Ingin Liburan Tapi Budget Minim? Simak 10 Tips Backpacker ke Luar Negeri Bagi Pemula Ini

Siapa sih yang tidak ingin liburan ke luar negeri? Sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa liburan ke luar negeri butuh uang yang sangat banyak. Kamu yang ingin liburan ke luar negeri namun dengan budget minim bisa  tetap liburan ke luar negeri dengan cara backpacker kok.

Jika kamu berniat backpacker ke luar negeri, pastikan kamu menyiapkannya jauh-jauh hari. Dalam artikel ini, kamu akan menemukan tips lengkap backpacker ke luar negeri sekalipun kamu masih pemula. Yuk, simak info lengkapnya berikut ini!

  1. Jangan Lelah Berburu Promo

Jika kamu sudah berniat untuk liburan ala backpacker, maka kamu tidak boleh lelah untuk berburu promo, terutama promo tiket pesawat. Mendapatkan tiket murah saat ada promo akan memangkas biaya liburan cukup besar lho. Namun kamu harus tahu bahwa berburu promo kadang tidak mudah.

Kamu harus rajin-rajin membuka website penyedia tiket pesawat atau langsung mengunjungi situs resmi maskapai yang bersangkutan. Yang terpenting, jangan mencari tiket pesawat saat mendekati musim liburan, karena dijamin akan sulit bagimu untuk mendapatkan promo saat peak season.

  1. Beli Tiket Pesawat yang Murah

Selain harus aktif mencari promo, kamu juga harus membeli tiket pesawat yang murah. Ingat bahwa budget yang kamu miliki terbatas sehingga segala pengeluaran harus kamu perhitungkan dengan baik. Para backpacker biasanya memilih tiket di kelas ekonomi karena lebih murah dibandingkan dengan kelas lainnya. Selain itu, pemilihan maskapai juga penting lho. Bandingkan harga antara satu maskapai dengan yang lain sebelum memutuskan untuk membeli tiketnya.

  1. Cari Penginapan Low Budget

Selain tiket pesawat, hal penting lain yang harus diperhatikan saat backpacker ke luar negeri adalah penginapan. Tidak hanya nyaman, penginapanmu juga harus murah. Untungnya di luar negeri banyak penginapan dengan model dorm atau asrama, dimana kamu bisa berbagi kamar dengan 2 sampai 4 orang lain sehingga harganya lebih murah. Jangan salah, kamu juga tetap bisa mendapatkan penginapan yang nyaman dan bersih dengan harga miring kok.

Namun model penginapan seperti ini sering penuh saat mendekati musim liburan, sehingga ada baiknya kamu melakukan pemesanan sejak jauh-jauh hari. Jangan lupa untuk membaca ulasan dari pelanggan sebelumnya agar kamu bisa mendapatkan gambaran yang nyata dan tidak tertipu saat memesan tempat untuk menginap.

  1. Persiapkan Dokumen Penting Jauh-Jauh Hari

Saat kamu sudah mendapatkan tiket dan penginapan, bahwa sudah menyusun itinerary selama liburan, jangan sampai ada yang terlewat. Siapkan dokumen penting seperti visa liburan yang tidak bisa kamu dapatkan secara mendadak. Dokumen-dokumen semacam ini sangat penting jika Anda liburan ke luar negeri. Oleh karena itu, pastikan semuanya sudah lengkap sebelum kamu berangkat ya!

Yang tidak kalah penting, kamu harus menjaga agar semua dokumen tersebut tetap aman selama kamu liburan. Kamu pasti tahu bahwa turis sering menjadi sasaran tindak kejahatan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. 

  1. Cari Referensi Perjalanan Backpacker di Internet

Sekalipun kamu akan pergi bersama dengan teman-temanmu, tetap saja perjalanan ke luar negeri harus dipersiapkan dengan baik. Apalagi jika kamu masih pemula. Cari referensi tentang backpacker ke negara tujuanmu. Mulai dari destinasi wisata gratis, biaya transportasi, hingga budget yang harus disiapkan untuk makanan. 

Setelah kamu membaca rekomendasi tersebut, susun rencana perjalananmu sendiri supaya tidak ada waktu yang terbuang percuma selama kamu liburan. Dengan begini, perjalananmu akan lebih nyaman dan menyenangkan.

  1. Perhatikan Aturan Saat di Tempat Umum

Backpacker ke luar negeri, itu artinya kamu akan banyak menghabiskan waktu dengan menjelajah tempat umum. Jangan hanya menikmati keindahannya saja, ikuti juga aturan yang diberlakukan oleh setiap negara saat berada di tempat umum, khususnya larangan merokok.

Negara seperti Singapura, Kanada, Jepang, Amerika Serikat, dan masih banyak lagi melarang keras merokok di tempat-tempat umum. Buat kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas, dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui, ada cara baru menikmati nikotin yang tidak mengganggu kenyamanan orang lain. VELO merupakan kantong nikotin tanpa tembakau pertama di Indonesia yang sudah tersedia dalam berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih sesuai selera. Produk buatan Swedia ini membuatmu tetap bisa merasakan sensasi hangat nikotin di sela-sela aktivitas. Sisipkan satu kantong nikotin di sela gusi dan mulut bagian atas, lalu rasakan sensasi kenikmatannya selama 20 sampai 30 menit. Tanpa asap dan tanpa bau, sehingga tidak akan mengganggu kenyamanan orang di sekitar. 

  1. Jangan Lupa Belajar Bahasanya!

Tips backpacker berikutnya untuk kamu yang berencana liburan ke luar negeri adalah mempelajari bahasa dan beberapa kalimat sehari-hari yang sering digunakan oleh penduduk asli negara tersebut. Terlebih jika kamu pergi ke negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris. Ada baiknya kamu mempelajari bagaimana cara mereka memesan makanan, bertanya tentang arah jalan, serta menawar barang.

Hal-hal yang mendasar ini akan sangat berguna lho. Apalagi jika kamu bisa berinteraksi layaknya warga setempat, mungkin saja kamu akan mendapatkan diskon saat membeli makanan atau oleh-oleh yang dibawa pulang.

Kamu juga harus memastikan kondisimu tetap fit selama liburan. Jangan lupa bawa vitamin dan obat-obatan dasar dari rumah. Kamu juga bisa membawa beberapa makanan untuk mengganjal perutmu selama backpacker ke luar negeri. Hal-hal kecil seperti ini tanpa disadari akan membuatmu semakin berhemat.

Itu dia berbagai tips backpacker ke luar negeri buat kamu yang masih pemula. Setelah membaca artikel ini, kamu tahu bahwa kamu tetap bisa traveling ke luar negeri di tengah keterbatasan budget yang kamu miliki. Wujudkan impian untuk backpacker ke luar negeri dengan perencanaan yang matang!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply