Jenis Suara Wanita, Kenali Karakter Suaramu Lebih Dekat

Suara adalah salah satu ornamen terpenting dalam kehidupan keseharian manusia. Karena dari sanalah beragam informasi tersampaikan. Dan setiap manusia dianugerahi jenis suara yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. 

Secara biologis jenis suara wanita dan pria sangatlah berbeda, seperti halnya dengan pria, suara wanita juga dibedakan menjadi tiga jenis suara, Sopran, Mezzo-Sopran, dan Alto atau Kontralto.

Karakter dan Jenis Suara Wanita

Sopran, Jenis Suara Tertinggi Wanita 

Jenis suara wanita
Source: instagram.com/isyanasarasvati

Jenis suara ini berasal dari bahasa italia ‘Sopra’ yang artinya melampaui. Sesuai dengan artinya, jenis suara ini mampu melampaui suara lainnya dan menjadi suara tertinggi untuk wanita. Register suara sopran dimulai dari tengah C sampai dua nada A diatasnya.

Seperti pengertiannya, wanita yang memiliki jenis suara ini akan memiliki suara yang sangat melengking. Suara yang dihasilkan sangatlah tinggi dan menukik. 

Hal ini tentunya sesuai karena sopran merupakan jenis suara yang paling tinggi daripada jenis suara lainnya. Aning Katamsi dan Soimah merupakan penyanyi Indonesia dengan jenis suara ini. Jenis suara sopran dapat dilihat dari bagaimana cara mereka saat tampil. 

Penyanyi dengan jenis suara sopran standar kebanyakan tidak mampu melebihi nada C6, walaupun beberapa dari mereka mampu sampai pada nada D6. Bahkan untuk beberapa Soprano, diantaranya mampu mencapai nada F6 (F diatas C tinggi).

Mezzo-Sopran  

Jenis suara ini memiliki tinggi nada lebih dari Alto, kamu yang memiliki jenis suara ini mempunyai jangkauan A3 sampai A5 (atau dalam kata lain dua oktaf lebih tinggi). Namun untuk kamu yang memiliki range suara yang lebih luas bisa menyentuh nada C6 atau tiga oktaf lebih tinggi. 

Penyanyi yang memiliki jenis suara sedang adalah Agnezmo dan Pinkan Mambo. Bisa kamu dengar dari bagaimana keduanya bernyanyi menggunakan suara sedang dengan suaranya yang kuat. Pada jenis suara ini.

Alto, Jenis Suara Rendah pada Wanita 

Jenis suara wanita
source: instagram.com/mamauthe

Jenis suara ini dapat menyanyikan lagu dengan nada rendah. Alto merupakan nama suara tertinggi pada laki-laki dengan jenis suara Falseto, dan lebih sering dipakai Contralto. Jangkauan nada dari jenis suara contralto berada diantara F3 sampai F5. 

Contralto memiliki batas rentang masa yang ekstrim. Batas bawah dan atas terletak pada nada D3 (D di bawah C tengah) ke B ♭ 5 (kedua B-flat di atas). Tessitura dari wanita dengan jenis suara contralto adalah paling rendah. Jenis suara ini sering dipecah menjadi tiga kategori turunan yaitu, Coloratura Contralto; lyric contralto dan contralto dramatis. 

Sfogato Soprano

Menurut definisi, sfogato soprano sangat terkait dengan jenis suara alto. Dimana jenis suara ini merupakan contralto yang memiliki rentang tinggi dengan diperpanjang menjadi sopran tinggi. Dengan perbedaan sebagai berikut.

Komponen khas dari sebuah orkestra pada opera, ditunjukkan oleh Soprano coloratura yang mampu memainkan nada yang rumit dari melodinya. Rentang nada yang dimiliki Lyric Corolatura adalah sekitar C tengah (C4) ke “F tinggi” (F6). Kualitas vokal dari soprano ini sedikit lebih hangat, dan juga sering disebut dengan Soprano Leggero. 

Dramatic Coloratura adalah soprano coloratura dengan fleksibilitas yang besar di bagian kecepatan tinggi, namun dengan kekuatan yang besar dibandingkan dengan dari Spinto penuh atau dramatic soprano. Rentang nada dari jenis Dramatic Coloratura ini adalah sekitar B rendah (B3) ke F tinggi (F6). 

Demikian tadi beberapa jenis suara wanita yang memiliki keunikannya masing-masing dan membuat setiap individu jadi spesial. Dengan mengetahui di jenis suara mana kita paling dominan, akan sangat membantu dalam bernyanyi. Selain itu, juga akan membuatnya lebih selaras dengan musik yang mengiringi. 

Kehadiran VELO membawa inovasi baru untuk menikmati sensasi nikotin. Memiliki banyak varian rasa yang unik dengan kemasan praktis membuat VELO gampang dinikmati kapan saja dan dalam momen apa saja. Tinggal selipkan saja kantong nikotin VELO di antara gigi dan gusi atas, sensasinya akan menemani kamu beraktivitas.

Produk nikotin ini hanya boleh dinikmati oleh orang dewasa minimal berusia 18 tahun. Buka wanita yang tengah hamil maupun sedang menyusui.

Related Articles

Leave a Reply