5 Manfaat Olahraga Lompat Tali Bagi Kesehatan

Tahukah kamu bahwa lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga yang sering diremehkan oleh banyak orang? Padahal, lompat tali bisa efektif daripada jenis kardio lainnya. 

Fakta menarik tentang lompat tali dipublikasikan pada tahun 2013 oleh American Association for Health. Penelitian yang dilakukan oleh Physical Education and Recreation menemukan bahwa mahasiswa yang menghabiskan 10 menit selama enam minggu saat melakukan lompat tali berhasil meningkatkan fungsi kardiovaskular mereka dibandingkan dengan mahasiswa yang menghabiskan 30 menit setiap harinya untuk jogging. 

Selain itu, lompat tali dapat membakar kalori yang banyak, meningkatkan koordinasi dan kekuatan tulang. Manfaat paling penting yang bisa menjadi perhatian kamu yaitu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Pengen tahu fakta menarik lainnya dari manfaat olahraga lompat tali bagi kesehatan? Simak manfaatnya berikut ini: 

1. Membakar Kalori 

Tahukah kamu berapa banyak lompat tali dibakar? Kalori yang terbakar mencapai 200 hingga 300 kalori loh. Pembakaran kalori yang terjadi lebih banyak daripada latihan kardio lainnya, seperti berlari ataupun bersepeda. Ternyata ini bisa menjadi salah satu manfaat olahraga lompat tali

Hal ini disebabkan oleh sebagian besar dari otot utama kamu bekerja keras saat melompat tali. Latihan ini dianggap termogenik, atau bisa menghasilkan lebih banyak panas dalam tubuh. Ketika tubuh kamu perlu membakar lebih banyak bahan bakar, saat itulah proses pembakaran kalori berlangsung. 

Secara tidak langsung, kamu akan menyadari ketika saat lompat tali selama 2 menit berturut-turut akan memberikan tantangan bagi kemampuan kardiovaskuler kamu, seperti adanya peningkatan pada denyut jantung. 

2. Meningkatkan Koordinasi 

Kamu akan membutuhkan koordinasi saat bermain lompat tali, terutama ketika kamu melakukan gerakan yang lebih sulit, seperti mengayunkan tali dua kali dengan cepat dalam setiap lompatan. 

Sebuah penelitian pada tahun 2017 yang dipublikasikan oleh Research Journal of Pharmacy and Technology menyatakan bahwa lompat tali membantu meningkatkan koordinasi motorik di antara anak-anak autis yang sering mengalami kesulitan dengan keseimbangan. 

3. Mengurangi Risiko Cedera 

Dengan meningkatkan koordinasi pada tubuh kamu dengan lompat tali, kamu akan cenderung terhindar dari cedera baik saat sedang berolahraga atau dalam beraktivitas sehari-hari. 

Hal itu disebabkan karena lompat tali memaksa kamu untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh pada bagian atas dan bawah sehingga secara otomatis kamu lebih gesit dan kesadaran tubuh kamu meningkat pesat. 

4.  Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Lompat tali membuat jantung kamu terpompa, maka itu adalah salah satu cara terbaik bagi sistem kardiovaskular dan kesehatan jantung kamu. Misalnya, ketika lompat tali bisa meningkatkan denyut jantung hingga ke V02 Max, maka jumlah oksigen itulah yang dapat digunakan seseorang saat berolahraga. Semakin tinggi V02 Max seseorang, semakin tinggi pula daya tahan kardiovaskular yang mereka miliki. 

Selain itu, manfaat lainnya bagi orang yang sudah terkena penyakit kardiovaskular. Salah satu penelitian yang dipublikasikan oleh European Journal of Applied Physiology menemukan bahwa saat melakukan lompat tali selama 12 minggu dapat mengurangi faktor risiko penyakit kardiovaskular pada remaja perempuan yang mengalami tekanan darah tinggi. 

Setelah, remaja perempuan tersebut rutin melakukan lompat tali, perubahan terjadi pada kadar lemak tubuh dia yang menjadi lebih rendah, memiliki denyut nadi lebih baik. 

Kamu bisa melakukan olahraga ini dimanapun kamu berada. Jika kamu pemula, lakukan lompat tali selama 10 menit sebelum berolahraga, kemudian selesaikan lompat tali selama 3 menit sekali. 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply