Kamu Penyuka Seni? Intip Lukisan Termahal Legendaris di Dunia

0
125
lukisan termahal

Saat ini, Pablo Picasso, Andy Warhol, Gerhard Richter dan Jean Michel Basquiat mendominasi di beberapa pelelangan lukisan termahal. Tetapi, hal itu tidak selalu terjadi dalam dekade terakhir. Seperti pada kategori Old Masters yang menampilkan seniman antara abad ke 14 dan abad ke 18.

Meskipun, lukisan abstrak pada zaman dahulu tidak begitu populer lagi, namun generasi tersebut masih memegang rekor lelang termahal, baik lelang publik maupun akuisisi karya seni oleh Leonardo da Vinci, Peter Paul Rubens dan Raphael yang menjual karyanya seharga ratusan dollar. 

Pada tahun 2021, kategori Old Masters kembali menjadi sorotan. Ketika potret Sandro Botticelli dari koleksi maestro real estate Sheldon Solow dijual pada pameran Sotheby’s di New York pada 28 Januari 2021 seharga $ 92,2 juta. Penasaran karya seni lukisan termahal apa saja yang masuk ke daftar penjualan dengan harga fantastis di dunia? 

Salah Satu Lukisan Termahal Leonardo da Vinci, Salvator Mundi 

lukisan termahal

Penjualan seni lukisan yang paling banyak dipublikasikan dalam sejarah adalah pelelangan karya seni Leonardo da Vinci, Salvator Mundi. Total penjualannya meraup lebih dari $ 450 juta di Christie’s New York pada tahun 2016. 

Setelah tawar menawar harga selama 19 menit saat proses pelelangan, akhirnya Salvator Mundi menjadi lukisan termahal yang pernah dijual di pelelangan. Pembeli karya terkenal Leonardo da Vinci adalah Mohammed bin Salman seorang Putra Mahkota yang berasal dari Arab Saudi. 

Salvator Mundi menggambarkan Kristus yang memberi isyarat salib dengan tangan kanannya dan memegang bola tembus cahaya di tangan kirinya. Lukisan ini diyakini sebagai salinan dari karya Leonardo yang hilang, dan diserahkan kepada Master Renaisans setelah restorasi pada tahun 2006. Sebelum dijual, lukisan itu dipamerkan pada tahun 2011 di Galeri Nasional London. 

Rembrandt van Rijn, Maerten Soolmans and Oopjen Coppit 

lukisan termahal

Pada bulan Februari tahun 2016, pemerintah Belanda dan Perancis melakukan akuisisi pribadi bersama atas potret liontin langka dari pelukis terkenal Rembrandt Van Rijn. Lukisan yang menggambarkan pasangan Belanda Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit dibeli dengan harga antara € 80 juta atau $ 195 juta. 

Lukisan ini merupakan satu-satunya yang dilukis dengan durasi yang lama oleh Rembrandt. Sebelum dijual kembali, lukisan ini dipamerkan di depan umum pada tahun 1956 di Belanda. 

Meskipun kedua lukisan tersebut dimiliki secara terpisah, tetapi menurut hukum Perancis, pihak museum berjanji akan memamerkan bersamaan di kedua museum yaitu Perancis dan Belanda. 

Sandro Botticelli Young Man Holding a Roundel Jadi Lukisan Termahal

Pada Januari 2021, lukisan karya Sandro Botticelli dijual di Sotheby’s New York dengan rekor penjualan mencapai $ 92,2 juta. Lukisan yang tergolong langka ini dikatakan sebagai salah satu potret Botticelli pribadi miliknya sebelum ditawar oleh pembeli dari Rusia. 

Jacopo Pontormo, Portrait of a Halberdier 

Terjual pada pameran Christie’s di New York pada tahun 1989. Potret seorang pria muda berpakaian militer abad ke 16 dari pelukis terkenal Italia bernama Mannerist Jacopo Pontormo, terjual seharga $ 35,2 juta ke Museum J. Paul Getty di California. 

Lukisan ini dianggap menggambarkan Florentine Duke Cosimo I de Medici sehingga diperkirakan terjual dengan harga $ 20 juta. Sebelum dilelang, lukisan ini telah dipamerkan di Frick Collection sejak tahun 1970.

Leave a Reply