Mau Terlihat Keren? Pelajari 4 Jenis Alat Musik Kontemporer Ini!

Gimana sih perasaan kamu ngeliat orang lain bisa bermain musik? Pasti tersanjung kan? Memang, orang yang piawai bermain musik seolah memiliki kharisma yang sulit dideskripsikan dengan kata-kata. Intinya, mereka selalu terlihat keren!

Alat musik yang kita jumpai saat ini sangat banyak jenisnya lho! Padahal zaman dulu nenek moyang kita membuat alat musik hanya dari bahan-bahan sederhana seperti daun-lontar, kulit hewan, bambu, dan sebagainya. 

Karena zaman semakin berkembang dan manusia semakin kreatif, ada banyak jenis alat musik yang bisa kita temui. Bunyi yang dihasilkan pun sangat beragam dan sangat enak di dengar. Beberapa yang paling populer adalah alat musik kontemporer. 

Jenis alat musik kontemporer pun sangat beragam. Bahkan untuk menciptakan karya musik yang satu ini, kamu bisa memanfaatkan benda apapun yang bisa menghasilkan bunyi dan diolah menjadi satu harmoni yang indah.

Namun tentu saja ada beberapa jenis alat musik kontemporer yang populer dan pemainnya akan terkesan sangat keren. Mau tahu apa saja alat musik tersebut? Yuk, baca artikel ini!

Biola

Banyak ingin pandai bermain biola, namun saat mulai mempelajarinya, mereka pun segera menyerah dengan alasan bermain biola sangat susah. Padahal jika kamu ada niat untuk menjadi piawai memainkan alat musik ini, kamu pasti bisa melakukannya!

Biola termasuk dalam kategori alat musik modern. Meskipun sama-sama memiliki senar seperti gitar, biola dimainkan dengan cara digesek. Tentu saja tidak bisa digesek sembarangan. Ada tongkat khusus yang bisa digunakan untuk membuatnya terdengar merdu. 

Biola terdiri dari 4 senar dengan kunci G-D-A-E. Setiap kunci disetel sedemikian rupa terlebih dahulu agar suaranya enak didengar. Biasanya biola biasanya dimainkan untuk beberapa genre musik, seperti pop dan jazz. Namun tentu saja tetap bisa dipakai untuk mengiringi genre musik lain.

Piano

Alat musik kontemporer yang satu ini merupakan instrumen yang sangat populer di industri musik. Ia dimainkan dengan cara ditekan tutsnya, sama seperti keyboard. Bedanya, piano memiliki tuts yang lebih banyak, yakni 88 buah. Dari segi ukuran, piano pun ukurannya lebih besar, dan harga rata-rata di pasaran menunjukkan piano lebih mahal dibanding keyboard.

Alat musik yang satu ini banyak digunakan untuk berbagai konser-konser besar. Jika kamu mempelajarinya, kamu akan terlihat semakin keren!

Gitar

Siapa sih yang tidak tahu gitar? Kita semua pasti tahu sekalipun mungkin ada di antara kita yang tidak bisa memainkannya!

Di antara berbagai jenis alat musik modern, gitar termasuk alat musik yang paling mudah untuk dipelajari. Ia terdiri dari senang yang akan berbunyi jika dipetik dengan jari atau dengan plektrum.

Gitar sendiri terdiri dari dua tipe, yaitu gitar elektrik dan gitar akustik. Gitar elektrik biasanya memiliki badan gitar yang padat dengan lubang di tengahnya. Biasanya gitar ini akan berbunyi merdu jika dipetik dengan Pickup. Untuk penampilan yang lebih profesional, gitar elektronik kerap dilengkapi dengan efek gitar.

Berbeda dengan gitar akustik, gitar yang paling sering kita gunakan untuk pemainan kasual. Gitar ini juga memiliki lubang di bagian badannya, tetapi badannya sendiri tidak padat, melainkan menyisakan ruang kosong di dalamnya. Biasanya, kualitas gitar akustik sangat dipengaruhi oleh kualitas kayu pada gitar dan senarnya. 

Cobalah pelajari salah satu dari dua tipe gitar di atas, dijamin kamu bakal terlihat semakin keren deh!

So, itulah 3 jenis alat musik kontemporer yang bisa kamu pelajari agar kamu terlihat semakin keren. Nah, sambil belajar main musik, tidak ada salahnya kamu mencoba VELO. Namun ingat, produk kantong nikotin ini hanya untuk kamu yang berusia 18 tahun ke atas ya!

Related Articles

Leave a Reply