6 Keuntungan Kayak Fishing yang Harus Kamu Ketahui!

Kayak fishing semakin populer di seluruh dunia. Baik itu di daerah air asin ataupun di utara-selatan, kamu akan menemukan kayak di toko perlengkapan olahraga. Bahkan, belakangan ini forum online pun penuh dengan gambar kayak fishing dimana para nelayan mengejar hewan di air. 

Banyak pemancing lebih memilih mancing dari kayak daripada perahu. Sementara perahu memungkinkan pemancing untuk menghindari masuknya air. Namun, kayak memang memiliki banyak keuntungan dibandingkan perahu. Dari sisi kesunyian saat memancing di sungai hingga menghemat pengeluaran kamu. 

Dibandingkan dengan kapal atau perahu, kayak lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih murah dibandingkan dengan perahu nelayan tradisional serta lebih stabil daripada kano. Kayak juga dapat digunakan di titik air kecil sekalipun di daerah perkotaan. Maka dari itulah, banyak merek yang memproduksi kayak fishing secara besar-besaran yang dapat digunakan di lautan terbuka maupun anak sungai terkecil sekalipun. 

Mancing dengan kayak dapat menjadi salah satu cara paling populer saat ini untuk mendapatkan lebih banyak waktu untuk menjelajahi berbagai area di atas air. Cari tahu yuk, apa saja keuntungan kayak fishing berikut ini. 

Akses Mudah ke Perairan Lebih Dalam 

Kayak memungkinkan pemancing untuk mendapatkan akses lebih mudah ke saluran air yang memiliki perairan dalam. Ini menjadi fitur favorit dari kayak fishing yang membantu menangkap ikan lebih besar di perairan dalam. Di sisi lain, jika menangkap ikan di pantai memungkinkan mendapatkan ikan yang lebih kecil. 

Penggunaan yang Multifungsi 

Kayak dapat digunakan di hampir semua jenis perairan untuk menangkap semua jenis ikan. Walaupun kamu memancing di laut, danau, sungai atau kolam, kamu akan mendapatkan jenis ikan yang kamu mau. Namun, jika kamu menggunakan kayak di pesisir pantai, kamu hanya dapat memancing ikan di sepanjang pesisir pantai saja. 

Mudah Dipindahkan 

Keuntungan lainnya, kayak sangat mudah dipindahkan dari satu tempat ke tempat yang lainnya. Berbeda dengan perahu lainnya yang hanya memungkinkan kamu memancing ikan di garis pantai saja. Jika dengan kayak, kamu dapat bergerak bebas melintasi area perairan manapun untuk menemukan tempat yang tepat untuk memancing. 

Dapat Menjelajahi Area Manapun 

Berbeda dengan perahu, menggunakan kayak dapat memudahkan kamu mendayung di area manapun untuk mencari ikan. Demikian pula ketika kamu menjelajahi perairan yang dalam dengan kayak. Hal ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah mencari titik-titik tertentu dimana jenis ikan berada. 

Tidak Membutuhkan Jalur Khusus 

Saat menggunakan perahu, biasanya akan membutuhkan jalur khusus untuk meluncurkan perahu ke dalam air. Sebaliknya, kayak dapat dengan mudah diluncurkan tanpa jalur tertentu, bahkan di permukaan yang kasar sekalipun. 

Lebih Ekonomis Dibandingkan Perahu 

Biaya perawatan perahu dari segi bahan bakar yang dikonsumsi semakin mahal. Namun, itu tidak berlaku pada kayak karena tidak memerlukan perawatan apapun. Kayak tidak membutuhkan bahan bakar sehingga membuatnya lebih ekonomis daripada perahu. 

Setelah mengetahui keuntungan kayak fishing, membuat pemancing mempertimbangkan perahu apa yang dapat digunakan untuk memancing. Sebab, kayak adalah perahu kecil yang serbaguna di segala macam perairan. Oleh karena itu, kayak fishing terkadang juga berbahaya sebab banyak jenis hewan yang hidup di air dapat langsung berinteraksi dengan kamu. Jadi, tetap berhati-hati saat menjelajah area untuk memancing ya! 

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply