gusi atas lalu biarkan sensasinya meledak di mulut, wow banget! Dibuat khusus untuk pengguna produk nikotin dewasa yang sudah berusia diatas 18 tahun. Bukan wanita hamil atau menyusui. Dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Related Articles

Leave a Reply