Ketahui Sejarah Komputer dan Perkembangannya

Seperti banyak benda lain yang ada di sekeliling kita, komputer yang kita kenal saat ini juga memiliki sejarah yang begitu panjang. Sejarah komputer dapat disebut sebagai titik awal mulainya era digital, yakni era di mana saat ini kita tinggal.

Hampir setiap aspek kehidupan kita saat ini melibatkan bantuan komputer, mulai dari pengerjaan tugas kuliah, penyelesaian dokumentasi-dokumentasi pekerjaan, bahkan penyelesaian berbagai urusan rumah tangga. Awalnya komputer dibuat bukan untuk menyelesaikan berbagai fungsi yang kita kenal seperti sekarang, melainkan untuk sebuah tujuan spesifik, yakni memecahkan perhitungan angka yang serius.

Namun karena fungsinya yang dapat membantu berbagai hal, hingga akhir 2015 sudah terdapat lebih dari 2 miliar populasi dunia yang menggunakan komputer dalam kehidupan sehari-hari. Di Indonesia sendiri, berdasarkan data tahun 2018, terdapat lebih dari 25% penduduk menggunakan komputer.

Dari perhitungan matematis hingga awal penemuan komputer

The Abacus atau yang kita kenal dengan “sempoa” merupakan alat hitung kuno yang sudah ada sejak 5000 tahun yang lalu. Meskipun alat ini tidak secara langsung menjadi awal penemuan komputer, namun dapat dikatakan para penemu komputer pertama mendapat inspirasi dari sempoa.

Setelah sempoa, berbagai alat dengan sistem yang dirasa lebih efektif pun ditemukan. Alat-alat tersebut kebanyakan digunakan untuk perhitungan yang berkaitan dengan perdagangan serta berbagai perhitungan matematis rumit lainnya.

Awal sesungguhnya dari sejarah komputer dimulai pada tahun 1812 oleh seorang profesor matematika dari Inggris bernama Charles Babbage. Ia menemukan banyak error yang terjadi dalam perhitungan dan kalkulasi matematika yang menggunakan mesin.

Babbage menghabiskan waktu hingga 10 tahun untuk mempelajari berbagai mesin matematika. Hal ini membuatnya terinspirasi untuk membuat membangun sejarah komputer pertama kali.

Tahun 1889, Herman Hollerith, seorang penemu dari Amerika mulai melakukan penelitian dan eksperimen yang berkaitan dengan penemuan Charles Babbage. Ia menggunakan konsep yang sama dengan Babbage, namun dengan beberapa metode yang berbeda.

Tahun-tahun berikutnya menyusul, para ahli di bidang matematika dan komputer mulai membuat perkembangan yang lebih signifikan dari penemuan Babbage dan Hollerith.

Generasi komputer

Sama seperti manusia, sejak awal sudah terdapat beberapa generasi, mulai dari generasi tradisionalis hingga generasi Z, bahkan saat ini sudah ada generasi baru, yakni generasi Alpha. Komputer juga demikian. Dalam sejarahnya, terdapat 5 generasi komputer.

Generasi paling awal dimulai dari tahun 1941. Pada generasi ini, sistem komputer yang sudah ada sebelumnya dimodifikasi kembali untuk keperluan perang dunia ke-2.

Berawal dari 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur asal Jerman mulai mengembangkan sebuah komputer untuk mendesain pesawat dan roket.

Setelah berbagai perkembangan dan modifikasi, pada 1959 mulailah generasi generasi kedua komputer. Pada generasi ini, para ahli mengembangkan komputer dengan transistor daya listrik. Hal ini memungkinkan para ahli membuat ukuran komputer menjadi lebih kecil dari sebelumnya.

Di sini, komputer tidak hanya digunakan untuk kepentingan perang. Meskipun harganya sangat tinggi, komputer tetap laku di pasar karena mulai banyak digunakan di berbagai lembaga pemerintahan serta lembaga pendidikan.

Komputer generasi ketiga berawal dari tahun 1964. Pada generasi ini, komputer telah dilengkapi dengan sistem operasi. Sistem ini memungkinkan komputer melakukan beberapa program pada waktu yang sama.

Kemudian pada tahun 1971, lahirlah komputer generasi keempat. Pada generasi ini, ukuran komputer dibuat lebih kecil serta memiliki mesin dengan chip tunggal. Karakteristik utama dalam komputer generasi ini adalah penggunaan green colour serta penggunaan dasar Microsoft sebagai bahasa pemrogramannya.

Terakhir, komputer generasi kelima, yakni komputer yang kita kenal saat ini. Dalam pengembangan komputer generasi ini, terdapat 2 perusahaan yang memiliki kontribusi paling umum, yakni Intel dan Microsoft. Ciri khas dari komputer generasi ini adalah ukurannya yang lebih kecil, warna dengan resolusi yang tinggi, serta dikenal sebagai komputer generasi Pentium.

Perkembangan Personal Computer (PC)

Personal komputer adalah sebuah mikrokomputer. Disebut demikian karena ukurannya yang kecil dan praktis digunakan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Bahkan PC kerap disebut sebagai sebuah mesin yang membuat terjadinya revolusi dalam dunia bisnis dan aktivitas pribadi, hingga cara berkomunikasi.

Hingga akhir tahun 1990-an, pasar komputer dunia dikuasai oleh dua perusahaan raksasa dunia, yakni Windows dan Apple.

Perkembangan PC sendiri dianggap sangat cepat. Sejak inovasinya yang pertama, PC memiliki ukuran yang besar, kebanyakan digunakan untuk keperluan kantor, dan dibanderol dengan harga yang cukup tinggi. Saat ini PC sudah banyak ditemukan bahkan hampir di setiap rumah di negara-negara maju.

Bahkan saat ini kita telah mengenal laptop, PC dalam bentuk lain yang penggunaannya lebih instan karena dapat dibawa ke mana-mana. Bahkan di negara berkembang pun hampir semua mahasiswa di universitas telah memiliki benda ini karena harganya saat ini lebih terjangkau.

Seiring dengan semakin majunya teknologi, tidak hanya segi ukuran dan harga PC yang berubah, penggunaannya pun kini berubah.

Jika dulu PC kebanyakan digunakan untuk dokumentasi pekerjaan, saat ini PC juga digunakan untuk berbagai hal lain, seperti browsing internet, penyuntingan foto dan video, bahkan bermain games. Lebih dari itu, bahkan ada jenis PC tertentu yang tujuannya memang spesifik untuk hal tertentu, seperti komputer untuk gaming.

Singkatnya, komputer sudah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi sebagian orang, dan menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang lainnya. Berbagai aktivitas dibantu dengan penggunaan komputer. Hal ini membuat berbagai perusahaan berlomba-lomba untuk mendesain PC yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan konsumen.

Nah, itu dia sejarah komputer dan perkembangannya hingga saat ini. Sekarang kamu tahu bahwa benda yang kerap kamu gunakan untuk menyelesaikan tugas kuliah atau pekerjaanmu ternyata memiliki sejarah yang panjang. Bahkan saat ini, komputer juga masih dimodifikasi dengan tampilan dan sistem yang lebih baik dari yang ada saat ini. 

Related Articles

Leave a Reply