Ini Lho Kelebihan Introvert yang Membuatnya Berbeda

Kelebihan Introvert – Ada begitu banyak anggapan tentang seseorang yang berkepribadian introvert. Mereka dianggap pemalu, anti sosial, tak suka ada di tengah keramaian, tidak begitu ramah dan hanya memiliki sedikit teman. 

Apakah benar demikian? Sebenarnya seperti apa sih kepribadian introvert itu? Apa pula kelebihan introvert? Simak ulasan berikut selengkapnya.

Apa sih kelebihan introvert?

source: pressfoto via freepik.com

Menurut psikolog introvert merupakan seseorang yang memperoleh energinya dengan menghabiskan waktu sendirian. Inilah yang memunculkan kesalahpahaman di tengah masyarakat, sehingga timbullah perspektif bahwa seorang introvert itu adalah seseorang yang anti sosial.

Sebuah riset yang dipublikasikan dalam Journal of Motor Behavior di tahun 2008 menunjukkan bahwa seseorang dengan kepribadian introvert memerlukan waktu sedikit lebih lama dalam memproses informasi dibanding dengan para ekstrovert. 

Hal ini dikarenakan dalam memproses informasi, seorang introvert mencernanya lebih dalam dibanding ekstrovert. Mereka bisa meluangkan waktu yang lebih lama untuk memproses suatu ide sebelum bisa beranjak ke ide lainnya. Hal ini merupakan salah satu kelebihan introvert. Simak apa saja kelebihan yang dimiliki para introvert yang tak dimiliki oleh kepribadian yang lain.

1. Kelebihan introvert: jadi pendengar yang baik

Kelebihan introvert
source: pressfoto via freepik.com

Salah satu kelebihan introvert yang tak dimiliki oleh kepribadian yang lain adalah mereka ini seorang pendengar yang sangat baik. Menurut penulis sebuah buku The Introvert Entrepreneur, Beth Buelow, ia menyebutkan bahwa menjadi pendengar yang aktif merupakan sifat alami seorang introvert.

Menurutnya, seseorang yang berkepribadian introvert cenderung jadi kolega atau teman yang bisa dihubungi ketika sedang sedih maupun senang. Segala bentuk informasi yang dibagikan dengan seorang introvert akan diubah menjadi sebuah informasi untuk dirinya sendiri. Kelebihan lainnya dari seorang introvert adalah mendengarkan, memahami kemudian memberikan wawasan dengan pertimbangan yang cermat ketika merespons sebuah informasi.

2. Berpikir sebelum bertindak

Umumnya, seorang berkepribadian introvert lebih merasa nyaman saat mendengarkan ketimbang berbicara. Menurut psikolog, orang-orang introvert cenderung memilih kata-kata dengan lebih bijak. Karena mereka umumnya hanya berbicara saat memang benar-benar ingin berbicara.

Mereka ini cenderung butuh waktu lebih lama dalam mempertimbangkan pemikiran maupun perkataan yang akan diucapkan. Hal ini tentu sangat bermanfaat di era media digital seperti saat ini, karena seorang introvert cenderung memilah-milah apa yang ingin mereka share atau unggah di sosial media. Sehingga tidak sembarang komen atau membagikan informasi yang tidak layak.

3. Lebih teliti dan jeli 

Kelebihan introvert
source: cookie_studio via freepik.com

Kelebihan introvert selanjutnya adalah mereka ini sangat suka mengamati. Seorang introvert bahkan mampu memperhatikan banyak hal kecil yang mungkin saja tidak begitu mendapat perhatian orang lain. 

Meski terkadang terlihat sangat santai, introvert sesungguhnya menyerap segala informasi yang ada dan cenderung berpikir kritis. Mereka juga lebih jeli dalam mengenali kondisi dan lingkungan di sekitarnya. Bahkan, mereka juga mampu memperhatikan ekspresi dan bahasa tubuh seseorang, sehingga komunikasi mereka secara personal lebih baik.

4. Quality over quantity dalam pertemanan

Seseorang yang berkepribadian introvert cenderung merasa lebih cepat lelah ketika harus berinteraksi dengan banyak orang. Karenanya mereka cenderung memilih sahabat atau teman yang benar-benar mengerti mereka. Tak heran jika seorang introvert memiliki lingkar pertemanan yang lebih sedikit, bahkan bisa dihitung dengan jari.

5. Bisa jadi seorang pemimpin favorit

Kelebihan introvert
source: tirachardz via freepik.com

Kelebihan introvert yang pastinya jarang dimiliki tipe kepribadian lain adalah mereka ini mampu menjadi seorang pemimpin terbaik saat mampu menyalurkan bakat alami mereka. Apalagi tipe kepemimpinan seorang introvert adalah menonjolkan kekuatan timnya. 

Pasalnya, seorang introvert cenderung suka belajar hal baru mengenai bawahannya. Memantau setiap anggota tim agar bisa mempelajari skill, hasrat hingga kekuatan timnya. Setelah itu baru digunakan untuk mendukung setiap anggota dalam tim agar lebih produktif, efisien dan happy di tempat kerja.

Sekarang kamu sudah menyadari belum apa saja kelebihan introvert? Poin pentingnya adalah masing-masing kepribadian pasti memiliki kelebihan tersendiri. Yang membuat berbeda adalah bagaimana cara kita mengolah kepribadian diri menjadi hal yang lebih positif sehingga tidak memberatkan diri sendiri.

Buat kamu yang punya aktivitas segudang dan tetap ingin bisa menikmati rokok tanpa membuat orang lain terganggu karena asap yang mengganggu, bisa lho cobain VELO. Produk nikotin bebas tembakau ini bebas asap dan bau, lho!

Berbentuk kantong nikotin kecil sekali pakai, cukup selipkan di antara gigi dan gusi atas agar bisa menikmati sensasi hangatnya yang menggelitik. Tersedia dalam berbagai level dan rasa unik, VELO hanya boleh dinikmati oleh pengguna produk nikotin di atas 18 tahun. Bukan wanita hamil maupun menyusui, karena dapat mengakibatkan ketergantungan.

Related Articles

Leave a Reply