Jenis Suara dalam Musik, Suara Kamu Termasuk yang Mana?

Suara adalah anugerah yang diberikan kepada setiap manusia. Namun, setiap manusia memiliki jenis suara dan keunikan masing-masing. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana manusia berbicara, nada yang mereka keluarkan, atau pencapaian tinggi dan rendahnya nada saat mereka bernyanyi.

Dalam dunia musik setidaknya dikenal tujuh jenis suara, yuk simak penjelasan berikut! Kira-kira suara kamu termasuk yang mana?

Jenis Suara Pada Perempuan

Suara Tertinggi, Sopran

Jenis suara
source: Caleb Aquendo on pexels

Sopran adalah penyanyi suara tertinggi dalam klasifikasi vokal di dalam budaya musik klasik barat.Nada tertinggi ini bisa dicapai oleh perempuan dewasa dari jarak suara C4 hingga G5. Sebagai gambaran, kamu bisa mendengarkan bagaimana Mariah Carey bernyanyi. Dia merupakan salah satu penyanyi dengan jenis suara Sopran. 

Klasifikasi suara Sopran ini dapat dilihat dari warna vokal, timbre, rentang suara dan ketangkasan suara. Ada beberapa jenis Sopran dalam dunia musik, yaitu sebagai berikut: 

  • Dengan jangkauan suara C4-F6; Sopran Koloratura Lirik, Sopran Koloratura Dramatik;
  • Dengan jangkauan suara C4-C6; Sopran Lirik, Sopran Spinto, Sopran Dramatik
  • Dengan jangkauan suara F3-C6; Heldensopran

Suara Sedang, Mezzo Sopran 

Suara ini cenderung seimbang karena tidak terlalu tinggi juga tidak terlalu rendah. Jenis suara ini juga mampu menyentuh nada tinggi maupun nada rendah. Seperti jarak jangkauan nada A3 sampai A5, nada tengah C dan nada F kedua nada atas G serta nada tengah C. Kamu bisa mendengarkan cara bernyanyi dari Beyonce untuk mengetahui suara ini. 

Suara Rendah, Alto

Setelah suara yang tinggi dan sedang, selanjutnya adalah suara rendah dimana area jangkauan suaranya hanya nada F hingga nada D2. Awalnya nada alto ini menjadi nama suara bagi laki-laki yang memiliki suara Falsetto. 

Nada ini juga lebih sering disebut contralto dalam suara perempuan. Kamu bisa mendengarkan nyanyian yang dibawakan Adele untuk mengetahui suara jenis .

Jenis suara laki-laki dewasa

Suara Tertinggi, Tenor

Jenis suara
Source: senivpetro on freepik.com

Laki-laki yang mempunyai suara ini bisa menyentuh tangga nada B hingga G1, seperti sopran, tenor juga memiliki ragam yang berbeda. Seperti dramatic tenor, dramatic lyric tenor dan heroic tenor. 

Klasifikasi ini berdasar pada ketangkasan suara yang muncul, warna dan berat suara. Kamu bisa mendengarkan nyanyian dari vokalis Queen, Freddie Mercury.

Countertenor

Jenis suara ini lebih mirip dan merujuk pada falsetto alto dibanding dengan suara Tenor yang tinggi. Sehingga, sayangnya laki-laki yang memiliki suara ini akan terdengar seperti perempuan saat bernyanyi. Contohnya adalah Alfred Deller

Meskipun begitu, mereka yang mempunyai suara jenia ini mampu menyentuh jangkauan tangga nada yang lebih tinggi dari Tenor. Selain itu, jangkauan nadanya lebih luas daripada suara Tenor. 

Suara Sedang, Baritone

Jenis suara ini tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah, cukup stabil dan seimbang. Jenis suara ini dikelompokkan dengan dasar jangkauan nada, kualitas serta warna dari suara tersebut. Jangkauan dari suara ini adalah nada A hingga F1 dengan contoh penyanyi David Bowie.

Bass

Suara jenis cenderung berat dan tebal, dengan jangkauan nada dari E hingga C1. Laki-laki dengan suara Bass memegang peran penting dalam fondasi harmoni abad ke-18 

Suara bass ini dibagi menjadi dua bagian yaitu; Bass Profundo dengan suaranya yang rendah namun sangatlah kaya. Lalu berikutnya adalah; Basso Contante dimana suaranya lebih ringan dari suara lainnya. Dengan contoh penyanyi Barry White. 

Yuk Temukan Karakter Suaramu!

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa setiap manusia dikaruniai suara yang sangat unik dan berbeda antara satu dengan lainnya. Setelah mengetahui jenis-jenis suara diatas, kamu bisa mengukur dan mengetahui jenis suara yang kamu miliki dengan cara dibawah ini!

1. Pertama, Kenali Dulu Oktaf

Oktaf merupakan jarak antara nada dengan nama yang sama. Jarak satu oktaf adalah delapan nada. Misalnya dari tangga nada Do ke Do tepat 8 nada diatasnya atau dibawahnya. 1=Do, 2=Re, 3=Mi, 4=Fa, 5=Sol, 6=La, 7=Si, 8=Do.

2. Cari Tahu Range Vokal Kamu dengan Dibantu Piano 

Piano memiliki range vokal yang luas dan hampir mencakup semua tangga nada. Lalu kamu bisa memulai dengan mengikuti nada yang paling rendah, perhatikan di nada mana kamu bisa bernyanyi dengan nyaman. Lalu ada pada jangkauan suara manakah nada yang kamu rasa cocok itu, dan lihat jenis suara yang sesuai dengan jangkauan nada kamu.

3. Tessitura dan Oktaf Nyaman

Setiap manusia memiliki oktaf nyamannya sendiri, yaitu satu tangga nada dimana kamu dapat menyanyikan sebuah lagu dengan nyaman. Oktaf nyaman ini biasanya berada pada nada tengah range vokal yang kamu miliki. Sehingga setiap nada didalamnya baik itu yang lebih tinggi atau rendah dapat dinyanyikan dengan jelas.

4. Jembatan atau Passagio 

Jika kamu menemukan nada yang tanggung dari range vokal yang kamu miliki, seperti terlalu tinggi jika dinyanyikan dengan suara dada dan terlalu rendah jika dinyanyikan dengan suara kepala maka kamu berada pada fase Passagio. 

Untuk menanganinya kamu bisa bernyanyi dalam jangkauan suara sedang dan sedikit melakukan improvisasi agar nada yang kamu nyanyikan enak untuk didengar.

Semua jenis suara yang dimiliki manusia memiliki keunikannya masing-masing. Tidak ada rank penilaian jenis suara mana yang terbaik. Jenis suara apapun yang dimiliki, merupakan anugerah yang patut untuk dijaga. Setelah mengetahui jenis suara yang dimiliki, langkah selanjutnya adalah tetap berlatih untuk menjaga kualitas suara saat kamu memakainya. 

Tau gak sih, kalau produk nikotin VELO ini bebas asap dan bau tak sedap, lho! Jadi sewaktu kamu lagi latihan vokal, hang out bareng temen-temen atau ketemu klien gak bakal bikin mereka tidak nyaman. Berbentuk kantong nikotin hisap, VELO tersedia dalam kemasan can dan sachet dalam berbagai varian. Untuk menikmatinya kamu harus sudah berusia 18 tahun lebih, bukan wanita hamil apalagi menyusui! Sudah tahu belum jenis suara kamu seperti agar lebih jelas, belajar apa saja jenisnya disini

Related Articles

Leave a Reply