Kamu Pasti Tahu Eddie Van Halen, Berikut 4 Fakta Tentangnya!

Sebagai pecinta musik, khususnya alat musik gitar, kamu tentu memiliki seorang idola yang kerap kamu bangga-banggakan. Bulan Oktober 2020 lalu, jagat musik dunia berduka karena telah kehilangan seorang musisi berbakat dan salah satu paling berpengaruh di dunia musik, yaitu Eddie Van Halen.

Kamu pasti tidak asing dengan nama itu kan?

Tepat pada 6 Oktober 2020 lalu, Eddie Van Halen yang memiliki nama lengkap Edward Lodewijk Van Halen ini harus mengakhiri karirnya di dunia musik karena ia telah menghembuskan nafas terakhir setelah menjalani waktu yang panjang melawan kanker lidah.

Semasa hidupnya, Eddie dikenal sebagai seorang gitaris dunia berbakat asal Belanda yang menyandang dua kewarganegaraan, yakni Belanda dan Amerika Serikat. Fakta menariknya, Eddie juga ternyata merupakan keturunan Indonesia. Garis keturunan tersebut ia peroleh dari Ibunya, Eugenia van Halen yang berdarah melayu.

Di awal karirnya, Eddie tidak berjuang sendiri. Ia berjuang bersama kakaknya, Alex van Halen. Mereka membentuk band heavy metal pada tahun 1972. Penampilan mereka di berbagai tempat di Los Angeles membuat mereka berhasil mendapat tawaran untuk membuat rekaman dengan Warner Records.

Nah, selain fakta-fakta di atas, ada beberapa fakta lagi yang harus kamu ketahui tentang Eddie van Halen. Berikut faktanya!

Berasal dari keluarga pemain musik klasik

Meskipun Eddie kerap dikenal sebagai musisi yang menjalani karir di musik cadas, ternyata ayah Eddie sendiri merupakan musisi dari genre yang berbeda lho!

Ayahnya, Jan Van Halen, adalah seorang musisi klasik yang memainkan piano dan saxofon. Sang ayah sangat mencintai karya-karya Beethoven. Itulah sebabnya terdapat nama “Lodewijk” pada nama Eddie. Nama tersebut diambil dari nama Ludwig van Beethoven.

Saat Eddie dan Alex masih kecil, bahkan hingga saat mereka memulai karir music, awalnya mereka belajar piano dan drum, bukan gitar.

Eddie tidak dapat membaca partitur

Beberapa musisi besar dunia yang kita kenal saat ini ternyata justru tidak bisa membaca partitur. Karya mereka seolah lahir secara natural tanpa harus ada partitur. Salah satu dari mereka adalah Eddie.

Siapa sangka musisi dengan skill dewa ini ternyata tidak pernah memulai karyanya dari bacaan partitur? Ternyata ia mendapat keahlian musik tersebut hanya dengan melihat orang lain saat bermain.

Pada salah satu wawancaranya, Eddie mengatakan bahwa Sembilan puluh persen keahlian gitar yang ia tunjukkan saat bermain di atas panggung adalah hasil improvisasi. Ia sangat yakin bahwa keahliannya tidak akan sebagus itu jika ia hanya belajar sesuai apa yang dibaca di buku (partitur).

Bermain dalam lagu Beat It- Michael Jackson

Eddie sendiri sudah banyak berkontribusi sebagai pemain gitar dan sebagai background vocalist dalam beberapa lagu hits para artis papan atas. Selain berperan dalam salah satu lagu Frank Sinatra, Eddie juga bermain gitar solo dengan durasi 20 detik di salah satu lagu hits Michael Jackson.

Menurut berita yang beredar, Eddie merekam permainan tersebut selama kurang lebih setengah jam. Ia melakukannya secara sukarela dan tanpa meminta bayaran.

Nama Eddie tercatat dalam Guinness Book of World Records

Rasanya seseorang dengan skill dewa seperti Eddie memang pantas mendapatkan banyak penghargaan. Hal ini memang sudah terbukti.

Pada tahun 1983, Eddie tampil di acara “Heavy Metal Day” di US Festival San Bernardin, bersama band-nya. Dalam waktu 90 menit, penampilan tersebut dapat menggalang dana sosial hingga 1,5 juta USD.

Dengan rekor tersebut, akhirnya nama Eddie Van Halen dicatat di Guinness Book of World Records sebagai penampilan tunggal dari band dengan pendapatan tertinggi.

Itu dia 4 fakta tentang Eddie van Halen yang perlu kamu ketahui. Sekarang, yuk, kita dengarkan karya-karyanya di YouTube. Agar lebih menikmati hiburan tersebut, tidak ada salahnya kamu mencoba VELO yang ditujukan untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, menawarkan cara baru menikmati nikotin yang lebih praktis, kapan saja dan dimana saja. Tidak menimbulkan asap sehingga kamu tidak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. Terdapat beragam pilihan rasa lho, kamu pasti tidak akan bosan!

Related Articles

Leave a Reply