kerja sampingan online
© unsplash

Bagi kebanyakan orang mempunyai penghasilan tambahan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Walaupun sudah ada penghasilan tetap, mencari kerja sampingan online untuk menambah penghasilan bisa saja dilakukan secara remote sehingga kamu tidak perlu untuk datang ke kantor. Terlebih lagi, kamu tidak harus menunggu selama satu bulan untuk mendapatkan penghasilan kamu jadi lebih efektif buat nabung nih.

Semakin pesatnya kemajuan teknologi internet, kamu sudah tidak perlu membawa amplop dan memberikan berkas lamaran ke kantor. Kalau dulu kerja sampingan bisa didapatkan dengan berjualan makanan, sekarang mendapatkan kerja sampingan bisa kamu dapatkan hanya dengan satu kali klik.

Ada lima kerjaan sampingan online yang bisa kamu lakukan hanya dari rumah di situs-situs freelancer Indonesia!

Rekomendasi Kerja Sampingan Online

1. Penulis Konten Blog Bisa Dibayar Perkata Loh

Bekerja sebagai content writer berpeluang besar untuk menjadi salah satu kerja sampingan online yang bisa memberikan kamu penghasilan tambahan. Bukan hanya itu saja, kamu bisa dibayar per-jam atau per-kata loh dengan menulis artikel sesuai permintaan klien. Tidak sulit untuk menjadi content writer, kamu hanya perlu menjadi kreatif dan informatif melalui tulisan dan belajar skill SEO agar tulisan kamu mempunyai daya tarik tinggi bagi pembaca dan klien.

2. Penerjemah Bahasa Sambil Belajar Bahasa Baru

Pekerjaan sebagai penerjemah bisa kamu jadikan referensi untuk mendapatkan kerja sampingan nih, selain itu pekerjaan ini juga fleksibel. Kamu tidak harus bisa berbahasa inggris untuk menjadi penerjemah, mengambil project penerjemah Inggris ke Bahasa Indonesia juga bisa dilakukan. Penghasilan tambahan kamu biasanya dihitung per-kata atau per-lembar. Pekerjaan ini masih akan terus dibutuhkan mengingat banyaknya permintaan terjemahan untuk karya ilmiah ataupun dokumen lainnya.

3. Desain Grafis Punya Penghasilan Yang Lumayan!

Pekerjaan ini adalah salah satu yang paling dicari untuk kebutuhan start-up atau agency, mengingat tingginya permintaan di bidang desain agar platform terlihat menarik dan eye-catching untuk pengunjung. Kamu memerlukan skill menggambar dan imajinatif untuk mengambil pekerjaan sampingan ini, karena kamu akan beradaptasi dengan permintaan klien yang berbeda-beda. Penghasilan sebagai desain grafis tergolong tinggi karena tingkat kesulitan dan karya yang dapat menjadi identitas suatu brand.

3. Tutor Online Sangat Menguntungkan Saat Pandemi

Di masa pandemi seperti ini, semua kegiatan mengajar dilakukan dari rumah. Siswa-siswa pun kebanyakan tidak mendapatkan konsentrasi yang maksimal selama belajar online, nah ini salah satu pekerjaan sampingan yang bisa kamu lakukan yaitu menjadi tutor atau guru untuk mereka. Kamu bisa menyusun materi yang lebih ringkas dengan penyampaian yang lebih fun dan santai untuk membantu siswa-siswi lebih mengerti mata pelajarannya. Penghasilan tambahan dari pekerjaan ini biasanya dihitung per-jam!

4. Jasa Ketik Dokumen Jadi Kerja Sampingan Online Banyak Diminati

Menjadi seorang jasa ketik bisa jadi pilihan terakhir mendapatkan pekerjaan sampingan online yang mudah dan menyenangkan! Karena pekerjaan ini tidak membutuhkan skill yang tinggi, kamu hanya perlu mengetahui kemampuan basic penggunaan Microsoft Word saja dan kamu sudah bisa mendapatkan penghasilan tambahan per-halaman. Selain itu, menjadi jasa ketik bisa kamu jadikan pekerjaan sampingan bersifat tetap jika kamu berhasil memuaskan klien!

Tips mendapatkan kerja online di atas bisa kamu mulai lakuin nih, kamu bisa mendapatkan klien sebanyak mungkin!

Selain fleksibel kamu juga masih tetap bisa memprioritaskan pekerjaan utama kamu kok! Selama kamu tekun, rajin, dan disiplin menyelesaikan pekerjaan sampingan online kamu, maka penghasilan kamu akan bertambah terus!

Mendapatkan penghasilan tambahan bisa dari mana aja kok sekarang, jangan menyerah untuk tetap mencoba!

Leave a Reply