Mengintip Keindahan Lembah Harau, Lembah Terindah di Indonesia

Saat kamu memiliki kesempatan berlibur ke Provinsi Sumatera Barat. Jangat lupa bersinggah ke salah satu daerahnya, yaitu Kabupaten Lima Puluh Kota. Kabupaten ini memiliki banyak sekali objek wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja seperti Lembah Harau.

Lembah Harau atau yang biasa disebut Ngarai merupakan sebuah hamparan tanah luas yang diapit oleh tebing yang tinggi dengan posisi tegak lurus. Lembah ini terletak di Kecamatan Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Selain menjadi maskot pariwisata Provinsi Sumatera Barat, lembah ini juga tidak asing bagi masyarakat Kota Jambi, Riau, dan Sumatera Utara. Keberadaan lembah ini dijadikan objek wisata favorit bagi masyarakat sekitar. Bahkan tidak sedikit pula wisatawan luar yang rela berbondong-bondong hanya ingin menyaksikan keindahan dari salah satu lembah terindah di Indonesia ini.

Sekilas tentang Lembah Harau yang belum banyak diketahui

Lembah Harau merupakan salah satu lembah di Indonesia dengan pemandangan terindah. Lembah ini memiliki tanah yang subur dan dilingkupi bebatuan pasir terjal setinggi 100 – 500 meter. Topografinya hampir sama dengan cagar alam yang dikelilingi bukit-bukit tinggi dan bergelombang. Bukit-bukit yang mengelilingi lembah ini meliputi Bukit Air Putih, Bukit Singkarak, Bukit Tarantang, dan Bukit Jambu.

Di zaman Hindia Belanda, tepatnya pada tanggal 14 Agustus 1926, didirikan sebuah prasasti oleh J.H.G Boissevain sebagai bentuk decak kagum beliau akan keindahan lembah ini. Setelah itu, pada tanggal 19 Januari 1933, pihak Pemerintah Hindia Belanda menetapkan Lembah Harau sebagai kawasan cagar alam bidang Aesthestis dan Biologis.

Setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada tanggal 2 Agustus 1979, melalui Keputusan Menteri Pertanian Indonesia. Menetapkan status cagar alam diubah menjadi kawasan hutan wisata. Pada saat itulah, kawasan ini mulai difungsikan sebagai salah satu taman wisata di Provinsi Sumatera Barat.

Keindahan Lembah Harau yang memikat banyak wisatawan

Kalau berbicara mengenai keindahan, pasti tidak ada yang menyangkal akan pesona dari lembah yang satu ini. Saat memasuki kawasan lembah, kalian akan disambut suasana asri alam pegunungan berhiaskan 5 buah air terjun yang sangat indah. Oleh masyarakat setempat, air terjun ini diberi nama Sarasah atau Sarah yang keseluruhannya memiliki ketinggian 100 meter. Dan tepat di bawah air terjun terdapat 4 aliran sungai yang nampak bersih dan jernih.

Karena ditetapkan sebagai kawasan taman wisata, berbagai sarana dan fasilitas pun terus dikembangkan. Disini kalian bisa menikmati area taman yang luas dengan tanaman yang ditata sangat rapi dan indah. Fasilitas lain seperti taman satwa, area jogging, area permainan anak, tempat duduk, toilet, kamar mandi, mushola, dan kios-kios yang menjual aneka souvenir.

Selain itu, wisatawan juga dapat memiliki salah satu dari 3 lokasi utama yang disediakan, yaitu Resort Rimbo Piobang, Resort Aka Barayun, dan Resort Sarasah. Yang mana dari ketiga resort tersebut menyediakan fasilitas dan keindahan yang berbeda-beda. Dari ketiga resort inilah pengunjung dapat menyaksikan keindahan lembah Harau beserta menikmati fasilitas-fasilitas yang disediakan.

Nah, buah kamu yang ingin menikmati keindahan Lembah Harau yang ada di Provinsi Sumatera Barat ini. Nggak ada salahnya buat pergi kesana untuk berwisata. Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok. Kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yakni menggunakan VELO. Kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

Elya
Seorang penulis blog yang sudah berkecimpung sejak tahun 2014 sampai sekarang.

Related Articles

Leave a Reply