5 Lukisan Terkenal di Dunia Bikin Kantong Jebol!

0
176
lukisan terkenal di dunia

Lukisan adalah media kuno yang berasal dari 40.000 tahun yang lalu, ketika manusia purba mengoleskan arang ke dinding gua untuk membuat gambar. Dengan kata lain, lukisan hadir mendahului kata-kata tertulis sekitar 35.000 tahun lalu. Bahkan dengan perkembangan era modern, masuknya fotografi, film dan teknologi digital tetapi tulisan tetap menjadi media menuangkan ekspresi emosional seseorang. Mustahil jika selama puluhan ribuan tahun tidak menghasilkan lukisan abstrak terkenal bahkan menjadi lukisan terkenal di dunia. 

Apakah kamu sudah tidak asing dengan beberapa lukisan terkenal di dunia berikut ini? 

Mona Lisa, Leonardo Da Vinci 

lukisan terkenal di dunia

Salah satu lukisan terkenal di dunia yang sudah tidak asing lagi dilukis oleh Leonardo Da Vinci, dalam karyanya berjudul Mona Lisa. Seni yang dilukis antara tahun 1503 dan 1517. Banyak teori di balik potret wanita tersenyum ini. Ada yang bilang bahwa wanita itu adalah istri dari seorang pedagang bernama Florentine Francesco yang berasal dari Bartolomeo del Giocondo. 

Teori lain menyebutkan bahwa dia adalah ibu Leonardo bernama Caterina. Adapun senyuman yang terkenal dalam lukisan Mona Lisa membuat orang penasaran selama berabad-abad karena potret lanskap yang ideal di belakangnya. 

Johannes Vermeer, Girl with a Pearl Earring 

lukisan terkenal di dunia

Pada tahun 1665, pelukis bernama Johannes Vermeer melukis seorang wanita yang terlihat sangat nyata, nyaris seperti sebuah foto. Ada beberapa perdebatan dibalik lukisan ini, kalau Johannes menggunakan kamera obscura untuk membuat lukisan ini. 

Spekulasi lainnya menyebutkan bahwa potret perempuan ini adalah pembantu Johannes yang ia gambar seperti gadis dari Belanda. Dengan genre Tronie, yaitu seperti fitur wajah yang diam sebagai upaya untuk menangkap kemiripan. 

Sandro Botticelli, 1484–1486 

lukisan terkenal di dunia

Lukisan karya Sandro Botticelli yang terkenal adalah The Birth of Venus. Potret tanpa busana non-religius sejak zaman kuno dibuat khusus untuk Lorenzo de Medici. Menurut spekulasi yang beredar, potret wanita dalam lukisan ini adalah sosok Dewi Cinta yang diduga bernama Simonetta Cattaneo Vespucci. 

Potret The Birth of Venus mendekskripsikan Venus yang diterbangan ke darat di atas kulit kerang raksasa oleh dewa angin Zephyrus dan aura saat musim semi datang. Lukisan ini mengundang kemarahan Savonarola, biarawan dari Dominika yang menentang fundamentalis Florentines. 

Biarawati ini mengkampanyekan “Bonfire of the Vanities” yang terkenal pada tahun 1497 dimana kosmetik, karya seni, buku di bakar habis di atas tumpukan kayu. Lukisan karya Botticelli ini pun juga akan dibakar, namun entah bagaimana dapat lolos dari kehancuran. 

Vincent van Gogh, The Starry Night 

Lukisan paling terkenal selanjutnya dari Vincent van Gogh berjudul The Starry Night di rumah sakit jiwa di Saint-Remy pada tahun 1889. Potret The Starry Night mencerminkan keadaan pikirannya yang bergejolak pada saat itu, seperti langit malam yang menjadi pusat kehidupan dan diaplikasikan dengan hingar bingar yin and yang dari seorang iblis dan kekaguman Vincent pada alam. 

James Abbott McNeill Whistler, Arrangement in Grey and Black No. 1 

lukisan terkenal di dunia

James Abbott melukis karya ini di dalam studionya di London pada tahun 1871 tentang Whistler’s mother Anna yang digambarkan sebagai salah satu dari beberapa elemen yang terkunci dalam susunan sudut siku-siku. Ekspresi Whistler’s Mother Anna cocok dengan kekakuan komposisi dan agak ironis yang menjadi simbol keibuan. 

Leave a Reply