Jangan Ketinggalan! Ini Dia 10 Perlengkapan Berkemah yang Wajib Dibawa

Jadi, kamu punya rencana berkemah weekend ini? Jangan hanya bingung mengajak siapa dan mau berkemah kemana. Mempersiapkan perlengkapan berkemah adalah hal yang paling penting lho. Karena kamu jauh dari rumah, jangan sampai barang-barang penting yang akan membantu kamu bertahan hidup ketinggalan ya!

Simak 10 perlengkapan berkemah yang wajib untuk dibawa berikut ini!

1. Tenda

Bukan berkemah namanya kalau tidak ada tenda. Ada banyak jenis tenda yang bisa kamu pilih, tergantung berapa jumlah peserta kemah yang akan ikut. Tenda outdoor ini sangat ringkas, mudah dibongkar pasang dan terbuat dari bahan yang didesain khusus untuk penggunaan di luar ruangan.

2. Kompor dan peralatan masak

Kini semakin banyak saja kompor portable khusus untuk berkemah. Ukuran dan bentuknya juga beragam, bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Berat maksimal kompor ini biasanya tidak lebih dari 1 kilogram, sehingga tidak merepotkan untuk dibawa.

Jangan lupa bawa juga peralatan masak dan makan khusus ya. Biasanya ada wajan dan panci khusus berukuran kecil agar mudah kamu masukkan ke dalam tas saat pergi berkemah.

3. Korek api

Berkemah tidak lengkap tanpa api unggun. Untuk menyalakan api, kamu membutuhkan korek. Tidak hanya itu, korek juga bisa jadi alat survival dalam keadaan darurat, misalnya saat kamu sedang berjalan-jalan di hutan.

Meskipun kamu dekat dengan sumber api selama berkemah, jangan kotori alam dan udara bersihnya dengan merokok sembarangan ya. Kalau kamu lagi di tempat yang gak boleh ngerokok, kamu tetep bisa kok merasakan sensasi nikotin tanpa asap dan bau yaitu dengan menggunakan VELO, kantong nikotin buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Cukup selipkan di antara bibir dan gusi atas, sensasinya bakal kerasa hingga setengah jam.

4. Sleeping bag

Dapatkan tidur yang hangat dan nyaman saat berkemah dengan membawa sleeping bag. Sleeping bag terbuat dari bahan parasut tebal yang anti air dan melindungi kamu dari hawa dingin. Kamu tetap bisa tidur nyenyak dan merasa segar keesokan harinya.

5. Matras

Matras jadi perlengkapan berkemah selanjutnya yang wajib dibawa. Fungsi matras adalah sebagai alas untuk duduk agar kamu tidak kedinginan. Di malam hari, matras bisa digunakan untuk melapisi lantai tenda agar semakin hangat.

6. Senter, headlamp, dan baterai cadangan

Yang namanya berkemah di alam bebas, jelas tidak ada penerangan di malam hari. Selain mengandalkan api unggun, kamu juga harus menyiapkan sumber cahaya lain seperti senter dan headlamp. Masing-masing peserta harus punya senter, headlamp, dan baterai cadangan sendiri demi alasan keamanan.

7. Bahan makanan

Meski bukan termasuk perlengkapan, tapi makanan tidak boleh ketinggalan saat berkemah. Bawa bahan makanan yang mudah untuk dimasak saat berkemah agar kamu tidak kesulitan juga saat memasaknya. Atau kalau mau praktis, bawa bekal makanan dari rumah, jadi tinggal dihangatkan saja saat sudah sampai di lokasi.

8. Kantong sampah

Ingat semboyan “jangan meninggalkan apapun selain jejak” saat berada di alam bebas? Ini artinya, meninggalkan sampah juga haram. Jadilah manusia yang bertanggung jawab dengan mengumpulkan sampahmu sendiri di dalam kantong sampah khusus. Bawa kantong sampah kembali dan buang di tempat yang semestinya.

9. Baju hangat dan baju ganti

Baju hangat di sini sudah termasuk jaket tebal dan jas hujan. Siapkan juga baju ganti sesuai kebutuhan, yaitu berapa lama kamu akan berkemah.

10. Alas kaki lengkap

Sandal, sepatu, dan kaos kaki adalah 3 jenis alas kaki yang kamu wajib bawa. Fungsinya agar kakimu tetap terlindungi dari nyamuk, kerikil halus, duri, hingga hawa dingin saat berkemah.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply