Jenis-jenis Pasar dan Fungsinya dalam Perekonomian

Jenis-jenis pasar sangat perlu untuk diketahui karena memiliki fungsinya yang cukup penting dalam menggerakkan roda perekonomian. Perannya tentu begitu penting, baik dalam masyarakat maupun negara. 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Pasar diartikan sebagai tempat untuk berjual beli. Akan tetapi, pasar lebih berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan, bukan tempatnya.

Sekilas tentang pasar

Jenis jenis pasar
Source: Erik Scheel

Pasar secara umum dikenal sebagai sebuah tempat untuk menjalankan kegiatan jual-beli. Biasanya pasar diselenggarakan oleh suatu kumpulan orang atau organisasi dengan maksud untuk mendapatkan keuntungan secara sehat. 

Karena itu perlu diketahui apa saja jenis-jenis pasar. Seperti yang sudah dijelaskan, jika pasar sendiri difungsikan untuk mendukung aktivitas jual-beli, dan bukan hanya merujuk pada suatu tempat saja. 

Bisa disebut sebagai pasar jika di dalamnya terdapat interaksi antara penjual dan juga pembeli. Interaksi tersebut diantaranya adanya produk maupun jasa yang diperjualbelikan, proses tawar-menawar, hingga kesepakatan di antara penjual dan pembeli.

Jenis-jenis Pasar

Pasar menjadi tempat berputarnya uang negara yang dilakukan oleh rakyat maupun perusahaan dengan dilakukannya transaksi penjualan dan pembelian. Dari cara kerja serta fungsi pasar itulah, kemudian terciptalah harga, distribusi, penyerapan tenaga kerja hingga tercipta ketersediaan barang dan juga jasa.

Karenanya, jenis-jenis pasar juga terbagi ke dalam berbagai variasi. Hal tersebut dipengaruhi adanya banyak faktor. Berikut ulasan singkat diantaranya.

Jenis-Jenis Pasar Menurut Sifat dan Waktunya

Source: Your Photo Trip

Pasar harian

Sesuai namanya, pasar ini setiap harinya terjadi terjadi kegiatan jual-beli yang dilakukan penjual dan juga pembeli hingga mendapatkan harga sesuai kesepakatan. Pasar seperti ini banyak ditemui di berbagai pelosok daerah yang ada di Indonesia. Misalnya saja pasar-pasar tradisional.

Pasar mingguan

Jenis-jenis pasar selanjutnya ini biasanya hanya terjadi satu kali saja dalam waktu satu minggu. Contoh pasar seperti ini bisa ditemui seperti pasar Kliwon, pasar ponsel,Sunday Morning yang ada di UGM, dan lain sebagainya.

Pasar tahunan

Selanjutnya ada pasar tahunan yang seperti namanya memang diselenggarakan satu kali dalam setahun. Contoh dari pasar tahunan adalah PRJ atau Pasar Raya Jakarta, pasar sekaten yang diadakan di Solo dan Yogyakarta dan lain sebagainya. Umumnya, pasar tahunan diadakan di kota besar.

Pasar temporer

Pasar ini merupakan kegiatan transaksi jual-beli yang dilakukan penjual dan juga pembeli yang terjadi pada waktu atau momen tertentu saja. Contohnya saja bazar murah.

Menurut Wujudnya

Jenis jenis pasar
Source: Liza Summer

Pasar nyata (konkret)

Pasar jenis ini adalah sebuah tempat terjadinya transaksi jual-beli atau tawar-menawar antara dua pihak, baik pembeli dan penjual. Contoh dari pasar nyata yang juga disebut dengan pasar konkret yakni pasar tradisional.

Pasar tidak nyata (abstrak)

Disebut demikian karena antara pembeli dan penjual memang bertemu langsung, namun produk maupun jasa yang diperjual-belikan tidak tampak. Contohnya saja pasar uang, pasar modal, pasar barang berjangka, pasar valas dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Pasar Sesuai Caranya Bertransak

S

ource: Artem Beliaikin

Pasar tradisional

Jika dilihat dari caranya dalam bertransaksi, dalam pasar tradisional umumnya dalam tawar-menawar besaran harga dilakukan secara langsung dan bertatap muka. Umumnya, jenis pasar tradisional ini hampir bisa ditemukan di berbagai pelosok daerah di Indonesia, baik dari kota besar hingga pedesaan.

Pasar modern

Kebalikan dari pasar tradisional pasti ada pasar modern. Pasar ini agak berbeda sedikit dari pasar tradisional. Pasalnya, tidak ada kegiatan tawar menawar antara  pembeli dengan penjual. Karena umumnya harga yang diberikan merupakan harga pas. 

Bukan itu saja, dalam pasar modern seorang pembeli harus melayani apa yang ingin dibelinya sendiri. Misalnya saja seperti swalayan, mall, plaza, dan lain sebagainya.

Jenis Pasar Menurut Barang yang Diperjualbelikan

Jenis pasar yang satu ini bisa dilihat dari macam barang atau produk yang diperjualbelikan hanya jenis-jenis tertentu saja. Misalnya saja pasar hewan, pasar ikan, pasar loak, pasar buah, dan masih banyak lagi.

Dilihat dari Strukturnya

Source: PhotoMix Company

Pasar Persaingan Sempurna

Pasar jenis ini merupakan sebuah pasar dimana sebagian besar penjual maut pembeli sudah saling mengetahui kondisi pasar. Umumnya barang atau produk yang diperjualbelikan homogen atau sejenis, penjual dan juga pembeli pun mendapat informasi yang cukup lengkap mengenai pasar tersebut.

Selain itu, dari segi harga juga ditentukan sendiri oleh pasar, seluruh faktor produksi bebas keluar masuk pasar, pemerintah pun juga tidak ikut campur secara langsung. Contoh dari pasar persaingan sempurna ini adalah pasar hasil pertanian.

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Kebalikannya dari pasar persaingan sempurna, pasar ini terdiri dari sedikit penjual dengan banyak pembeli. Di pasar ini setiap penjual juga bisa menentukan sendiri harga barang yang dijual. Umumnya, barang atau produk yang diperjualbelikan cukup beragam jenisnya (heterogen). 

Pasar monopoli menjadi salah satu contoh dari jenis dari pasar persaingan tidak sempurna. Di mana di seluruh penawaran untuk jenis barang yang ada di pasar dikuasai hanya seorang penjual saja atau beberapa penjual tertentu.

Pasar Persaingan Monopolistis

Yakni sebuah pasar yang didalamnya terdapat banyak penjual dengan barang dengan berbagai bentuk dan berbeda corak. Umumnya, pasar ini banyak ditemui dalam sektor jasa dan penjualan eceran. Contohnya jasa angkutan, salon, toko obat atau apotik, hingga toko kelontong.

Pasar Oligopoli

Pasar ini didalamnya hanya memiliki beberapa penjual saja dengan satu barang dagangan tertentu saja. Sehingga di antara penjual dengan penjual yang lain dapat saling mempengaruhi harga. Misalnya saja perusahaan yang menjual sepeda motor dan mobil, perusahaan rokok, pabrik semen dan industri telekomunikasi

Pasar Menurut Ruang Lingkupnya

Jenis pasar juga bisa dibedakan menurut ruang lingkupnya dalam berkegiatan. Misalnya saja seperti pasar daerah, pasar lokal, pasar nasional serta pasar internasional. Contohnya saja pasar karet yang berada di kota New York, pasar tembakau yang ada di kota Bremen (Jerman), lalu pasar kelapa sawit yang ada di Indonesia serta banyak lagi yang lainnya.

Demikian tadi jenis-jenis pasar dan beberapa contohnya yang perlu kita ketahui dalam dunia bisnis dan ekonomi. Keberadaan pasar memiliki yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat.

Pasalnya, pasar mampu mendorong kegiatan perekonomian dalam masyarakat dengan adanya kegiatan jual beli, distribusi barang dan jasa, pembentukan besaran harga hingga tak jarang sebagai tempat untuk promosi.

Buat kamu pengguna produk nikotin dewasa, cobain VELO deh. Produk nikotin bebas tembakau pertama dengan inovasi rasa yang unik serta kemasan yang praktis. Bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja tanpa takut bau asap dan mengganggu kenyamanan orang lain.

Kita juga bisa memilih level nikotin yang ingin dinikmati. Rasakan sensasi serunya dengan menyelipkan kantong nikotin VELO di antara bibir dan gusi atas. Khusus untuk usia 18 tahun ke atas dan bukan wanita hamil atau menyusui. Bisa mengakibatkan ketergantungan.

Related Articles

Leave a Reply