Ini Deretan Ciri-ciri Introvert, Apa Kamu Termasuk?

Seorang introvert kerap dianggap sebagai individu yang pendiam, pemalu dan menarik diri. Umumnya mereka ini tidak suka mencari perhatian atau terlibat dalam interaksi sosial. Karena hal ini membuat tenaga mereka terkuras dan mudah lelah.

Introvert sangat berbeda dengan ekstrovert yang lebih suka berinteraksi secara sosial dan suka kehidupan yang ramai. Mengetahui apakah ciri-ciri introvert atau ekstrovert ada dalam diri kita sangat  sangatlah penting. 

Selain agar bisa mengenal lebih dalam tentang diri sendiri, hal ini cukup efektif untuk bisa memusatkan energi atau mendapatkannya secara tepat.

Ciri-ciri introvert

Penasaran apakah kamu termasuk seorang introvert atau bukan? Yuk simak beberapa ciri-ciri introvert berikut ini.

Lebih suka menghabiskan waktu seorang diri

Ciri-ciri introvert
Source: Min An via pexels.com

Seseorang yang suka menyendiri seringkali dianggap pribadi yang kurang menyenangkan. Mereka ini sering dikaitkan dengan kepribadian yang tertutup, pemurung dan ‘aneh’. Tapi, kesendirian justru membuat seorang introvert mendapatkan energinya.

Apakah hanya sekedar buat bersantai, atau mengerjakan tugas, kesendirian sangat menyenangkan bagi seorang introvert. Tapi bukan berarti seorang introvert akan menyendiri selama 24 jam penuh. Mereka juga tetap berinteraksi dengan orang-orang terdekat, baik keluarga maupun sahabat. 

Kerap merasa lelah saat berada di suasana yang ramai

Meski suka kesendirian, seorang introvert tetap bisa dan mampu berinteraksi secara sosial. Mereka tetap bisa menyenangkan saat berada dalam pesta atau acara, sama seperti para ekstrovert yang suka suasana ramai.

Namun bedanya, para introvert akan lebih cepat lelah dan mereka butuh waktu untuk mengisi ulang kembali energinya dengan menyendiri. Jika kamu melihat seseorang yang menyendiri di suatu pesta atau acara yang ramai, bisa jadi orang tersebut adalah seorang introvert. Ini ciri-ciri introvert yang paling mudah dikenali.

Kurang nyaman bekerja dengan banyak orang

Source: Racool_studio via freepik.com

Jika kamu lebih suka bekerja sendiri dibanding bersama tim dengan banyak personil, ini ciri-ciri kamu seorang introvert. Pasalnya, ketika bekerja seorang diri seorang introvert merasa lebih nyaman dan fokus sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Berbeda dengan ekstrovert yang tidak mampu bekerja seorang diri dan butuh orang lain untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Ini bukan berarti seorang introvert tidak bisa bekerja sama dengan orang lain, mereka tetap bisa bekerja sama dengan tim. Hanya saja, bekerja sendiri akan lebih membuat mereka maksimal.

Memiliki lingkaran pertemanan yang kecil tapi berkualitas

Source: Wayhomestudio via freepik.com

Jangan salah mengira jika lingkaran pertemanan seorang introvert yang kecil sebagai tanda jika mereka tidak bisa berteman atau kurang suka bersosialisasi. Faktanya, mereka juga senang berbicara menjalin pertemanan dan mengenal orang lain. 

Hanya saja, mereka cenderung lebih suka hubungan pertemanan yang berkualitas. Sehingga kadang, mereka tampak tidak punya teman, padahal sebaliknya. Apakah ciri-ciri introvert ini ada pada diri kamu? Bisa jadi kamu seorang introvert. 

Cenderung pemikir

Source: Andrea Piacquadio via pexels.com

Ciri-ciri introvert selanjutnya adalah punya sikap yang cenderung pemikir. Sikap ini membuat mereka terlihat seperti sedang melamun. Tapi sejatinya, mereka sedang membayangkan suatu hal dalam benaknya sebelum memulai aksi atau tindakan tertentu. Hal ini karena seorang introvert memiliki pemikiran batin yang lebih dalam dan aktif. Ini juga lah yang membuat mereka tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan apapun.

Demikian tadi ciri-ciri introvert yang sangat mudah dikenali oleh siapapun. Tanpa perlu pemahaman mendalam tentang introvert, ciri-ciri tersebut sudah mewakili tipe kepribadian tersebut. Kalau kamu, termasuk introvert atau ekstrovert?

Selama menghabiskan waktu sendiri, tak ada salahnya buat mencoba VELO. Produk nikotin bebas tembakau bebas asap, bau dan praktis ini menawarkan sensasi hangat yang menggelitik dengan varian rasa seru banget. Seperti Berry Frost, Tropic Mix dan Polar Mint dengan level nikotin yang bisa disesuaikan. 

VELO bisa jadi teman yang asyik saat kamu sedang sendirian, lho. Cukup pop set and go! Selipkan di antara gusi dan gigi atas, lalu biarkan sensasinya menyebar di mulut. Seru banget!

Perhatian, produk kantong nikotin ini hanya ditujukan khusus untuk pengguna produk nikotin yang sudah berusia lebih dari 18 tahun. Tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui karena dapat mengakibatkan ketergantungan.

Related Articles

Leave a Reply