Jalan-Jalan Ke Tempat Wisata Malam Semarang Paling Hits!

Kota Semarang adalah salah Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak sekali destinasi saat dikunjungi, mulai dari budaya, sejarah, kuliner, dan wisata malam semarang. Tentunya kamu tidak akan kebingungan memilih tempat menarik untuk berlibur. Jika pada saat siang hari kamu bisa jalan-jalan ke Lawang Sewu, Brown Canyon ataupun Kota Lama, kamu juga bisa melakukan banyak hal di malam hari dengan pengalaman yang menarik.

Seperti kota-kota lainnya, Semarang juga memiliki tempat wisata malam yang gak kalah seru untuk didatangi. Beberapa tempat pun dapat kalian datangi tanpa harus membayar tiket masuk.

Kalian bisa bersantai sembari menikmati jajanan khas Semarang ataupun jalan-jalan melihat hiruk pikuk sudut kota di lima tempat wisata semarang berikut ini.

Simpang Lima

Trenkota.com

Kawasan simpang lima menjadi ikon Kota Semarang sejak puluhan tahun lamanya, di tempat ini bukan hanya sekedar persimpangan dengan jumlah lima saja, loh tetapi dikelilingi oleh pedagang kaki lima yang menjual kuliner khas Semarang dan ada taman yang menyewakan sepeda untuk berkeliling.

Untuk mendapatkan spot duduk yang pas kalian perlu berjalan kaki, karena pilihan makanannya yang banyak kami merekomendasikan untuk mencoba beberapa jajanan khas seperti tahu gimbal, nasi gandul, tahu petis, dan pisang plenet. Harganya pun terjangkau, tetapi tidak ada salahnya untuk bertanya terlebih dahulu ya.

Pecinan Semarang

Virustravelling.com

Saatnya pergi ke pasar Hongkong nya Semarang nih. Tempat wisata malam ini bernama Pecinan, kalian pasti akan merasa sedang di Hongkong karena mayoritas pedagang nya Tionghoa. Budaya Tionghoa sangat kental disini, kalian juga bisa mampir ke Pasar Semawis setiap hari Jumat sampai Minggu dari jam 6 sore sampai 11 malam. Perlu diingat nih, bahwa kendaraan motor dilarang melintasi pasar ini ya sebaiknya kalian berjalan kaki dan parkir di dekat Pecinan.

Bukit Gombel

Travelbos.id

Tempat wisata yang satu ini mirip seperti Bukit Bintang di Jogjakarta, kalau di Semarang namanya Bukit Gombel. Kalian dapat melihat kerlap kerlip hamparan lampu dari atas bukit, bahkan kalian bisa melihat pelabuhan tanjung mas juga, loh sembari menikmati cemilan yang banyak dijual di cafe dan angkringan. Gak perlu budget yang banyak untuk berwisata malam ala Semarang.

Tugu Muda

Pramudiyoga via Instagram

Selain simpang lima, ada satu lagi ikon Kota Semarang yaitu Tugu Muda. Monumen yang dibangun sebagai tanda penghormatan atas jasa pahlawan dalam peristiwa Pertempuran Lima Hari di Semarang. Lokasinya terletak persis di depan Lawang Sewu, jadi kamu hanya perlu menyebrang kesana atau duduk-duduk di area taman sambil menikmati suasana malam di Semarang. 

Banjir Kanal

Festival Banjir Kanal

Berlibur ke Semarang rasanya tak lengkap jika tidak mencoba tempat wisata malam banjir kanal yang terletak di tepian sungai. Setiap tahun nya di tempat ini selalu diadakan Festival Banjir Kanal yang melibatkan 300 UMKM. Acara lomba menghias perahu, dan yang paling menakjubkan adalah diterbangkannya 3000 lentera lampion ke langit. Acara ini pun tidak dipungut biaya, jadi tidak ada salahnya mampir ke Semarang saat festival ini berlangsung.

Setelah mendapatkan referensi jalan-jalan ke tempat wisata malam di Semarang, jangan lupa untuk masukin ke dalam itenary perjalanan kalian ya! Sisakan stamina dan tenaga kalian untuk mengunjungi kelima tempat diatas, kapan lagi bisa bersantai sambil ditemani jajanan khas di Semarang!

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply