Karimunjawa, Cerminan Eksotisme Karibia di Pulau Jawa

Penduduk Pulau Jawa⎼khususnya Jawa Tengah⎼pastinya sudah cukup familiar dengan gugusan pulau indah nan eksotis yang satu ini. Konon, orang-orang Belanda dulu sempat menjuluki Karimunjawa sebagai ‘Caribbean van Java’, yang berarti; Karibia di Pulau Jawa.

Bukan tanpa alasan kepulauan ini disebut demikian. Pasalnya, nuansa keindahan eksotis di Karimunjawa memang mirip seperti di Karibia, lengkap dengan pulau-pulau kecil di sekelilingnya.

Karimunjawa termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tepat di kawasan Laut Jawa. Dengan luas daratan yang membentang sekurang-kurangnya 1.500 hektar dan area perairan 110.000 hektar, Karimunjawa kini telah menjelma menjadi salah satu wisata taman laut kebanggaan Indonesia.

Kekayaan Biota Laut Karimunjawa

Karimunjawa
Source: CruiseMapper

Setidaknya ada 27 pulau di Karimunjawa. Pulau-pulau utama sudah dikembangkan dengan berbagai fasilitas terbaik untuk menopang kebutuhan penduduk dan wisatawan. Sebagian besar sisanya dibiarkan tidak berpenghuni, menjadi suaka nyaman bagi biota yang hidup dan berkembang biak di kawasan kepulauan ini.

Karimunjawa sudah menjadi rumah bagi terumbu karang, karang lunak, spons, tumbuhan bakau, dan sekitar 400 spesies fauna laut dimana 242 di antaranya merupakan jenis ikan hias. Di kepulauan ini kita bisa menjumpai berbagai fauna langka seperti elang laut dada putih, trenggiling, penyu sisik, penyu hijau, dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga tumbuhan yang menjadi ciri khas dari Karimunjawa, yaitu dewandaru. Tumbuhan ini banyak dijumpai di kawasan hutan hujan dataran rendah.

Oleh karenanya gugusan pulau ini menaungi berbagai jenis biota laut dalam skala yang cukup besar, Kementerian Kehutanan RI menetapkannya sebagai Taman Nasional sejak tanggal 22 Februari 1999 melalui surat keputusan No. 78/Kpts-II/1999.

Sejuta Daya Tarik Wisata dan Pemandangan Alam yang Memukau

Karimunjawa
Source: Inspirasinusantara

Dengan jumlah pulau sebanyak itu, satu hari saja tidak akan cukup untuk menjelajahi seluruh potensi wisata yang tersimpan di tempat ini. Sebagai catatan, objek wisata alam di Karimunjawa tersebar hampir di setiap pulau, termasuk beberapa pulau yang tidak berpenghuni.

Di sini tersedia berbagai pilihan perahu untuk disewa, yang rata-rata berkapasitas 15 orang. Beberapa perahu sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas penunjang seperti peralatan snorkeling hingga BBQ set.

Sambil menjelajahi kawasan perairan Karimunjawa, jangan lewatkan kesempatan untuk snorkeling begitu singgah di spot-spot potensial untuk menyelam. Panorama alam bawah laut Karimunjawa bukanlah sesuatu yang pantas diabaikan. Rugi besar kalau sampai terlewatkan!

Karimunjawa
Source: Shaun Low via Unsplash

Jika ingin singgah sejenak di tengah-tengah perjalanan, terdapat sejumlah gosong pasir (daratan pasir/kerikil/geluh berukuran kecil yang terkurung di tengah area perairan).

Gosong pasir di Karimunjawa adalah lokasi sempurna untuk sekadar berjemur atau menikmati momen secara utuh⎼hanya ada kamu, laut, dan matahari.

Spot ini juga merupakan tempat terbaik untuk menikmati pemandangan alam sekitar. Di sinilah kamu bisa merasakan seperti apa sesungguhnya cerminan Karibia di Pulau Jawa itu.

Berbagai Pilihan Aktivitas Seru Untuk Berlibur

Karimunjawa
Source: Royal Ocean View Karimunjawa

Menghabiskan waktu berlibur di pantai tanpa melakukan aktivitas luar ruangan adalah kesalahan besar. Untungnya, di Karimunjawa wisatawan tidak akan kehabisan pilihan untuk mencicipi aktivitas seru selama berlibur. Mari kita runut satu per satu:

Berburu Foto di Bukit Love

Dari sekian banyak objek wisata di Karimun Jawa, Bukit Love termasuk destinasi rujukan yang paling diincar wisatawan. Bukit ini terkenal dengan ciri khasnya berupa batu besar bertuliskan “Love” dan “Karimunjawa” yang terpajang di setiap ujung bukit.

Lanskap alam Karimunjawa dari Bukit Love menjadikannya sebagai salah satu lokasi terbaik untuk berburu foto, apalagi dengan hadirnya tambahan beberapa spot selfie unik dan sebuah kafe mini yang didesain menggunakan material kayu. Mereka yang datang akan betah berlama-lama di sini.

Tracking di Hutan Mangrove Desa Kemujan

Hutan mangrove adalah vegetasi khas yang tumbuh di wilayah perairan payau, yaitu tepian pantai yang menjadi muara sungai. Sebagai taman laut nasional yang membentang luas, sudah barang tentu Karimunjawa memiliki kawasan hutan mangrove.

Di Desa Kemujan, terdapat area seluas 10,5 km² yang dirimbuni oleh 45 spesies mangrove langka. Area ini berfungsi sebagai suaka alam sekaligus lokasi tracking menarik untuk menikmati suasana alam hijau sekaligus mempelajari segala sesuatu tentang tumbuhan mangrove.

Melihat Tasbih Raksasa dan Kerangka Ikan Paus di Bukit Joko Tuo

Karimunjawa memang tergolong tempat yang unik, dan salah satu keunikan tersebut bisa kita jumpai di Bukit Joko Tuwo. Bukit ini berjarak kurang lebih 300 meter dari jantung Karimunjawa. Untuk menjangkaunya bisa dengan berkendara atau berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit.

Di bukit ini terdapat untaian batu-batu besar yang menyerupai bentuk tasbih. Berat “tasbih raksasa” ini disinyalir mencapai 1 ton. Entah siapa, kapan, dan bagaimana tasbih tersebut bisa muncul di sana. Yang jelas, asal-usulnya masih menjadi misteri hingga sekarang. Selain itu, di sini juga terdapat sebuah kerangka Ikan Paus yang dinamakan “Joko Tuo”.

Menangkap Ikan dengan Teknik Spearfishing

Aktivitas menangkap ikan dengan teknik menembak tombak (spearfishing) sangat direkomendasikan untuk kamu yang senang berburu. Jika kamu ingin melakukan aktivitas ini, disarankan untuk berangkat bersama rombongan warga setempat atau didampingi profesional. Spearfishing termasuk aktivitas yang legal di Karimunjawa, selama tidak mengambil berlebihan dan menjaga kelestarian lingkungan.

Berkemah di Tepi Pantai

Tidak masalah ke mana pun kita pergi untuk berlibur, jika tempat yang dituju adalah kawasan pesisir laut, berkemah selalu menjadi kegiatan paling masuk akal untuk dilakukan. Apalagi jika pantai yang kamu tuju berada di kepulauan Karimunjawa. Kita bisa pilih spot kemah terbaik dari sekian banyak pantai yang dapat dikunjungi. Tapi ingat, jaga kebersihan lingkungan dan jangan buang sampah di area pantai.

Mencicipi Kuliner Laut Khas Karimunjawa

Perjalanan wisata di Karimunjawa belum lengkap kalau belum mencicipi berbagai hidangan seafood-nya. Untuk kamu yang hobi kuliner, sempatkan diri untuk datang ke alun-alun Karimunjawa. Di sana merupakan salah satu lokasi terbaik untuk berburu aneka kuliner.

Para pedagang kuliner berjejer di sepanjang sisi utara alun-alun. Olahan seafood seperti apapun yang kamu suka, disana sudah tersedia lengkap. Waktu terbaik untuk berkunjung yaitu selepas pukul 6 sore sampai pukul 10 malam.

Selain itu, masih banyak lagi aktivitas seru yang bisa kamu coba di Karimunjawa. Mau tahu informasi selengkapnya? Ikuti terus perkembangan informasi terbaru lainnya bersama VELO buat kamu pengguna produk nikotin berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia dengan aneka rasa menyegarkan!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply