Juggling Bartender, Atraksi Meracik Minuman yang Memukau Mata

Juggling bartender adalah salah satu aksi akrobatik yang dilakukan bartender untuk menghibur tamu. Bartender akan menggunakan berbagai peralatan bar seperti shaker, botol, ice scope, gelas, dan lain sebagainya, untuk kemudian dimainkan dengan berbagai teknik dan gerakan.

Di berbagai bar, lounge, pub, hingga bar restoran mewah, pemandangan akrobatik seperti juggling sudah menjadi hal lumrah. Bahkan, terdapat asosiasi dan kompetisi khusus untuk bartender yang lihai melakukan aksi ini. 

Namun, mengapa seorang bartender harus bisa melakukan aksi-aksi akrobatik seperti itu?

Bartender bukan cuma dituntut untuk menguasai ilmu mixology (seni meracik minuman), tapi juga harus mampu menghibur pengunjungーkhususnya bartender yang bertugas di pusat-pusat hiburan. Oleh karenanya, flair bartending menjadi instrumen penghibur yang digunakan bartender.

Sekilas Tentang Juggling Bartender

juggling bartender
Source: youtube.com/Howcast

Juggling bartender termasuk salah satu teknik flair bartending. Praktik ini mulai populer di kalangan bartender pada pertengahan tahun 1990. Flair bartending sendiri meliputi segala macam trik yang dilakukan bartender untuk menghibur pengunjung, termasuk membakar minuman beralkohol hingga menyala dan aksi-aksi close-up magic.

Flair bartending juga merupakan salah satu keahlian yang paling bernilai di industri ini. Seorang bartender yang punya skill juggling bartender di atas rata-rata sering diminta untuk membantu mengiklankan produk minuman beralkohol dan promosi bar.

Kompetisi flair bartending juga banyak disponsori oleh brand minuman beralkohol untuk menarik bartender berbakat, sementara sekolah-sekolah perhotelan menyediakan kursus tersendiri untuk mengajarkan teknik-teknik juggling bartender.

Flair bartending dikembangkan pertama kali langsung oleh sang “Bapak Mixology Amerika” Jerry Thomas. Semula Ia menghibur pengunjung bar dengan mempertontonkan tekniknya menuangkan cairan panas dengan api menyala dan mencampurkannya bersama wiski menjadi cocktail. Minuman ini Ia namakan “Blue Blazer”.

Tips Belajar Flair Bartending Untuk Pemula

Source: Glimpse Corp

Jika kamu sedang berusaha mendalami keahlian juggling bartender, ada baiknya untuk mempelajarinya langsung sambil berlatih. Ada beberapa keahlian dasar yang akan menjadi modal utama untuk menguasai berbagai teknik akrobatik ini.

Tahapan awal untuk bisa menguasai teknik-teknik flair bartending adalah kemampuan melempar objek tepat sasaran, seperti melempar potongan lemon ke dalam gelas misalnya.

Untuk menguasai ini, kamu bisa latihan melempar objek-objek tertentu seperti bola tenis atau bola juggling. Lempar benda tersebut dengan tangan dominan dan tangkap dengan tangan lainnya. Lakukan latihan ini sampai kamu bisa melakukannya dengan santai tanpa harus berkonsentrasi penuh.

Setelah itu, lakukan sebaliknya. Lempar benda dengan tangan non dominan dan tangkap dengan tangan dominan. Latihan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan ambidextrous (menggunakan kedua tangan sama baiknya).

Jika sudah terbiasa melempar dengan tangan kiri dan kanan, saatnya untuk menambah variasi gerakan. Sekarang ulangi gerakan yang sama, tanpa menggerakkan tangan penangkap sama sekali.

Fokuslah untuk melempar seakurat mungkin sehingga benda mendarat sesuai target lemparan. Setiap 10 kali lemparan, lakukan lompatan kecil dan ulangi hingga 3 kali putaran sampai benar-benar lancar.

Tahap berikutnya adalah melempar secara acak. Lakukan gerakan yang sama dari berbagai arah, mulai dari belakang, samping, depan, lalu tangkap dari arah berlawanan.

Jika sudah mulai terbiasa, cobalah untuk lempar lebih tinggi lagi. Latihan melempar ini akan mengasah ketangkasan dan kemampuan koordinasi.

Selanjutnya, kamu perlu mencari tempat luas seperti halaman terbuka untuk melakukan latihan ini.

Siapkan beberapa shaker dan isi dengan es dan air secukupnya, lalu lakukan gerakan melempar seperti yang sudah dipelajari sebelumnya.

Seiring berjalannya waktu, tambahkan variasi-variasi gerakan untuk melatih ketangkasan.

Jangan lupa, masih ada informasi menarik lainnya seputar dunia bartending dan seni meracik minuman. Simak dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, tanpa mengganggu orang disekitar!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Henki Taher
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply