Kenali 5 Penyebab Insecure Dalam Hubungan, Jangan Anggap Sepele!

Insecure atau rasa tidak aman dan kurang percaya diri bisa muncul dalam berbagai aspek di kehidupan. Salah satunya dalam hubungan percintaan. Hal ini tentu tidak bisa dibiarkan dan kamu harus segera mencari penyebab insecure yang muncul dalam hatimu.

Menjalani hubungan dengan rasa tidak aman akan menimbulkan dampak jangka panjang yang merugikan kamu sendiri dan pasanganmu. Bisa-bisa karena insecure yang kamu rasakan dalam hubungan asmaramu, hal-hal yang lebih penting dalam hidup bisa ikut terdampak negatif.

Penyebab Insecure Dalam Hubungan Percintaan

Ini dia 5 penyebab utama munculnya rasa insecure dalam sebuah hubungan.

1. Rendahnya rasa percaya diri

Rendahnya kepercayaan diri dan kurang menghargai diri sendiri dipercaya sebagai penyebab insecure terbesar dalam hubungan. Biasanya, hal ini berkaitan erat dengan lingkungan dimana seseorang dibesarkan.

Orang yang di-bully di sekolah dan kurang menerima kasih sayang rentan untuk mengalami insecure. Akhirnya mereka akan meragukan perasaan pasangannya dan merasa tidak pantas untuk berada dalam hubungan tersebut.

2. Pengalaman buruk di masa lalu

Setiap orang pasti pernah mengalami kegagalan hubungan di masa lalu. Mungkin karena penghianatan yang dilakukan pasangan atau hal lain menimbulkan luka mendalam. Ketika kamu memutuskan untuk pergi dari hubungan burukmu di masa lalu, jangan biarkan rasa trauma mengikutimu hingga masa depan.

Membawa luka masa lalu ke hubunganmu yang sekarang hanya akan merusak hubunganmu yang baru dan tidak akan membuatmu bahagia.

3. Terlalu bergantung pada pasangan

Ketika kecil, seorang anak sangat bergantung pada orang tuanya. Sayangnya, ketergantungan tersebut bisa terbawa hingga dewasa. Jika dulu seseorang tidak bisa lepas dari orang tua, maka kini ia tidak bisa lepas dari pasangan.

Anak-anak yang kurang kasih sayang juga bisa mengalami ketergantungan seperti ini. Namun justru inilah penyebab insecure dalam hubungan yang membuatmu begitu takut akan ditinggalkan oleh pasanganmu. Saat kamu merasa tidak bisa lepas dari pasangan, maka saat itulah hubungan yang kamu jalani mulai tidak sehat.

4. Kehilangan identitas diri

Banyak orang cenderung kehilangan identitas diri mereka setelah menjalani hubungan. Mereka tidak memiliki impian, cita-cita, dan hobi untuk dilakukan. Akhirnya mereka akan mengandalkan pasangan mereka untuk memenuhi semua hasrat tersebut.

Hal ini bisa berujung pada kecemburuan berlebihan dan membuat pasanganmu merasa tidak nyaman. Meskipun kalian saling mencintai satu sama lain, sadarilah bahwa kalian adalah dua individu berbeda yang memiliki hidup masing-masing.

5. Pengalaman cinta tidak seimbang

Sebelum ini, sudah berapa kali kamu dan pasangan menjalin hubungan?

Jika kamu bukan orang yang percaya diri dan kemudian berhubungan dengan orang yang punya banyak pengalaman hubungan masa lalu, maka ini akan dengan mudah memunculkan rasa insecure dalam dirimu. Jangan pernah membandingkan dirimu dengan mantan pasangan yang pernah ada dalam hidupnya. Perasaan bahwa kamu tidak cukup baik untuk pasanganmu adalah bentuk insecure yang berbahaya.

Ada banyak cara untuk mengatasi semua penyebab insecure. Bisa dengan bercerita pada orang yang dipercaya, konsultasi dengan psikolog, hingga melakukan suatu hal untuk meningkatkan kepercayaan diri.

VELO bisa menemani keseharianmu. VELO yang merupakan produk kantong nikotin pertama di Indonesia ini hanya boleh digunakan oleh 18 tahun ke atas, bukan perempuan hamil atau menyusui.

VELO tidak menyebabkan asap rokok, sehingga bisa kamu gunakan kapan saja dan di mana saja.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply