Kisah Orang Sukses Dunia Bermula dari Bawah

Banyak kisah orang sukses yang bermula dari nol yang bisa jadi inspirasi ketika kamu mulai lelah dan putus asa, baik dalam kehidupan pribadi maupun dalam berbisnis. Mereka melewati banyak rintangan dan jalan panjang yang berliku sebelum kemudian bertemu dengan kesuksesan.

Jika di Indonesia kita kenal nama Bob Sadino, di luar negeri tentu ada banyak nama-nama orang sukses yang juga punya kisah yang tak kalah inspiratif. Salah satunya ialah Ashish Thakkar, seorang entrepreneur muda dari Rwanda yang kini sukse dengan bisnisnya di berbagaia bidang.

Kehidupan dan kisah orang sukses tersebut tentu bisa jadi pelajaran bahwa kesuksesan tidak hanya dimiliki oleh orang-orang yang berada secara finansial.Justru banyak orang sukses yang terlahir di keluarga kurang secara ekonomi namun kegigihannya mampu membalikan keadaan. Buat kamu yang butuh inspirasi, sosok-sosok berikut bisa jadikan role model. Berikut diantaranya.

Kisah Orang Sukses: Ashish Thakkar

Kisah orang sukses

source: youtube.com

Nama Ashish Thakkar cukup terkenal di dunia bisnis, ia juga menjadi pembicara di berbagai forum komunikasi internasional. Salah satu entrepreneur muda asal Inggris ini memiliki kisah orang sukses yang cukup epik. 

Dulunya ia dan keluarganya sempat pengungsi dari Rwanda, tapi kini Thakkar dikenal sebagai seorang entrepreneur dunia yang sukses. Ia bahkan juga menyabet berbagai penghargaan bergengsi seperti Middle East Man of The Year (2016) menurut Esquire, kemudian “40 under 40” di tahun 2013.

Pernah Menjadi Pengungsi

Pendiri sekaligus CEO dari Mara Group ini baru menginjak usia ke 12, ketika ia dan keluarga bersama 1200 orang lainnya harus pergi dari Rwanda akibat adanya tragedi genosida Rwanda pada 1994. Perjalanan berliku mereka lalui untuk bisa menyelamatkan diri keluar dari Rwanda. Mereka juga harus rela meninggalkan semua harta benda miliknya di negara tersebut menuju Uganda.

Bagi keluarga Thakkar yang berasal dari India, hal ini bukanlah yang pertama terjadi. Di tahun 1972 silam, mereka juga pernah terusir dari Uganda. Ini dikarenakan pemerintah Uganda pada masa itu tidak menginginkan adanya orang asing dari luar Afrika tinggal dan menetap di negaranya.

Gigih dan Berani Ambil Risiko

source: bussiness.co.za

Kehidupan pahit tak membuat Ashish kecil berputus asa, dia tetap gigih berjuang dan berusaha. Misalnya saja ketika usia Thakkar menginjak 15 tahun. Dia berhasil menjual komputer pada keluarga temannya dan memperoleh keuntungan pertamanya. Karena itulah ia kemudian memilih fokus berbisnis dan memutuskan drop out dari sekolah.

Usahanya berlanjut semakin serius setelah mendapatkan dana pinjaman dari bank yang kemudian digunakan untuk mengimpor berbagai produk komputer dari Dubai untuk dipasarkan di Uganda. Ternyata usaha yang dijalankannya mendulang sukses. Lama berselang, Thakkar pun mulai berani membuka kantornya sendiri di kota Dubai dan memasarkan produk elektronik ke perusahaan-perusahaan yang ada di seluruh negara Afrika.

Dari sinilah awal berdirinya Mara Group miliknya yang kemudian berkembang di berbagai sektor bisnis. Meliputi impor, pabrik, infrastruktur telekomunikasi, pusat konferensi, pusat perbelanjaan perhotelan hingga ribuan hektar lahan pertanian.  

Selain itu, bersama Bob Diamond pemilik Bank Barclays, Thakkar juga memiliki Atlas Mara yang bergerak di sektor keuangan. Tak cuma itu saja, dia juga mendirikan Mara Foundation, sebuah yayasan yang berkomitmen untuk membiayai dan membina para entrepreneur muda.

Menarik sekali bukan kisah orang sukses yang satu ini? Meski masa kecilnya dilalui di tempat pengungsian untuk menghindar dari bahaya teror genosida, tapi tak menyurutkan semangatnya untuk tetap gigih berjuang. Hingga kesuksesan datang menghampirinya. Semoga menginspirasi!

Related Articles

Leave a Reply