Kantong Nikotin: Cara Aman Menggunakan Nikotin

Pernahkah kamu mendengar istilah kantong nikotin?

Lalu pernahkah kamu mendengar isu bahwa nikotin adalah sebuah zat yang bersifat karsinogenik? Karsinogenik berarti dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Ya, anggapan ini memang sudah sangat umum didengar. Padahal nyatanya, hingga saat ini belum ada penelitian yang berhasil membuktikan bahwa nikotin dapat menyebabkan kanker.

Munculnya anggapan ini mungkin diawali dari fakta bahwa nikotin merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam satu gulungan rokok.

Karena rokok dapat memicu kanker, nikotin pun kerap dianggap memicu penyakit tersebut. Padahal dalam rokok sendiri terdapat banyak sekali zat-zat kimia lain yang bersifat karsinogenik. Bahkan menurut studi, sebagian besar penyebab masalah kesehatan karena rokok adalah zat bernama tar.

Saat ini, perkembangan zaman membawa kita lepas dari pola pikir tersebut. Beberapa perusahaan saat ini telah mengeluarkan inovasi-inovasi baru yang secara tidak langsung menunjukkan bahwa menggunakan nikotin tidak memiliki resiko serupa dengan menjadi seorang perokok.

Inovasi yang dimaksud adalah penemuan kantong nikotin.

Kantong nikotin merupakan sebuah produk yang diperuntukkan bagi orang-orang yang telah berusia 18 tahun ke atas dan juga pengguna nikotin dari rokok. Benda ini memiliki bentuk yang mirip seperti kantong teh kecil. Selain mengandung nikotin, kantong nikotin biasanya juga mengandung air yang diberi perasa dan pemanis, serta serat nabati.

Kantong nikotin dianggap lebih aman oleh sebagian orang

Jika kita berpatokan pada film-film jaman dulu, kita dapat melihat rokok sering dikaitkan dengan maskulinitas. Jika seorang pria merokok, maka ia akan terlihat lebih keren dan ‘seksi’.

Namun seiring banyaknya penelitian yang menunjukkan bahwa dalam rokok terdapat banyak senyawa kimia yang dapat membahayakan kesehatan, banyak tempat mulai melarang aktivitas merokok. 

Walaupun demikian, tetap saja masih banyak orang yang suka merokok bahkan menjadi perokok aktif karena adanya nikotin yang bersifat adiktif di dalam rokok tersebut. Padahal terkadang asap rokok dapat mengganggu orang-orang yang berada di sekelilingnya.

Kehadiran kantong nikotin dianggap oleh sebagian orang sebagai cara yang lebih aman dalam merasakan sensasi nikotin. Hal ini dikarenakan tidak ada pembakaran dalam penggunaan kantong nikotin. Artinya, tidak akan ada paparan karbon monoksida dalam penggunaannya.

Pengguna hanya perlu menempatkan kantong nikotin di antara bibir dan gusi atas, membiarkannya bertahan di sana hingga 30 menit untuk merasakan kandungan nikotin.

Selain tidak ada pembakaran, penggunaan kantong nikotin juga otomatis menghindarkan pengguna dari zat-zat kimia berbahaya lain yang terdapat dalam rokok.

Keuntungan lain menggunakan kantong nikotin dibanding rokok

Jika kamu memperhatikan orang-orang yang senang merokok, kamu akan melihat gigi mereka tampak menguning. Kehadiran kantong nikotin dianggap sebagai alternatif yang tepat untuk menghindari masalah tersebut.

Meskipun bentuknya kecil dan tidak ada pembakaran, sensasi dan kekuatan yang dirasakan pengguna kantong nikotin sama dengan apa yang mereka rasakan setelah merokok.

Nah, itu dia alasan-alasan mengapa penggunaan kantong nikotin kerap disebut lebih aman dibanding rokok.

Di Indonesia, terdapat sebuah produk kantong nikotin yang disebut VELO. Produk ini merupakan produk kantong nikotin all-white pertama di Indonesia dengan bahannya yang dibuat dengan kualitas tinggi. Produk VELO hanya ditujukan bagi orang yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, tidak sedang dalam keadaan hamil atau menyusui.

Meskipun dirasa lebih aman, bukan berarti kantong nikotin ini tidak memiliki dampak negatif. Jika digunakan terus-menerus, nikotin dapat menimbulkan efek ketergantungan.

Related Articles

Leave a Reply