Jangan Asal Beli, Begini Tips Memilih Kacamata Retro yang Sesuai Bentuk Wajah!

Dalam berbagai potret yang tersebar di publik, tokoh-tokoh terkenal seperti John Lennon, Bung Karno, dan Steve Jobs sering terlihat menggunakan kacamata berbentuk bundar.

Kacamata tersebut merupakan beberapa model populer dari kacamata retro yang akhir-akhir ini sempat kembali digandrungi. Jika kamu tertarik untuk membeli kacamata model retro, sebaiknya simak dulu tips yang akan dibahas dalam artikel ini.

Memakai Kacamata Retro Sesuai Bentuk Wajah

Memakai kacamata tidak bisa asal-asalan. Salah memilih bentuk kacamata nyatanya bisa menampilkan ekspresi wajah yang berbeda. Selain itu, tentunya akan mempengaruhi tampilan secara keseluruhan.

Jangan sampai kita dicap judes atau culun hanya karena bentuk kacamata yang nggak pas di wajah. Cara paling mudah untuk memilih bentuk kacamata adalah dengan menyesuaikannya berdasarkan bentuk wajah. Berikut tipsnya:

Kacamata Retro untuk Wajah Oval

Kacamata Retro
Source: coastal.com

Semua jenis frame kacamata retro cocok digunakan oleh orang yang berwajah oval. Agar lebih terlihat keren, kamu bisa memainkan warna dan tekstur kacamata, atau bisa juga menggunakan frame yang tebal untuk melengkapi penampilanmu. Namun, ada satu kunci yang harus diperhatikan, pilihlah frame yang tidak melebihi lebar terluar tulang pipi.

Wajah Berbentuk Siluet Hati

Kacamata Retro
Source: coastal.com

Wajah ini memiliki fitur wajah dengan ukuran dahi lebih lebar dibandingkan ukuran dagu yang sempit. Cara mudah memilih kacamata untuk wajah siluet hati adalah dengan memilih model bingkai yang memiliki detail pada bagian atas namun ‘menghilang’ pada bagian pipi akan membuat proporsi wajah seimbang. Pilihan lain bisa berupa a half frame glasses atau two tones dengan rona pastel pada bagian bawah.

Wajah Berbentuk Segitiga

Source: coastal.com

Wajah segitiga adalah lebar wajah pada bagian kening lebih kecil daripada lebar wajah pada bagian mulut dan garis rahang yang panjang. Frame kacamata yang cocok memiliki bentuk yang dapat membuat bentuk wajahmu terlihat lebih seimbang, dengan memilih kacamata berbentuk seperti mata kucing dengan detail di bagian atas atau bentuk lensa yang melebar ke bawah.

Wajah Berbentuk Persegi

Source: coastal.com

Fitur wajah persegi memiliki ukuran lebar dahi dan lebar rahang yang serupa, sehingga garis wajah terlihat persegi dan tegas. Pilih bingkai yang bisa ‘melembutkan’ garis wajah agar seimbang.

Pilih kacamata retro style dengan model bulat, oval atau cat eye dan jauhi sudut tajam sebisa mungkin. Si wajah persegi juga bisa memilih kacamata dengan tambahan motif pada bingkai seperti tortoiseshell atau leopard. Ini bisa jadi pilihan cerdas untuk tetap kesan profesional namun trendi.

Wajah Berbentuk Bundar

kacamata retro
Source: coastal.com

Ciri-ciri wajah bulat adalah wajah tampak bulat dengan lebar wajah yang hampir sama dengan tinggi wajah, dagu dan garis rahang membentuk setengah lingkaran dan pipi terlihat penuh.

Kacamata retro yang cocok yaitu yang memiliki frame kotak dengan model klasik, tegas, dan ‘bold’ sehingga memberi ilusi lebih panjang dan ramping pada wajah dengan struktur rahang lebih berkarakter.

Hindari ukuran frame yang terlalu kecil bersiluet bulat. Jika Anda ingin efek ringan, pilih siluet kotak dengan materi metal yang tipis.

Nah, sekarang kamu tinggal pilih kacamata retro yang paling pas dengan bentuk wajahmu. Jangan lupa, ikuti terus info seru dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet.

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply