Ini Dia 4 Contoh Musik Kontemporer Paling Terkenal di Indonesia

Kamu suka mendengarkan musik? Bosan dengan musik dengan gaya itu itu saja? Coba dengarkan musik kontemporer! Tipe musik yang satu ini tercipta sesuai pandangan individu komponisnya. Alat musiknya beragam dan bisa menggunakan benda apapun yang berbunyi. Jadi kalau kamu bisa mendengarkan musik, musik kontemporer bisa menjadi jawaban yang menarik untukmu!

Di berbagai negara, musik kontemporer adalah musik yang sangat terkenal, termasuk Indonesia. Ada banyak tokoh musik kontemporer yang berasal dari negeri kita dan mungkin namanya pun sudah tidak asing lagi di telinga. Beberapa di antaranya adalah Djaduk Ferianto, Nyoman Windha, Harry Roesli, Slamet Abdul Sjukur, dan sebagainya. Meskipun nama-nama tersebut sangat familiar bagi banyak orang, namun tetap saja peminat karya musik kontemporer memang tidak sebanyak peminat jenis karya musik lainnya. Padahal jenis musik yang satu ini memiliki daya jual yang tinggi karena kreativitasnya yang tanpa batas lho!

Ada pepatah mengatakan “Tak kenal maka tak sayang”, maka coba kenali musik kontemporer lebih dalam melalui contoh musik kontemporer di bawah ini!

Tetabuhan Sungut

Tetabuhan sungut adalah salah satu contoh musik kontemporer yang sangat populer di Indonesia. Musik ini merupakan karya dari sang musisi berbakat, Slamet Abdul Sjukur, yang biasanya dimainkan oleh kelompok paduan suara yang terdiri dari laki-laki dan perempuan.

Ide utama yang dilakukan dalam pembuatan karya musik kontemporer ini adalah dengan mentransfer berbagai bunyi seperti vokal, gamelan, kendang, dan sebagainya. Namun semua bunyi tersebut dimainkan oleh suara manusia. Keren banget kan?

Jalinan Kita

Contoh musik kontemporer lainnya yang terkenal adalah Jalinan kita. Musik yang satu ini adalag karya Dody Satya Ekagustdiman. Ia dimainkan dengan teknik quatrophoni, dimana pada pementasannya terdapat 4 kelompok yang posisinya berhadapan secara simetris untuk memainkan musik ini.

Jalinan Kita dibuat dengan memadukan berbagai instrumen musik, seperti gelas plastik, kecapi, suling, dan vokal. 

Dalam permainan kecapinya, kecapi dipetik dengan jari, lalu ditekan bagian bawahnya untuk menimbulkan suara baru. Terkadang kawat-kawat pada kecapi tersebut dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari karet, jadi bunyinya pun lebih bervariasi. Sementara gelas plastik yang digunakan dalam musik ini dibunyikan dengan dipukulkan ke arah satu dengan yang lain. 

Body Tjak

Salah satu contoh musik kontemporer Indonesia yang sudah terkenal hingga ke ranah global adalah Body Tjak. Selain karena kreativitasnya, musik kontemporer ini menjadi populer karena ia merupakan sebuah karya seni pertunjukan multikultural.

Dalam Body Tjak, ada beberapa kebudayaan yang digabungkan, termasuk unsur seni dari Bali, Indonesia, dan Amerika. Kebayang kan seberapa keren musik kontemporer ini?

Body Tjak sebagai sebuah masterpiece diproduksi dua kali, yakni Body Tjak 1990 dan Body Tjak 1999. Musik yang satu ini adalah hasil kolaborasi antara 2 musisi berbakat, yaitu I Wayan Dibia dari Bali dan Keith Terry dari California.

Philosophy Gang

Philosophy Gang merupakan salah satu contoh musik kontemporer yang sangat populer dan adalah album perdana dari sebuah grup musik yang dibentuk oleh Harry Roesli, sang komponis dengan talenta brilian dari Indonesia. Grup musik ini dikenal sebagai Harry-Roesli Gang.

Musik kontemporer yang satu ini direkam do Musica Studio’s Jakarta, namun perilisan albumnya dilakukan oleh Lion Records yang berada di Singapura pada 1973. Album ini kembali dirilis dalam bentuk piringan hitam dan CD di tahun 2017.

Kerennya lagi, Philosophy Gang menempati posisi ke-34 dalam daftar “150 Album Indonesia Terbaik” versi Rolling Stone Indonesia pada 2007.

Itu dia beberapa contoh musik kontemporer yang bisa kamu dengarkan. Sambil mendengarkan musik, nge-VELO dulu yuk biar makin gaul!

Related Articles

Leave a Reply