Liburan Ke Labuan Bajo Dengan Budget Minim!

Liburan ke Labuan Bajo dengan budget minim? Siapa takut!

0
1198
labuan bajo
William Kusno via Unsplash

Labuan Bajo, pasti kalian sedang membayangkan pasir putih, lautan biru, dan pemandangan yang luar biasa bikin kagum kan? Yes! Liburan ke Labuan Bajo ini merupakan traveling goal banyak orang, karena di pulau ini benar-benar indah banget dan vibe nya akan beda dari pulau-pulau yang lain.

Kalian pasti udah pada tau kan, meskipun liburan ke Bajo mimpi semua orang tapi tak banyak orang mengurungkan niat begitu mencari tau berapa total biaya jika ingin ke sana?

Tentu saja, itu semua membutuhkan persiapan budget yang matang agar bisa menikmati indahnya pantai, terumbu karang, dan matahari terbenam di sana.

Nah, tapi jangan buru-buru mengurungkan niat dulu nih gara-gara kemahalan! Kalian tetap bisa kok masukin ke dalam list tempat yang wajib dikunjungi semasa hidup karena buat kesana ga selalu memerlukan biaya yang mahal!

Dengan budget 3 jutaan selama 3 hari 2 malam, kalian bisa mulai tulis rencana perjalanan ke Labuan Bajo! Siapin catatan dan pulpen kalian sekarang ya!

Tips Backpacker Rute Jakarta-Labuan Bajo

Wayan Parmana via Unsplash

Disclaimer dulu nih, trip ke Bajo akan dimulai dari Jakarta ya! Nah, teruntuk jiwa-jiwa petualangan yang tinggi kalian pasti bersemangat buat melabuhkan diri ke Labuan Bajo! Simak yuk, apa saja yang perlu kalian siapkan untuk perjalanan minim budget ini.

  1. Rencanakan perjalanan dengan matang karena ini backpacker, kalian harus rajin-rajin browsing tiket.
  2. Semakin banyak teman, semakin minim biaya. Kenapa? Karena pas pesan hotel kalian bisa split bill. Pokoknya, saling berbagi deh.
  3. Pesan tiket pesawat dari Jakarta ke Bali PP. Seperti kita tahu, harga pesawat langsung ke Bajo bisa sampai 2 jutaan jadi sebaiknya pesan pesawat ke Bali dengan harga sekitar 500 ribu per satu orang. Jadi biaya transportasi sebesar 1 juta. 
  4. Tips lainnya jika kalian punya banyak waktu, kalian bisa coba jalur darat dengan menggunakan kereta dari Jakarta ke Banyuwangi lalu dilanjut dengan menggunakan kapal ke Gilimanuk dengan biaya 250 ribu per orang.
  5. Sangat direkomendasikan menggunakan pesawat jika kalian ingin perjalanan lebih fresh dengan stamina yang cukup.

Perjalanan ala backpacker ini bisa disesuaikan dengan budget teman-teman ya, mau pilih pesawat atau kereta api. Tetapi, keduanya akan tetap menyenangkan kok dilewati bersama teman-teman. 

Berlayar dari Bali-Labuan Bajo

Drew Darby via Unsplash

Sesampainya di Bali, kalian boleh istirahat semalam dulu atau langsung ke Benoa untuk lanjut berlayar ke Bajo menggunakan kapal. Nah, gimana sih cara pesan kapal tanpa ribet? Tips naik kapal dari Bali, antara lain:

  1. Saat memesan tiket pesawat, kalian juga harus langsung mencari tahu jadwal kapal dari Bali ya. Terlebih untuk yang ingin langsung melanjutkan perjalanan. 
  2. Pemesanan kapal dapat diakses di situs Pelni, rute dari Bajo dapat menggunakan KM Binaiya dengan harga 240 ribu per orang setiap jam 09.00 pagi dan 23.00 malam. Dengan harga tersebut, kalian sudah mendapatkan 3 kali makan dengan menu yang enak loh. Perjalanan menggunakan Binaiya akan memakan waktu hingga 24 jam. 
  3. Dalam perjalanan kalian akan mendapatkan tempat tidur seperti barak dan sharing dengan penumpang lainnya. Kalian juga bisa pesan kamar sendiri kok kalau mau lebih nyaman, harga satu kamar berkisar 200 ribu. Inilah pentingnya membawa teman setidaknya berdua agar bisa sharing biaya. 
  4. Saat perjalanan, kalian tidak akan mendapatkan sinyal nih jadi biar nggak bosan bisa bawa buku.

Setelah mendarat di Pelabuhan Labuan Bajo, kalian bisa langsung ke hotel atau bertemu dengan pemandu wisata kalian ya.

Memilih Penginapan Affordable

Marten Bjork via Unsplash

Ini dia salah satu hal penting yaitu memilih penginapan yang pas dengan biaya murah tapi tetap nyaman. Beberapa rekomendasi penginapan di Labuan Bajo ini tetap bisa menghemat biaya.

Terlebih lagi, jika kalian split bill bareng temen. Harga per malam penginapan ini dimulai dari harga 130 ribu hingga 250 ribu loh, ini dia pilihan penginapannya:

Siola Hotel

via Hotels.com

Harga per malam nya hanya 130 ribu saja loh untuk kamar dormitory.

La Boheme Bajo

via Booking.com

Hotel dengan konsep boho yang asik banget buat nyantai bisa jadi pilihan kamu nih. Harga nya mulai dari 220 ribu dengan pemandangan pantai biru.

Ciao Hostel

via Lonely Planet

Kapan lagi sih tidur dengan pemandangan laut langsung dari kamar kamu? Di hotel ini kamu bisa menikmati laut biru yang cantik hanya dengan harga 240 ribu per malam.

Makanan yang disediakan di hotel-hotel in juga tidak terlalu mahal kok, kamu bisa membandrol kebutuhan makanan kamu sehari sekitar 70 ribu.

Destinasi Wisata Labuan Bajo

Timur Kozmenko via Unsplash

Siapkan diri kamu untuk pemandangan pink beach, pulau padar, dan pulau kelor yang membuat siapapun takjub. Pemilihan destinasi wisata adalah bagian terpenting yang harus kalian persiapkan.

Ada beberapa pilihan yang bisa dicoba saat menjadi backpacker seperti menyewa kendaraan bermotor, akan tetapi sangat direkomendasikan untuk memilih paket wisata tanpa penginapan jadi akan lebih memotong biaya. Berikut rekomendasi paket wisata terbaik mulai dari Rp. 1.200.000 ribu

  1. Nusa Flores Travel di situs tourfloreskomodo.com dengan harga mulai dari 1.250.000 termasuk wisata ke pink beach, komodo, pulau padar dan lain-lain dengan fasilitas kapal dan air mineral.
  2. Darmawisata Indonesia di situs darmawisataindonesia.co.id dengan harga 1.500.000 termasuk fasilitas makan dan minum, pemandu lokal dan wisata ke pulau padar, komodo, pulau kanawa dan lain-lain.

Kesimpulan Budget Backpacker

Sasha Indi via Unsplash
  1. Tiket Pesawat Jakarta-Bali PP Rp. 1.000.000
  2. Tiket Kapal Bali-Labuan Bajo PP Rp. 500.000
  3. Akomodasi Hotel 2 hari Rp. 250.000
  4. Paket Wisata include makan 3 hari Rp. 1.500.000

Total biaya sebesar Rp. 3.250.000 kalian sudah bisa menikmati senja dan memenuhi bucket list liburan kalian ke salah satu destinasi terindah di Indonesia!

Pulau Labuan Bajo ini dijaga secara ketat banget tempat wisata nya, karena banyaknya wisatawan mancanegara yang berlibur ke pulau ini. Tentunya, sebagai wisatawan lokal kita harus tetap menjaga kebersihannya.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk masyarakat untuk tidak merokok, agar puntung rokok tidak menjadi sampah yang gampang terekspos. 

Akan tetapi, jangan khawatir ada satu rekomendasi produk dengan kandungan nikotin yaitu VELO, nih. Tidak bisa merokok saat berwisata ke Labuan Bajo, bukan berarti tidak dapat merasakan sensasi nikotin bukan?

Tanpa asap dan tanpa bau, membuat liburan kalian pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, tetap nyaman.

Leave a Reply