Kenali 7 Ciri-Ciri Generasi Z yang Banyak Orang Belum Tahu

Generasi Z menjadi generasi yang banyak diperbincangkan saat ini. Betapa tidak, mereka adalah generasi pertama yang lahir di tengah kecanggihan teknologi dan sangat dekat dengan teknologi itu sendiri.

Ada banyak hal yang membedakan Gen Z dengan generasi-generasi sebelumnya. Apa saja sih ciri-ciri Generasi Z yang membuat mereka begitu menonjol?

  1. Tidak bisa lepas dari smartphone dan internet

Sejak lahir, Gen Z sudah dekat dengan teknologi. Rata-rata Gen Z memegang ponsel pertama mereka di usia 10 tahun. Setelah beranjak dewasa, mereka tidak bisa lepas dari smartphone dan internet. Gen Z harus tetap “terhubung” karena derasnya arus informasi saat ini.

Mereka juga sangat akrab dengan aplikasi media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Pinterest. Informasi di internet bisa berubah setiap detik, sehingga Gen Z tidak boleh kehilangan waktu untuk mengejar informasi tersebut.

  1. Orang tua Gen Z berasal dari Gen X

Rata-rata orang tua Gen Z berasal dari Gen X yang lahir pada tahun 1965 sampai 1979. Berbeda dengan Gen Z yang sangat melek dengan teknologi, Gen X lahir di masa belum teknologi sama sekali karena kecanggihan teknologi baru tercipta di masa Gen Y.

Namun Gen X juga bisa beradaptasi dengan teknologi yang berkembang saat ini. Terbukti dengan tingginya penggunaan media sosial Facebook pada generasi ini. Perbedaan pola pikir antara Gen X dengan Gen Z tidak jarang menyebabkan kesalahpahaman antara keduanya.

  1. Lahir antara tahun 1996 sampai 2015

Ciri-ciri Generasi Z berikutnya adalah mereka yang dilahirkan antara tahun 1996 sampai 2015. Itu artinya, rata-rata Gen Z berusia 5 hingga 24 tahun saat ini. Tidak heran mereka sudah mengenal teknologi sejak lahir. Penelitian menunjukkan bahwa Gen Z menghabiskan setidaknya 3 jam setiap hari untuk menggunakan smartphone

  1. Punya pengetahuan finansial yang luas

Dalam hal finansial, Gen Z sedikit banyak mewarisi orang tua mereka. Namun setelah melihat perjuangan milenial dalam kaitannya dengan utang, Gen Z cenderung berhati-hati. Orientasi finansial mereka lebih jelas serta membekali diri dengan pengetahuan finansial sejak kecil. Gen Z menyadari pentingnya menabung dan berinvestasi untuk masa depan mereka yang lebih cerah.

  1. Tidak mengenal keberagaman

Ras, agama, dan latar belakang sosial bukan lagi menjadi isu krusial bagi Gen Z. mereka tidak pernah menyadari adanya keberagaman karena tumbuh di tengah-tengah keberagam itu sendiri. Gen Z terbiasa dengan perbedaan suku, warna kulit, dan agama. Inilah yang membuat generasi ini disebut dengan generasi diversity alias generasi yang beragam. 

  1. Sangat suka dengan perubahan

Cepatnya alur informasi yang berubah dari waktu ke waktu membuat Gen Z bisa menerima perubahan dengan cepat. Inilah yang menjadi ciri-ciri Generasi Z. 

Mereka memiliki pikiran yang sangat terbuka sehingga perubahan besar pun bisa diterima. Kemampuan mereka yang sangat baik untuk bertahan di tengah perubahan membuat Gen Z mampu bertahan hidup dimana saja mereka berada.

  1. Gen Z ingin suaranya selalu didengar

Gen Z ingin selalu terlibat dalam segala hal mulai dari awal sampai akhir. Ketika bekerja, mereka ingin berada di tempat dimana mereka bisa berkontribusi, berkreasi, dan belajar. Misalnya saja dalam mendesain sebuah produk, Gen Z ingin dilibatkan mulai dari proses perencanaan, riset, desain, hingga pada tahap dimana produk tersebut siap untuk diluncurkan. Jiwa kreatif Gen Z memang sangat tinggi.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply