Komputer Generasi Pertama, Titik Awal Sejarah Personal Komputer

Topik perkembangan komputer merupakan topik yang kerap dibicarakan dari dulu hingga saat ini. Terutama karena komputer sendiri masih terus mengalami berbagai pengembangan sesuai zaman. Berbagai perusahaan yang bergerak di bidang produksi komputer terus mencoba mengeluarkan produk-produk yang relevan dengan kebutuhan, keinginan, bahkan kepribadian pasar.

Sebelum mencapai komputer generasi pertama, perkembangan komputer sudah dimulai sejak tahun 1800-an oleh Charles Babbage, seorang matematikawan asal Inggris. Ia adalah orang pertama yang mengeluarkan gagasan tentang program komputer.

Awalnya istilah komputer tidak merujuk pada produk yang kita kenal saat ini. Dalam bayangan orang-orang di generasi sebelumnya, komputer dianggap sebagai alat yang dapat membantu manusia untuk menyelesaikan berbagai permasalahan matematis. Saat ini komputer dapat digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Bahkan pertimbangan orang membeli komputer saat ini pun sudah mengalami pergeseran. Jika sebelumnya pertimbangan membeli komputer selalu didasari oleh kecanggihan perangkat lunaknya yang didukung oleh fungsi yang mampu menyelesaikan pekerjaan, kini pertimbangan tersebut sudah meluas. Orang-orang mulai melihat tampilan fisik komputer. Bagi beberapa orang, pilihan warna menjadi salah satu pertimbangan, bagi sebagian orang lain, semakin tipis sebuah komputer, semakin bagus modelnya. 

Dalam artikel di bawah ini, kita akan membahas bagaimana generasi pertama dari benda yang kita libatkan dalam berbagai aktivitas kita saat ini.

Komputer generasi pertama berukuran satu ruangan

Ya, ketika membaca sub-judul tersebut, kamu mungkin kaget karena komputer (laptop) yang saat ini dapat dengan mudah kamu bawa ke mana pun ternyata dulunya berukuran sangat besar.

Era komputer generasi pertama sendiri dimulai sekitar tahun 1940-1956. Pada komputer generasi ini, ukuran komputer yang sangat besar ini disebabkan karena penggunaan tabung hampa udara (vacuum tube) dan drum magnetik. Selain untuk memproses dan menyimpan data, tabung tersebut digunakan sebagai bagian dari penguat sinyal komputer. Dalam catatan sejarah, penggunaan tabung ini sudah dimulai sejak 1946.

Dengan ukuran yang dapat memenuhi satu ruangan tersebut, komputer generasi pertama dibanderol dengan harga yang tinggi. Bukan hanya harga di pasar, harga pemakaiannya juga sangat tinggi. Hal ini disebabkan karena penggunaan komputer generasi pertama membutuhkan adanya tenaga listrik yang juga tinggi.

Dengan tenaga listrik yang begitu besar, kelemahan lain komputer ini adalah panas yang ditimbulkan sangat berlebihan.

Perbedaan lain komputer generasi pertama dan komputer saat ini

Jika saat ini kamu mengenal berbagai bahasa pemrograman, pada komputer generasi pertama hanya terdapat satu bahasa pemrograman saja, yakni bahasa mesin. Bahasa ini merupakan bahasa pemrograman dengan kelas terendah di dunia komputer.

Selain berkaitan dengan bahasa, komputer generasi pertama sebagai cikal bakal komputer yang kita kenal saat ini juga menggunakan satu operasi. Artinya, komputer ini hanya mampu menyelesaikan satu masalah dalam satu waktu. Itu pun dibutuhkan waktu berhari-hari memecahkan sebuah masalah.

Berbeda dengan komputer saat ini yang menggunakan sistem operasi, sebuah komputer mampu memproses beberapa hal dalam waktu yang bersamaan. Kita juga hanya membutuhkan beberapa detik untuk masalah kita dipecahkan.

Salah satu contoh dari komputer generasi pertama adalah Electronic numerical integrator and computer (ENIAC) yang telah dirancang dari 1942 dan selesai pada 1946. Untuk pertama kalinya sebuah komputer, hasil rancangan J.Presper Eckert dan John mauchly, dapat digunakan untuk kebutuhan umum.

Demikian gambaran tentang komputer generasi pertama. Perbedaan apalagi yang dapat kamu lihat dari komputer generasi pertama dengan komputer yang ada saat ini?

Related Articles

Leave a Reply