Lembah Tumpang Resort, Wisata Bernuansa Kerajaan Bak Surga Tersembunyi

Sebagai salah satu kota wisata di Jawa Timur, Malang sepertinya tidak henti-hentinya dalam menyuguhkan berbagai tempat wisata baru yang kekinian. Berbagai tempat wisata seperti pantai, gunung, air terjun, hingga tempat-tempat wisata yang instagramable seakan ada di kota dengan julukan kota apel ini. Dan belum lama ini, Malang memberikan suguhan tempat wisata baru yang tak kalah menarik, yaitu Lembah Tumpang Resort.

Tempat wisata ini bukan sekedar objek wisata biasa layaknya lembah di Indonesia lainnya. Kamu akan merasakan nuansa kerajaan pada masa lampau. Di atas lahan seluas 20 hektar ini, kamu juga bisa menikmati keindahan bangunan candi yang dikelilingi kolam renang. Terdapat sekitar 2.000 patung dan arca yang tersebar di sekitar lokasi.

Kalau dilihat-lihat, arsitektur bangunan disini mirip dengan bangunan pada masa Kerajaan Majapahit lho. Jadi, buat kamu yang bingung cari tempat wisata baru di Malang yang kekinian dan pas buat liburan. Kamu bisa langsung berkunjung ke tempat wisata ini ya!

Lokasi Lembah Tumpang Resort

Buat yang belum tahu dimana lokasi tempat wisata Lembah Tumpang, jangan kuatir ya! Lokasinya sangat mudah ditemui kok. Tempat wisata ini berada di Jalan Slamet, Gang Gumuk Agung, Desa Glanggang, Kecamatan Tumpang, Malang, Jawa Timur.

Jika kamu dari pusat Kota Malang, ambil arah menuju Kecamatan Tumpang melalui Sawojajar. Lanjutkan perjalanan menuju Cemoro Kandang. Dari situ kamu bisa lurus sampai menemui tugu perbatasan Pakis-Tumpang. Setelah itu ada pangkalan ojek, belok kiri saja dan lurus sampai ketemu pertigaan. Lalu belok kanan menuju lokasi resort.

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Harga tiket masuk ke Lembah Tumpang Resort Malang cukup murah, yaitu Rp 30.000 untuk orang dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak.

Buka setiap hari Senin – Minggu pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Aktivitas dan Wahana Seru

Saat pertama memasuki lokasi, pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau yang menawan. Mengusung konsep ‘ekowisata alam’ lokasi wisata ini memiliki banyak sekali spot hijau yang nampak asri. Berbagai jenis tanaman seakan menambah suasana menjadi rindang dan nampak teduh.

Sepanjang jalan menuju spot utama pun dikelilingi pepohonan hijau di kanan dan kirinya. Tepat di belakang resort ada sebuah air terjun kecil dengan ketinggian sekitar 10 m. Biasanya, selain menjadi spot untuk berfoto, area ini juga menjadi tempat untuk berteduh menikmati sejuknya udara.

Bangunan Utama Berupa Candi Berlantai Empat

Di kompleks Lembah Tumpang Resort terdapat sebuah candi berlantai empat yang menjadi bangunan utamanya. Di sekitar candi terdapat sungai kecil dan tanaman yang ditata sangat apik. Hamparan taman yang hijau begitu memanjakan mata pengunjung disini. Terdapat pula dua gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat berteduh.

Memasuki lantai pertama candi, pengunjung akan disambut dengan arca naga dengan ukuran yang cukup. Tepat di bagian belakang candi terdapat pula Arca Suhartini yang dapat diakses melalui anak tangga. Tidak jauh dari situ, berdiri replika Candi Borobudur yang menjadi kebanggaan bangsa Indonesia.

Selain bangunan utama candi yang nampak tinggi dan gagah, terdapat pula bagunan Candi Gito yang merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit dan Singosari. Di sekitar candi terdapat kolam ikan dengan ratusan ikan koi di dalamnya. Pengunjung juga diperkenankan memberikan makanan pada ikan-ikan ini.

Bagaimana, sangat menarik bukan buat liburan kamu nanti? Nah, biar liburaan makin asyik dan seru, VELO bisa menjadi teman setia dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Cukup ambil 1 kantong VELO, letakkan di antara gusi dan gigi atas, rasakan sensasinya 20 – 30 menit. VELO sebagai produk kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. 

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply