7 Ide Berburu Spot Foto Instagramable yang Estetik & Kekinian

Supaya tampilan feed IG makin menarik untuk di-scroll dari atas sampai bawah, mungkin sudah saatnya kamu menambah satu atau dua jepretan baru. Karena itu, ide spot foto yang kece dan Instagramable rasanya perlu kamu catat dan realisasikan.

Dalam artikel ini, penulis bakal tunjukin beberapa kiat mencari spot foto yang mampu menghipnotis mata. Jadi kamu tidak perlu bingung mau ke mana untuk mencarinya. Cukup ikuti salah satu atau lebih ide berikut ini, dan jadikan Instagram-mu “hidup” kembali.

Sudah siap? Langsung simak aja yuk~

1. Saat liburan, cari kamar hotel Instagramable yang enak dipandang

hotel instagramable
© instagram.com/inijie

Buatmu yang gemar liburan ke luar kota, selain memilih hotel yang menawarkan diskon, masukkan juga prioritas hotel Instagramable ke dalam ceklis liburanmu. Kebayang kan, pandangan mata jadi lebih segar tiap waktunya. Berkat tampilan seluruh sudut hotel, mulai dari teras, lobby, hingga kamarnya yang dihiasi lukisan epik.

Misal nih, saat kamu berkunjung ke Bandung, ada beberapa rekomendasi hotel yang wajib ada di daftar teratas. Seperti, The Malaka Hotel. Menawarkan tema monokrom dengan konsep minimalis yang terasa adem, bersih, dan rapi. Lokasinya dekat dengan Trans Studio Bandung, jadi cukup worth it untuk dijadikan tempat rehat selama liburan.

2. Cafe kece juga bisa jadi spot foto menarik tanpa harus piknik

spot foto menarik
© pergikuliner.com

Suka ngopi atau makan, sambil duduk ramai di satu meja lalu bercengkerama? Maka seyogyanya, kamu masukin cafe Instagramable sebagai pilihan pertama untuk dikunjungi. Selain mengisi kosongnya perut dan runyamnya pikiran dengan mengobrol bersama teman, kamu juga bisa manfaatkan untuk mengambil potret paling kekinian.

Oiya, karena kebanyakan tempat kafe tidak boleh merokok, tenang aja. Ada alternatif baru yaitu kantong nikotin bernama VELO yang ditujukan bagi pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui. Tanpa asap, tanpa alat, tanpa ribet. Cukup letakkan di antara bibir dan gusi atas. Udah deh, kamu bebas memotret seluruh sudut ruang yang instagenik sambil merasakan sensasinya.

Mengambil background dinding yang sudah dipoles desainer tokcer, kamu dapat leluasa mengambil pose paling oke. Misalnya kamu tinggal di Jakarta, maka akan ada banyak pilihan untuk diwujudkan. Contohnya ada Arborea Cafe, lokasinya ada di Taman Kota Manggala Wanabakti. Temanya kayu estetik, ada rooftop-nya juga. Sambil ngopi, sambil update Instastories.

3. Kunjungi riuh keramaian untuk gaya Instagramable khas urban

© tribunnews.com

Biasanya, hal paling menonjol dari tema urban adalah gedung tinggi, jalanan ramai penuh orang berdasi, fasilitas transportasi umum yang riuh sesak, dan nuansa khas urban lainnya. Jakarta, bisa jadi pilihan yang paling ideal untuk tema perkotaan. Jelas ya, karena pusat ekonomi dan pemerintahan ada di sana.

Jika kamu bingung mau cari tempat di mana, coba datangi Stasiun MRT di Thamrin. Lihat bagaimana kamu menyangka bahwa seolah-olah tempat ini bukan Jakarta, tapi lokasi syuting film-film Amerika. Atau, jika ingin nuansa yang lebih terasa terik mataharinya, bisa ke Taman Lapangan Banteng. Di situ kamu bisa lihat betapa elegannya bangunan beton yang tertata.

4. Bila ingin lebih natural, alam pegunungan bisa jadi pilihan

pemandangan alam instagramable
© instagram.com/adorkableracer

Sebaliknya, jika kamu justru ingin keluar dari keramaian untuk mencari rasa tenang di tengah derunya air terjun, maka destinasi alam-lah jawabannya. Cocok buatmu yang memang senang melihat daun hijau dari pepohonan yang rindang. Biasanya sih, karena kamu sudah bosan dengan sibuk dan stres-nya hidup di kota.

Lagi-lagi, Bandung bisa jadi salah satu percontohannya. Saat ingin menyegarkan pikiran, kamu juga bisa memotret pemandangan. Begitu banyak pilihan. Mulai dari pemandangan tebing, keramahan air terjun, hingga ketenangan air sungai. Rekomendasi penulis tertuju pada Leuwi Jurig. Meski bukan di Bandung (melainkan di Garut), tapi lokasinya juga tidak terlalu jauh.

5. Ikut festival perayaan buatmu yang ingin kemeriahan

festival seru akhir tahun
© kompas.com

Potret alam sudah penuh di memori internal? Emm, coba deh ikutan festival. Di sana akan ada spot Instagramable yang membawa suasana baru. Hiruk pikuk orang yang datang, menyaksikan pertunjukan yang sedang berlangsung, hingga sama-sama melakukan sesi hening bersama untuk memperingati perayaan.

Kalau kamu bingung, Festival Dieng bisa jadi yang pertama masuk daftar liburan. Tapi siapkan gawai dengan potret malam yang optimal ya. Karena festival berlangsung lebih ramai dan romantis di malam hari. Paling berkesan adalah, saat tiap orang yang datang berkesempatan menerbangkan lampion ke atas langit.

6. Sambangi bukit bintang untuk suasana romantisme malam

wisata malam instagramable
© instagram.com/jogja

Bukit bintang bukan hanya di Jogja, tapi juga ada di Bogor dan Malang. Mungkin beberapa kota lain juga ada yang membawa nuansa serupa. Berada di ketinggian, sambil makan mie instan untuk memandangi gemerlap lampu kendaraan dan bangunan di bawah perkotaan. Momen ini selain bagus untuk jepret foto, juga sulit dilupakan saat berbagi cerita dengan orang tersayang.

Tapi ada syaratnya, pastikan gawai yang kamu punya cukup OK saat dipakai untuk mengambil gambar di malam hari. Selain itu juga bisa diakali, yakni dengan mengambil pose di tempat yang punya cukup cahaya lampu. Dijamin deh, nuansa feed IG-mu bakal makin romantis.

7. Bonus: pastikan memori internal kamu mencukupi ya

Bukan termasuk ide, tapi cukup penting dilakukan. Yakni memastikan seluruh perangkat yang kamu bawa memang sudah siap mengambil foto berbagai gaya. Jangan sampai pas kamu sudah di tempat, justru memori HP jadi tersendat-sendat. Kalau kamu mengambil pakai kamera, maka usahakan punya SD Card yang kapasitas besar ya.

Atau jika perlu, kamu bawa kamera cadangan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Cocok apabila kamu pergi ramai-ramai bersama teman. Sayang kalau momen kebersamaan begitu mudah dilewatkan, harus diabadikan lewat jepretan yang memukau pandangan. Okaii~

Nah, itu tadi sederet ide untukmu jika ingin berburu spot foto Instagramable yang keren dan estetik. Sembari mengambil gambar, jangan lupa nikmati setiap momennya ya. Selamat hunting!

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply