Insecure Adalah Bentuk Negativitas, Ini 10 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Insecure adalah sesuatu yang pasti akan kita alami di suatu titik dalam hidup ini. Jangan salah lho, bahkan orang yang paling percaya diri sekalipun juga pernah mengalami insecure tentang sesuatu yang ada dalam diri mereka. Insecure merupakan perasaan negatif yang bisa menahan diri kita untuk melakukan segala sesuatu di hidup kita.

Kamu selalu merasa khawatir tentang pakaian yang kamu kenakan, keputusan yang akan diambil, hingga yang paling parah adalah memutuskan untuk terus berada di dalam hubungan yang toxic hanya karena merasa insecure.

Tentu saja hal ini tidak bisa dibiarkan. Simak 10 hal yang harus kamu lakukan agar kamu tidak merasa insecure lagi.

1. Jangan men-judge dirimu sendiri

Tidak ada orang yang ingin memiliki rasa insecure di dunia ini. Namun jangan menyalahkan dirimu sendiri hanya karena kamu merasa insecure ya. Ini adalah hal yang wajar dialami semua orang, karena pada dasarnya setiap orang pasti punya kekhawatiran masing-masing dalam dirinya.

Jadi, jangan pernah men-judge dirimu sendiri ketika kamu merasa insecure. Fokuslah pada hal-hal yang membuat kamu insecure dan bagaimana caramu mengatasinya. Mulailah untuk mencintai dirimu sendiri mulai sekarang.

2. Jadilah sahabat terbaik untuk dirimu

Menggantungkan ekspektasi atau harapan pada orang lain bisa menjadi salah satu penyebab insecure dalam dirimu. Misalnya ketika kamu mengharapkan dukungan dari sahabatmu, namun mereka tidak bisa memberikannya.

Daripada mengandalkan orang lain, sebaiknya kamu mengandalkan dirimu sendiri. Yaitu dengan menjadi sahabat untuk dirimu sendiri. Katakan pada dirimu sendiri semua hal yang ingin kamu dengar dari sahabatmu. Sebagai contoh ketika kamu akan mendatangi wawancara kerja, namun kamu tidak punya banyak pengalaman hingga membuatmu ragu. Beri kata-kata penyemangat untuk dirimu sendiri seakan kamu mendengarnya dari sahabatmu.

3. Ambil langkah-langkah kecil

Menghadapi perasaan insecure adalah sebuah perjalanan panjang. Hasilnya tidak bisa instan dan segera. Jadi sebaiknya kamu jangan terlalu menuntut dirimu sendiri agar bisa mengatasi rasa insecure dengan cepat.

Hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengambil langkah-langkah dan berbagai perubahan kecil. Mulailah membangun kepercayaan diri dengan keluar dari zona nyaman yang tuntutannya tidak terlalu tinggi. Jika kamu merasa kamu adalah orang yang sulit bersosialisasi, cobalah menyapa seseorang yang belum kamu kenal terlebih dahulu.

4. Jauhi orang-orang yang membuatmu merasa kurang berharga

Kadang rasa insecure ini bisa muncul dari lingkungan sekitar kita lho. Oleh karena itu, penting buatmu untuk bisa membedakan siapa orang yang mendorong rasa insecure-mu dan siapa yang benar-benar menghargai dirimu.

Ada baiknya kamu menghindari orang-orang yang memberi pengaruh buruk padamu. Mintalah saran dan dukungan dari mereka yang selalu menyemangati dirimu dan ingin melihatmu menang.

5. Perhatikan bahasa tubuhmu

Perasaan insecure bisa terwujud dalam gerak tubuh yang kamu tunjukkan, misalnya saat kamu sedang duduk atau berdiri dengan punggung membungkuk. Gerak tubuh seperti ini seolah mengisyaratkan bahwa kamu tidak ingin dilihat oleh orang lain dan kamu merasa kecil.

Mulai dari sekarang, berdiri dan duduklah dengan tegak agar orang lain melihatmua sebagai orang yang percaya diri.

6. Akuilah rasa insecure dalam dirimu

Banyak orang enggan mengakui bahwa mereka merasa insecure meski mereka menyadari kebenaran akan hal itu. Padahal pengakuan bahwa kamu insecure adalah langkah awal untuk menghadapinya.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengakui rasa insecure tersebut. Contoh yang paling sederhana adalah berdiri di depan cermin dan berbicara pada bayanganmu yang ada di sana. Atau kamu bisa mengungkapkan apa yang kamu rasakan pada orang yang kamu percaya.

7. Afirmasi kepercayaan diri

Pernahkah kamu mendengar tentang kekuatan afirmasi terhadap diri sendiri? Jika kamu belum pernah melakukannya, cobalah mulai sekarang. Afirmasi adalah sebentuk “mantra” yang kamu ucapkan untuk menyemangati diri sendiri.

Karena kamu ingin mengalahkan rasa insecure dalam dirimu, kamu bisa mulai menuliskan semua pujian yang pernah diberikan orang lain padamu dan hal-hal yang kamu rasa menjadi kelebihanmu yang membuatmu merasa bangga. Ulangi afirmasi ini setiap hari, ketika kamu bangun tidur dan menjelang tidur di dalam hari.

8. Kalahkan semua pikiran negatif

Insecure adalah negativitas terbesar dalam dirimu. Untuk menghadapi dan mengalahkannya kamu harus menggunakan pikiran positif.

Tuliskan semua pikiran negatif yang mengganggumu. Kemudian amati kapan saja semua pikiran tersebut muncul. Setelah itu kamu bisa membuat kata-kata positif untuk “melawan semua pikiran negatif tersebut.

9. Hindari situasi yang memicu rasa insecure

Pikirkan lagi kapan saat-saat kamu merasa insecure? Siapa yang bersamamu dan apa yang kamu lakukan?

Jika kamu punya jawabannya, maka hindari semua situasi tersebut agar rasa insecure dalam dirimu tidak semakin meningkat saja.

10. Konsultasi pada ahlinya

Saat rasa insecure dalam diri sudah tidak bisa kamu atasi sendiri, maka hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah konsultasi pada ahlinya. Tidak perlu takut dan malu karena banyak orang di luar sana yang berhasil mengubah hidupnya setelah mereka melakukan konsultasi untuk menghadapi rasa insecure dalam diri mereka.

Insecure adalah sesuatu yang harus kamu atasi dan hilangkan. Ketika kamu sudah berhasil mengalahkan rasa insecure dalam dirimu, kamu akan melihat hal-hal baik yang bisa terjadi padamu. Kamu pun akan merasa lebih percaya diri.

Di sela-sela waktumu, bagi kamu pengguna produk nikotin yang sudah berusia 18 tahun atau lebih, bukan perempuan hamil atau menyusui, VELO sebagai kantong nikotin pertama di Indonesia menawarkan cara baru menikmati sensasi nikotin. Sekantong kecilnya bisa memberikan sensasi selama 15-20 menit. Hebatnya lagi, VELO bisa digunakan kapan saja dan di mana saja lho!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply