Mau Bikin Bisnis Tanpa Modal? Simak 5 Tips Berikut Ini!

Siapa bilang bikin bisnis tanpa modal itu mustahil? Asalkan tahu caranya, kamu bisa meraup pundi-pundi tanpa harus mengeluarkan uang sepeserpun lho!

Banyak anak muda kini ingin memiliki bisnis sendiri dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan kecanggihan internet, segala sesuatu memang menjadi lebih mudah. Termasuk mempromosikan produk melalui media sosial, sehingga kamu bisa menjangkau target pasar dengan lebih mudah.

Gimana sih cara mendirikan bisnis tanpa modal ini? Simak 5 tips yang akan sangat berguna untuk kamu.

1. Jadikan keahlian sebagai bekal

Di bidang mana kamu paling berbakat? Entah itu kamu pandai menulis, desain grafis, web programming, menerjemahkan bahasa asing, dan lain sebagainya, semua keahlian tersebut bisa menjadi langkah awal kamu memulai bisnismu sendiri.

Hanya bermodalkan laptop dan koneksi internet saja, kamu bisa mulai memasarkan produkmu dan menjaring calon klien yang mau memakai jasamu. Oh iya, kalau kamu punya bakat berjualan, jangan ragu untuk membuka toko online ya!

2. Masih punya pekerjaan? Jangan buru-buru dilepas

Melihat orang-orang yang sukses dalam menjalankan bisnis mereka, pasti kamu ingin fokus dengan mengerahkan semua tenaga dan pikiran untuk mengembangkan usahamu. Tapi jangan terburu-buru mengundurkan diri dari pekerjaanmu yang sekarang ya. 

Kamu harus tetap bisa bersikap realistis karena bisnis juga mengandung resiko yang besar. Punya pekerjaan memberikan keamanan untuk finansialmu karena kamu tetap mendapatkan penghasilan setiap bulan. Gaji yang kamu dapatkan dari pekerjaan akan menyelamatkanmu di kala bisnis sedang menurun.

Kamu boleh saja bersemangat menjalankan bisnis, tapi jangan sampai kehilangan fokus sangat bekerja. Jika kamu membutuhkan asupan nikotin, VELO menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis dan nyaman. VELO adalah kantong nikotin tanpa asap buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, yang bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

3. Kamu harus berkomitmen tinggi

Sebelum kamu memulai bisnis tanpa modal, satu hal yang harus kamu ingat adalah bahwa menjalankan bisnis tidak mudah sama sekali. Dibutuhkan komitmen yang tinggi untuk membuat produk atau jasa yang kamu tawarkan dikenal oleh banyak orang.

Belum lagi persaingan yang ketat dengan pebisnis lain. Kamu harus terus semangat untuk berinovasi dan membuat keunikan tersendiri yang membuat usahamu berbeda dengan para pesaing. Proses ini bisa sangat melelahkan. Jadi, kalau kamu belum siap untuk bersusah payah, sebaiknya urungkan dulu niat untuk membuka usaha.

4. Platform online adalah andalanmu

Kalau tidak punya modal, bagaimana cara mempromosikan bisnismu?

Sebagai anak muda yang melek akan teknologi, kamu bisa memperkenalkan produk dan jasamu, kamu hanya butuh smartphone dan internet. Manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. 

Kamu juga bisa membuka toko online di berbagai e-commerce yang menyediakan jasa membuka toko secara gratis. Asalkan kamu rajin-rajin melakukan promosi, pasti seiring berjalannya waktu bisnismu akan berkembang juga.

5. Kembangkan produk melalui crowdfunding

Jika ada saatnya kamu membutuhkan sokongan dana untuk mengembangkan bisnismu, kamu bisa mengandalkan crowdfunding. Beberapa situs crowdfunding yang populer di Indonesia antara lain adalah Kitabisa.com, Ayopeduli.id, dan masih banyak lagi.

Namun untuk mendapatkan dana, kamu harus punya produk yang inovatif sehingga menarik orang-orang untuk ikut berpartisipasi dalam mengembangkan produkmu. Persaingan di crowdfunding sangat ketat, jadi pastikan kamu mempromosikan bisnis dengan semenarik mungkin.

Itu dia 5 tips yang bisa kamu gunakan untuk memulai bisnis tanpa modal. Selamat mencoba dan terus semangat ya!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply