Ini 7 Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert

Pekerjaan yang Cocok Untuk Introvert – Setiap orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus dan meraih kesuksesannya. Menjadi seorang yang sukses tak selalu harus mereka yang ramah dan pandai bergaul. Seorang introvert pun juga memiliki kualitas yang dapat diunggulkan.

Dan kelemahan yang lekat dengan seorang introvert seperti pendiam, pemalu, atau suka menyendiri menjadi penghambat untuk meraih kesuksesan. Sebetulnya, seorang introvert justru cenderung mandiri, berpikiran mendalam, dan bahkan memiliki skill interpersonal yang sangat baik. 

Pekerjaan yang introvert tak melulu berorientasi pada gaji semata, tapi sesuatu yang lebih bermakna. Karena ada kepuasan tersendiri yang mereka rasakan ketika mengerjakannya. Jika kamu cenderung memiliki kepribadian yang demikian, simak rekomendasi pekerjaan yang cocok untuk introvert selengkapnya.

Pekerjaan yang cocok untuk introvert

1. Terapis atau Konselor 

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Source: Cottonbro via pexels.com

Bekerja sebagai seorang konselor atau terapis memerlukan pemikiran mendalam, serta kemampuan mendengarkan dengan baik dan juga empatik. Hal ini sangat sesuai dengan kepribadian seorang introvert yang cenderung pemikir.

Selain itu banyak juga seorang introvert yang mampu dan berhasil menjalankan profesinya dalam menangani pasien yang mengalami masalah mental. Seperti gangguan kecemasan, depresi, maupun beberapa kondisi seperti ADD, autisme, hingga ADHD.

2. Akuntan

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Source: Karolina Grabowska via pexels.com

Dikutip dari indeed.com, akuntan menjadi salah satu jenis pekerjaan yang cocok untuk seorang introvert. Karena, umumnya pekerjaan ini lebih mengandalkan skill dalam berorganisasi, pengolahan angka dan data tanpa harus berinteraksi atau kolaborasi langsung dengan orang banyak.

3. Peneliti

Source: Chokniti Khongchum via pexels.com

Sebuah penelitian ilmiah memerlukan perencanaan metodologis serta analisis yang mendalam. Ditambah lagi, mereka juga membutuhkan waktu berjam-jam untuk berkutat dengan penelitiannya. Ini bisa jadi gambaran jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert yang sangat suka menggali informasi dan data dalam waktu yang cukup lama. 

4. Interior designer

Pekerjaan yang cocok untuk introvert
Source: ATBO via Pexels.com

Pekerjaan jenis ini sangat sesuai bagi mereka yang memiliki kreativitas dengan visi yang besar. Seorang interior designer selalu fokus untuk menonjolkan estetika sebuah ruangan maupun bangunan. Pekerjaan ini juga memungkinkan seorang introvert untuk bekerja secara individu maupun tim kecil.

5. Fotografer

Source: Andrea Piacquadio via pexels.com

Kreativitas menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki seorang introvert. Sementara bidang fotografi membuat mereka lebih mudah meng-eksplore jiwa artistiknya dengan berbagai cara.

Tak cuma sampai disitu saja, baik menjadi seorang fotografer studio, pernikahan, seni rupa, komersial, dan lain sebagainya, mereka bisa mengatur jadwalnya dengan bebas sesuai keinginan. 

6. Penulis dan Editor 

Source: Vlada Karpovich

Penulis dan editor, dalam menyelesaikan pekerjaan keduanya juga bekerja sendiri tanpa bantuan orang lain. Dari mulai riset keyword, menulis, hingga mengedit hasil tulisan.

Kedua profesi tersebut memungkinkan untuk mengatur jadwal kerjanya sendiri, selama dapat memenuhi tenggat waktu. Selain juga bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Seseorang yang kreatif, hobi menulis, detail-oriented, serta mampu bekerja dalam pengawasan yang minim tentu bisa berkembang di bidang ini.

7. Pustakawan

Source: cottonbro via pexels.com

Pekerjaan yang cocok untuk introvert selanjutnya adalah pustakawan. Pekerjaan ini bukan hanya memiliki tanggung jawab untuk menyimpan dan mengatur tata letak buku di rak perpustakaan. 

Tapi juga turut membantu menyelenggarakan berbagai acara yang diadakan di perpustakaan, hingga membantu orang lain menemukan buku bacaan maupun referensi. Untuk introvert yang juga senang berinteraksi atau social introvert, jenis pekerjaan ini bisa jadi pilihan terbaik yang bisa menjembatani kepribadian tersebut.

Demikian tadi 7 jenis pekerjaan yang cocok untuk introvert. Semua pekerjaan tersebut kebanyakan tidak mengharuskan untuk bekerja dengan banyak orang. Sehingga seorang introvert bisa tetap menikmati kesendiriannya.

Sambil menjalankan aktivitas pekerjaan yang padat, kamu juga bisa nyobain sensasi hangat menggelitik dari produk nikotin VELO. Tersedia dalam berbagai varian rasa yang unik dalam kantong nikotin sekali pakai, VELO bisa dinikmati tanpa asap yang bikin ilfeel. Tinggal selipkan di antara gigi dan gusi atas, lalu nikmati sensasinya menyebar dan meledak di mulut. Wow banget!

Related Articles

Leave a Reply