Melakukan Aktivitas Fisik Secara Teratur Dalam Sehari Selama Paling Sedikit 30 Menit, Apakah Efektif?

Melakukan aktivitas fisik secara teratur adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. Kabar baiknya, saat ini sudah semakin banyak masyarakat, terutama yang tinggal di perkotaan sadar akan pentingnya aktivitas fisik untuk kesehatan tersebut.

Buktinya bisa dilihat dari ramainya orang-orang yang bersepeda atau jogging di wilayah Car Free Day, menjamurnya gym center, bahkan semakin banyaknya inovasi alat-alat olahraga yang mempermudah kita untuk melakukan aktivitas fisik.

Selain itu, saat ini kita juga tidak jarang menemukan poster-poster di internet tentang berbagai perusahaan atau organisasi yang mengadakan acara-acara olahraga, baik untuk keperluan penggalangan dana dan sebagainya.

Selain menyenangkan untuk dilakukan, aktivitas fisik seperti olahraga juga memberikan berbagai dampak positif bagi tubuh kita, baik secara fisik, psikis, bahkan mental.

Namun, durasi melakukan aktivitas fisik masih kerap menjadi perdebatan. Ada yang mengatakan bahwa sebaiknya olahraga tidak dilakukan setiap hari, cukup tiga hingga lima hari dalam seminggu saja. Ada yang mengatakan bahwa melakukan aktivitas fisik secara teratur dalam sehari selama paling sedikit tiga jam adalah durasi paling efektif. Ada pula yang mengatakan bahwa sekalinya olahraga, sebaiknya dilakukan minimal satu jam. Manakah pernyataan yang benar dan sebaiknya diikuti?

Kita akan menjawab semuanya dalam artikel ini. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu ketahui dulu apa saja sih manfaat olahraga bagi tubuhmu.

Manfaat olahraga

Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa melakukan aktivitas fisik berupa olahraga secara teratur dapat memberikan berbagai kebaikan bagi tubuh kita.

  • Olahraga membuat tubuh lebih berenergi

Yep, jika kita melakukan olahraga secara teratur, kita akan merasakan manfaat tubuh yang lebih berenergi dan tidak gampang lelah. Hal ini dikarenakan olahraga cenderung melatih ketahanan fisik dan meningkatkan kekuatan otot tubuh kita. 

Bayangkan kamu menghabiskan waktu luang dengan hanya rebahan dan bermain HP. Tubuhmu akan menjadi “manja”. Jika suatu saat kamu melakukan aktivitas fisik yang sebenarnya tidak terlalu berat, kamu akan merasa lelah dengan mudah.

Kebaikan lain adalah bahwa olahraga dapat meningkatkan penyerapan oksigen ke dalam tubuhmu. Dengan demikian, tubuhmu akan lebih siap melakukan berbagai aktivitas.

  • Olahraga membuat tubuh ideal

Apakah mengatur pola makan cukup untuk menurunkan berat badan? Mungkin iya. Namun tahukah kamu dengan menambah olahraga ke dalam list program penurunan berat badanmu akan membuat programmu menjadi lebih efektif?

Ada orang yang berat badannya turun namun badannya tidak berbentuk. Hal ini dikarenakan rendahnya massa otot dalam tubuh orang tersebut. Nah, biar tubuhmu ideal, lakukanlah olahraga secara rutin untuk meningkatkan massa otot.

  • Olahraga dapat meningkatkan mood

Dengan berolahraga, tubuhmu akan melepaskan hormon endorfin, yakni hormon perangsang perasaan bahagia. Dengan ini kamu dapat menghindari stres.

  • Anti insomnia

Kamu sering kesulitan tidur di malam hari? Yuk, perbaiki pola tidurmu dengan olahraga secara rutin.

Berapa kali sebaiknya berolahraga?

Intensitas kamu berolahraga umumnya disesuaikan dengan olahraga jenis apa yang kamu lakukan.

  • Olahraga intensitas ringan-sedang

Jika kamu melakukan olahraga intensitas ringan-sedang seperti renang, berjalan kaki, bersepeda, yoga, aerobik, dan sebagainya, kamu disarankan berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. 

Waktu ini dibagi menjadi 30 menit tiap sesi jika kamu ingin berolahraga 5 kali seminggu, atau 60 menit tiap sesi jika kamu ingin berolahraga 3 kali seminggu.

  • Olahraga intensitas sedang-berat

Jika kamu melakukan aktivitas fisik jenis ini, seperti angkat beban, hiking, lari, atau berbagai gerakan seperti pull-up, push up, dan sebagainya, kamu disarankan berolahraga selama 75 menit dalam seminggu.

Waktu olahraga tersebut dibagi menjadi 25 menit per sesi jika kamu melakukannya 3 kali seminggu.

Nah, sekarang sudah terjawab soal durasi yang efektif untuk olahraga. Kamu siap menjadi individu yang lebih sehat?

Related Articles

Leave a Reply