Kunci Harmonika, Gini Nih Cara Bacanya!

Saat memainkan alat musik harmonika kita memerlukan kunci atau tab untuk memainkan suatu nada. Tab dalam harmonika merupakan rangkaian petunjuk soal lubang mana saja yang harus ditiup ataupun dihisap serta bagaimana caranya. Hal ini untuk memudahkan saat ingin memainkan suatu nada atau lagu yang diinginkan. Lantas bagaimana cara membacanya? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Membaca kunci harmonika

Tanda-tanda dalam kunci harmonika

Kunci harmonika
Source: Jhusemannde via pixabay

Dalam harmonika diatonik standar biasanya memiliki 10 lubang. Dan angka 1 sampai 10 inilah yang kerap kita lihat dalam kunci harmonika. Sehingga ketika kita melihat angka 11 atau bahkan 12, sangat mungkin jika kunci tersebut bukanlah ditujukan untuk jenis harmonika diatonik tetapi kromatik.

Selanjutnya, ada tanda min (-) dan juga plus (+) di tab, terkadang tanda plus (+) dihilangkan. Angka yang berdampingan dengan tanda min (-), maknanya kamu harus mengisap di lubang angka bersangkutan. Sementara angka yang berdampingan dengan tanda plus (+) atau bahkan tanpa tanda apapun, artinya lubang angka tersebut harus ditiup. 

Misalnya saja -5, artinya lubang angka lima harus dihisap. Sementara +10 artinya lubang di angka 10 harus ditiup. Lubang-lubang pada alat musik harmonika biasanya dimulai dari nada paling rendah yakni lubang nomor 1 dan nada paling tinggi berada di lubang angka 10. Angka pada lubang harmonika biasanya ditulis dari kiri ke kanan. Jadi nada paling rendah berada di bagian kiri, semakin tinggi nadanya maka posisinya semakin di kanan.

Melakukan bending

Kunci harmonika
Source: freepik.com

Jika di samping angka terdapat tanda petik (‘), maka kamu diharuskan untuk melakukan bending. Yang dimaksud dengan bending sendiri ialah menurunkan nada. Setiap lubang punya ketentuannya masing-masing mengenai bending. Seperti misalnya, lubang nomor 4 bisa di bending hingga setengah nada atau 1 level dengan menghisapnya dengan teknik tertentu. 

Sementara lubang angka 3 bisa di bending setengah, satu, hingga satu setengah nada. Sehingga kamu harus melakukan bending 3 level. Sedangkan, lubang angka 8 dapat di bending setengah nada, namun harus ditiup dengan teknik tertentu dan bukannya dihisap. 

Nah, bending dalam harmonika ditandai dengan dituliskan tanda baca petik (‘) sesudah angka. Jika setelah angka tertulis satu tanda petik, maka artinya harus melakukan bending setengah nada atau 1 level. Sementara, dua tanda petik maka harus bending  satu nada atau 2 level, serta tiga tanda petik untuk bending satu setengah nada atau 3 level.

Misalnya saja, ada angka (-4″) maka kamu harus menghisap lubang di angka 4 sambil melakukan bending dua level atau turun satu nada. Contoh yang lain, misalnya (+8′) maka kamu harus meniup di lubang angka 8 sambil melakukan bending atau menurunkan setengah nada. Sementara bending satu setengah nada atau 3 level sendiri cukup jarang ditemukan.

Belajar Alat Musik Harmonika Tak Boleh Gampang Menyerah 

Demikian tadi informasi menarik tentang kunci harmonika dan cara membacanya secara simpel. Tab harmonika sendiri cukup banyak sesuai dengan lagu-lagu yang ingin dimainkan dan memiliki tingkat kerumitannya masing-masing. 

Untuk pemula, membaca tab harmonika memang penting agar membantu permainan lebih bagus.  Tapi, jika ingin menjadi seorang pemain harmonika andal, maka cobalah untuk bermain tanpa tab dan gunakan sensitivitas pendengaran kita (ear playing). Sehingga permainan harmonika akan lebih mengena.

Lagi asyik belajar main alat musik harmonika? Pastinya bakalan seru kalau ditemani VELO, produk inovatif bebas tembakau ini menawarkan cara baru yang asyik buat merasakan sensasi nikotin. Bebas asap dan bau, berbentuk kantong nikotin kecil sekali pakai. Tinggal selipkan di sela gigi atas dan gusi, lalu biarkan sensasi menggelitiknya menyebar. 

Related Articles

Leave a Reply