4 Karakteristik Generasi Baby Boomers

Inikah karakteristik khas generasi baby boomer?

0
103
karakteristik baby boomer
Tristan Le via Pexels

Generasi boomer merupakan sekelompok orang yang lahir setelah terjadinya Perang Dunia II. Tragedi Perang Dunia II mempengaruhi karakteristik generasi baby boomers.

Kata “boomer” yang berarti ledakan memberi label bagi generasi ini bahwa mereka lahir pada tahun 1946 hingga 1964.

Generasi baby boomer Amerika mencapai 72 juta orang, tidak termasuk orang-orang di seluruh dunia. Mereka telah terbiasa tumbuh di tipe lingkungan apapun karena mereka telah berlatih mandiri sejak pasca perang.

Boomer memiliki cara pandang dan karakter yang berbeda dengan generasi lain, terlebih mereka pandai beradaptasi di segala situasi.

Karateristik generasi baby boomers biasanya memiliki sifat kemanusiaan yang tinggi dengan cara pandang yang unik seperti dari segi filosofi, gaya hidup, politik, afiliasi, agama, orientasi seksual, tingkat kesuksesan, status ekonomi, status hukum, tingkat pendidikan dan pekerjaan.

Hal-hal tersebut yang sebagian besar dimiliki oleh generasi baby boomer. Selain banyaknya aspek sudut pandang Boomer, ada hal menarik yang bisa kita bahas yaitu karakteristik mereka.

Boomer dianggap lebih mandiri dan stabil jika dibandingkan dengan generasi lain, tapi benarkah itu? Yuk, simak karakteristik Boomer yang harus kalian tahu.

Karakteristik Generasi Baby Boomers

Nikki Bernadez via Pexels

1. Mandiri

Generasi baby boomer sebagian besar memiliki karakter mandiri, karena lahir di saat pasca perang bukan hal yang mudah. Dengan kemampuan bertahan hidup yang mandiri, mereka akan terbiasa menghadapi sesuatu dengan mengandalkan diri sendiri.

Generasi ini sudah terlatih untuk terus percaya bahwa mereka dapat berpengaruh pada perkembangan dunia. Bahkan, di tempat kerja, generasi ini tidak akan ragu untuk berdebat dan melakukan konfrontasi.

Tetapi, sebagian dari Boomer akan gengsi untuk meminta bantuan saat merasa kesulitan, karena mereka cenderung menyelesaikan masalah secara mandiri dan enggan meminta bantuan pada orang lain.

2. Etika Kerja Tinggi

Karakteristik ini menunjukan bahwa mereka sangat peduli dengan profesionalitas di tempat kerja. Generasi ini tidak takut untuk bekerja seharian atau terjebak dengan dokumen-dokumen di kantor.

Sebagian dari harga diri atau identitas mereka datang dari pencapaian profesional di tempat kerja, maka dari itu generasi ini memiliki etika kerja yang sangat tinggi. 

Memiliki karakter ini akan mendorong mereka untuk mencapai kesuksesan, sebagai hasil dari dedikasi waktu yang diberikan pada perusahaan.

Boomer menyukai hal-hal yang ringkas tapi jelas dan detail, agar pekerjaan mereka efisien tapi maksimal.

3. Kompetitif

Boomer menyadari bahwa mereka lahir dengan angka populasi yang tinggi di tahun itu yang berpengaruh penting dengan persaingan yang ketat dalam dunia kerja.

Dengan kata lain, mereka sudah menyukai persaingan sejak lahir di dunia ini, mereka akan berlomba-lomba membuat yang terbaik untuk melampaui rekan kerja mereka.

Memiliki karakter persaingan yang tinggi, menjadikan mereka bekerja secara maksimal untuk mendapatkan promosi, kenaikan gaji, dan pengakuan dari orang lain.

4. Fokus Pada Tujuan Utama

Generasi ini telah hidup pada era perkembangan teknologi, mereka tumbuh dengan mimpi untuk mendapatkan kehidupan yang lebih maju.

Boomer percaya, jika mereka bekerja keras maka mereka akan mendapatkan tujuan yang mereka inginkan.

Mereka memiliki karakter optimis yang tinggi, tapi sikap ini tentu disesuaikan dengan usaha mereka untuk meraih tujuan, ya.

Karakteristik generasi baby boomer membentuk alasan mengapa generasi ini selalu mengusahakan apapun untuk keluarga dan keturunannya agar mendapatkan pekerjaan, pendidikan, serta status yang tinggi.

Meskipun mereka telah dalam masa pensiun, beberapa dari mereka masih ingin untuk bekerja karena dipengaruhi oleh faktor stamina yang masih sehat dan juga keterampilan yang masih memiliki nilai bagi perusahaan.

Leave a Reply