Ini Dia 7 Aplikasi Podcast Terbaik yang Bisa Kamu Coba

Semakin hari, podcast semakin populer saja di Indonesia. Kini banyak YouTuber dan influencer yang ikut banting setir membuat podcast. Podcast sangat mirip dengan radio, dimana kita bisa mendengarkan siaran berbentuk audio yang dilakukan satu orang atau lebih.

Dimana sih kamu bisa mendengarkan siaran favoritmu tanpa melewatkan satu episode pun? Simak berbagai aplikasi podcast yang bisa kamu unduh baik di smartphone atau laptop.

1. Spotify

Spotify jelas menjadi salah satu aplikasi streaming podcast dan musik yang paling populer saat ini. Tanpa perlu berlangganan, kamu bisa mendengarkan semua podcast secara gratis. Agar kamu semakin nyaman tanpa gangguan iklan, tinggal pakai saja Spotify Premium.

Beberapa podcast populer di Spotify antara lain adalah Do You See What I See?, Rapot, hingga Podcast Raditya Dika (PORD).

2. Anchor

Buat kamu yang ingin membuat dan mempublikasikan podcast, Anchor wajib masuk daftar aplikasi yang kamu gunakan. Anchor menyediakan RSS Feed otomatis sehingga kamu bisa menyebarkan podcast-mu dengan mudah ke platform lain.

Dengan Anchor, kamu bisa mengedit rekaman, memasukkan bumper audio, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk monetisasi lho. 

3. Google Podcasts

Dari namanya saja, kamu pasti tahu kalau aplikasi ini dikembangkan oleh Google, sehingga bisa diintegrasikan secara otomatis di ponsel Android. Platform ini menyediakan berbagai macam fungsi esensial seperti mempercepat durasi podcast serta mute pada beberapa segmen. Selain Google Podcasts, pengguna Android juga bisa mendengarkan podcast melalui Google Play Music.

4. Apple Podcast

Nah, buat kamu pengguna gadget dengan sistem operasi iOS, ada Apple Podcast yang bisa kamu gunakan untuk mendengarkan siaran favoritmu. Aplikasi eksklusif ini bisa kamu dengarkan kapan saja dan dimana saja kamu inginkan. Ada ratusan ribu podcast yang bisa kamu pilih dalam aplikasi ini.

5. Pocket Casts 

Pocket Casts menjadi salah satu aplikasi podcast yang paling populer di platform Android. Aplikasi premium ini menawarkan banyak fitur seperti playback yang lengkap, dan masih banyak lagi. Di tahun 2019, Pocket Casts melakukan banyak perubahan, menampilkan antarmuka yang lebih ringkas dan nyaman.

6. CastBox

CastBox adalah aplikasi yang bisa digunakan oleh pendengar atau kreator podcast. Fitur-fitur yang disediakan mirip dengan Anchor, dimana kamu bisa merekam, mengedit, dan mengunggah podcast yang kamu buat.

Di CastBox ada lebih dari 95 juta podcast dan audiobook yang bisa diakses oleh para penggemarnya.

7. Podcast Addict

Buat kamu yang ingin belajar bahasa Inggris dengan cara yang lebih menyenangkan, coba deh dengarkan podcast melalui Podcast Addict. Database podcast dalam platform ini cukup terbatas, hanya 750 ribu saja.

Namun selain mendengarkan podcast, kamu juga bisa mengakses lebih dari 120 ribu saluran radio dan 20 ribu audiobook secara gratis. Tentu saja, semuanya dalam bahasa Inggris!

Tidak seperti saat kamu nonton film atau video, mendengarkan podcast bisa dilakukan sambil melakukan aktivitas lainnya. Misalnya saat kamu sedang berkendara di pagi hari sebelum beraktivitas.
Buat kamu yang sudah berusia di atas 18 tahun, ada sebagian dari kamu yang membutuhkan asupan nikotin untuk tetap fokus dan semangat dalam menjalani hari. Kini ada cara baru menikmati nikotin dengan VELO yang tanpa asap dan tersedia dalam berbagai varian rasa. Rasakan sensasi kehangatan nikotin kapan saja dan dimana saja, termasuk saat kamu sedang mendengarkan podcast favoritmu.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply