Jalur Pendakian Gunung Prau Terbaik Lewat Patakbanteng

Gunung Prau menjadi salah satu destinasi wisata pendakian yang cukup banyak diminati wisatawan, khususnya pencinta alam. Gunung ini terletak di Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah.

Gunung Prau memiliki ketinggian 2.565 MDPL (Meter Diatas Permukaan Laut) dapat didaki melalui 5 jalur pendakian. Adapun jalur pendakian tersebut dapat ditempuh dari Patakbanteng, Kalilembu, Dieng, Dwarawati, dan Wates.

Untuk kuota pendaki setiap basecamp pendakian sangat variatif, namun kuota terbanyak pendaki dapat mengunjungi jalur Patakbanteng dengan kuota mencapai 600 orang.

Dengan kuota yang banyak tersebut jalur pendakian Gunung Prau via Patakbanteng menjadi tempat favorit bagi pendaki. Selain kuotanya yang banyak jalur Patekbanteng memiliki estimasi perjalanan yang cukup singkat dibandingkan jalur lainnya.

Selain melalui jalur Patakbanteng, Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng juga banyak diminati pendaki untuk menuju puncak Gunung prau.

Jalur Pendakian Gunung Prau

Dilansir dari kanal Instagram Prau_Mountain, jarak tempuh dari basecamp ke pos 1 840 meter dengan estimasi waktu 40 menit. Sedangkan jarak tempuh dari pos 1 ke pos 2 dapat di tempuh dengan estimasi waktu 30 menit dan berjarak 380 meter. Untuk perjalanan selanjutnya menuju ke pos 3 pendaki akan menempuh jarak 1320 meter dengan estimasi waktu 40 menit. Untuk sampai ke puncak Gunung Prau pendaki akan memakan waktu hingga 160 menit lamanya.

Jalur pendakian favorit selanjutnya via Dwarawati. Jalur yang memiliki kontur tanah yang berundak ini sangat perlu diperhatikan bagi pendaki untuk menggunakn safety yang baik dan benar. Oleh sebab itu untuk menjaga keselamatan pendaki perlu menggunakan sepatu tracking.

Jalur lainnya dapat ditempuh via Kalilembu yang tergolong jalur landai dan mudah dilalui. Pendaki yang ingin mencapai puncak ketika melewati basecamp ini harus melewatkan 3 pos pendakian dan melawati kali Serayu.

Pos yang terdapat dijalur ini tidak sejauh jarak yang ada di Patakbanteng, sebab dari pos 1 ke pos berikutnya hanya berjarak 100 meter. Untuk setiap Pos memiliki nama yakni pelerenan yang berada di Pos 1, Ngetuk di Pos 2, dan Nganjir di Pos 3. Setelah melewati berbagai Pos pendakin pendaki bisa mendirikan kemah di Bukit Teletubies.

Jalur favorit yang terakhir bisa dialalui via Wates. Jalur yang berada di ketinggian 1.869 MDPL ini membutuhkan estimasi waktu 3-4 jam untuk mencapai kepuncak. Pendaki yang melewati jalur ini akan banyak menjumpai flora dan fauna, seperti Kantong Semar, Elang Jawa, Lutung, Sigung Jawa, dan berbagai jenis burung.

Gunung Prau yang memiliki keindahan alam ini tak jarang digunakan untuk spot foto seperti prewedding. Hal ini dikarenakan saat berada di puncak, pendaki akan disuguhi pemandangan elok Gunung Sumbing dan Sindoro, sekaligus.

Untuk mendapatkan info menarik lainnya, simak update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau super praktis dengan aneka varian rasa unik!

Kantong nikotin VELO 100% bebas tembakau dan bisa kamu nikmati kapan saja dan dimana saja. VELO dikhususkan bagi pengguna produk nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

Penasaran dengan sensasi nikotinnya? Langsung saja kunjungi situs VELO Indonesia!

Hengky
Crafting stories about social issues, pop culture, & common knowledge.

Related Articles

Leave a Reply