Alat Musik Harmonis Tradisional dan Modern yang Harus Kamu Ketahui

Alat musik harmonis adalah alat musik yang menghasilkan nada lebih dari satu yang ketika dimainkan akan menghasilkan nada yang selaras dan harmonis. Berbeda dengan jenis alat musik ritmis dan melodis, alat harmonis terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu tradisional dan modern. 

Perlu kamu ketahui lebih lanjut nih, kalau semua alat harmonis juga alat musik melodis. Akan tetapi, beberapa alat musik melodis bukanlah alat harmonis. Jika kamu masih bingung, simak penjelasannya berikut ini!

Jenis Alat Musik Harmonis Tradisional

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman alam dan budayanya, termasuk alat musik tradisional. Ternyata, alat harmonis juga masih jadi bagian dari identitas tradisional masing-masing daerah. Jenis-jenis alat harmonis tradisional yaitu:

1. Angklung

Alat musik yang berasal dari Jawa barat ini merupakan jenis alat harmonis yang sangat populer di dunia. Angklung terbuat dari bambu dan dimainkan oleh banyak orang secara bergantian dengan menyesuaikan nada yang akan dibunyikan, karena pada dasarnya angklung hanya memiliki satu nada saja. 

Walaupun angklung termasuk alat musik tradisional, tetapi angklung dapat dikombinasikan juga dengan alat musik modern.

2. Bonang

Jika dilihat secara sekilas, bonang akan tampak seperti gong, namun yang menyamakan bonang dan gong hanya bahan yang digunakan sama yaitu dari logam. 

Bonang adalah alat musik yang asalnya dari Jawa dan masuk kedalam kategori musik yang harmonis. Biasanya sering dimainkan dalam pagelaran gamelan Jawa. Cara memainkan bonang hampir sama dengan gong, yaitu menggunakan tongkat yang dilapisi kain di bagian ujungnya dan dipukul secara bersamaan. 

3. Celempung

Alat musik bernama celempung ini juga berasal dari Jawa dan sering dimainkan pada saat acara gamelan. Cara memainkan celempung yaitu dengan cara dipetik dengan jumlah senar sebanyak 11 buah.

4. Sampek

Alat harmonis tradisional yang berasal dari Kalimantan dengan kayu yang di ukiran khas suku Dayak ini dikenal dengan nama Sampek. Sampek dimainkan dengan cara memetik dua hingga tiga dawai. Konon, jika kamu mendengar suara dari sampek, kamu akan merasa sedang berada di tempat asalnya. 

Jenis Alat Modern

Selain mengetahui jenis-jenis alat harmonis tradisional, sekarang kita akan mencari tahu lebih banyak mengenai jenis alat harmonis modern di bawah ini

1. Cello

Masih satu kategori dengan biola, cello adalah alat modern yang sangat jarang dimainkan di Indonesia karena suara yang dihasilkan cello kurang pas dengan musik tradisional di Indonesia. 

Walaupun jarang dimainkan di Indonesia, cello menjadi alat musik wajib saat pementasan musik klasik di Eropa.

Bentuknya yang sangat besar, celo dapat dimainkan dengan cara diletakkan di lantai dan digesek dengan posisi berdiri. 

2. Harpa

Hampir sama seperti cello, harpa juga dimainkan dengan cara dipetik dalam posisi berdiri atau duduk di kursi. Walaupun harpa juga menggunakan senar, namun cara memainkannya berbeda dengan gitar yaitu dengan menekan senar pada salah satu tangan dan memetik senar pada tangan yang lain.

3. Saxophone

Alat musik saxophone berasal dari Belgia yang dibuat oleh pemain clarinet bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840.

Saat ini, saxophone telah menjadi alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup dan ditekan secara bersamaan agar suara yang dihasilkan menyesuaikan nada yang kamu inginkan.

Biasanya, saxophone dimainkan pada musik jazz.

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply