Hobi Bersepeda? Kenali 5 Jenis Sepeda dan Cara Merawatnya

Menjaga kesehatan adalah sesuatu yang sangat penting. Di masa modern ini, ada beragam cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk menjaga tubuh tetap sehat. Mulai dari menyantap makanan bergizi, mengkonsumsi multivitamin, dan berolahraga. Salah satu jenis olahraga yang paling populer adalah bersepeda.

Komunitas bersepeda kini banyak ditemukan di kota-kota besar di Indonesia. Anggota klub sepeda ini juga berasal dari berbagai kalangan lho. Mulai dari pekerja kantoran, pria paruh baya, anak muda, hingga ibu rumah tangga. Kegiatan bersepeda banyak dilakukan di akhir pekan ketika para pekerja kantoran libur.

Tidak jarang mereka membawa sepeda ke area CFD atau car free day yang ada di kota tersebut. Nah, jika kamu tertarik untuk bersepeda juga, ada baiknya kamu kenali dulu jenis-jenis sepeda yang dijual di pasaran. Dalam artikel ini, kamu juga akan menemukan tips merawat sepeda agar awet dan tahan lama. Simak yuk!

Jenis-Jenis Sepeda yang Bisa Digunakan untuk Bersepeda

Berikut 5 jenis sepeda yang dijual di pasaran dan digunakan banyak orang untuk berolahraga.

  1. Sepeda Lipat

Sepeda lipat mungkin adalah jenis sepeda yang paling banyak digunakan saat ini. Modelnya yang cenderung praktis, mudah disimpan, dan muda dibawa kemana saja membuat sepeda lipat digandrungi oleh semua orang. 

Bayangkan saja, kamu bisa membawa sepeda lipatmu saat menaiki transportasi umum, membawanya ke dalam ruangan kantor, dan meletakkannya di bawah meja kerja. Kapan saja dan di mana saja kamu ingin mengendarai sepeda jadi lebih mudah bukan? Sepeda lipat sangat cocok digunakan pada jalanan kota yang mulus. Karena sepeda ini dirancang untuk kegiatan bersepeda yang ringan, jangan gunakan sepeda lipat saat menempuh medan yang terjal.

  1. Sepeda Gunung

Sepeda gunung juga dikenal dengan nama mountain bike atau MTB. Sepeda ini dirancang untuk menghadapi medan berat dan terjal seperti pegunungan. Kamu yang hobi menantang medan sulit cocok banget dengan sepeda jenis ini. Sepeda gunung sendiri diperkenalkan pertama kalinya di tahun 1970 di arena perbukitan yang ada di kota San Fransisco.

Berbeda dengan sepeda lipat yang praktis, sepeda gunung punya ciri khas yang membedakannya dengan sepeda lain dalam sekilas pandang saja. Rangka sepeda gunung terbuat dari pipa berukuran besar sehingga terlihat lebih kokoh dan kuat. Ukuran rodanya cukup besar, yaitu 26 inch dengan tapak lebar.

Ban sepeda gunung juga bukan ban sembarangan, melainkan mampu mencengkeram batu dan tanah di area pegunungan. Sepeda gunung masih dibedakan menjadi beberapa jenis lagi, disesuaikan dengan tingkat kesulitan medan yang akan dihadapi.

  1. Sepeda Balap

Bersepeda bukan sekedar hobi, namun dilombakan secara profesional setiap tahunnya di seluruh dunia. Turnamen balap sepeda yang paling terkenal tentu saja adalah Tour de France. Berbeda dengan sepeda biasa, sepeda yang digunakan para atlet didesain khusus untuk perlombaan.

Sepeda balap bisa melaju dengan kecepatan tinggi karena bobotnya lebih ringan dibandingkan sepeda lain. Tanpa dilengkapi shock breaker, sepeda balap bisa melaju hingga 60 km/jam!

Ciri khas sepeda balap ada pada bagian setirnya. Setir sepeda balap biasanya melengkung ke bawah di bagian ujung supaya pembalap bisa merendahkan tubuhnya untuk mencapai aerodinameter ideal. Ada tiga jenis sepeda balap yang dikenal yaitu endurance, lightweighter, dan aero.

  1. Sepeda Hybrid

Kalau sepeda yang satu ini adalah gabungan dari sepeda gunung dan sepeda balap. Jika kedua sepeda sebelumnya punya spesialisasi masing-masing, maka sepeda hybrid ini lebih mudah dikendarai dan bisa melaju dengan mulus di jalan raya beraspal. 

Rangka sepeda ini sangat mirip dengan sepeda gunung, serta dilengkapi dengan shock breaker pada roda bagian depan. Namun ukuran diameter pipa dan roda dibuat sama dengan sepeda balap, yaitu 27 inch. Ban sepeda hybrid juga memiliki tekstur yang lebih lebar dari sepeda balap.

  1. Sepeda BMX

Sepeda BMX juga menjadi salah satu jenis olahraga profesional yang sangat diminati di seluruh dunia. Bahkan sejak tahun 1960-an, sepeda BMX sudah sangat populer di California, Amerika Serikat.

Atraksi seru sekaligus menegangkan  yang bisa menghibur para penontonnya adalah hal yang paling ditunggu dari para penunggang sepeda ini. Tidak ketinggalan, banyak juga lho anak muda Indonesia yang menggandrungi sepeda BMX.

Saking populernya sepeda BMX, pada tahun 2016 lalu pada ajang Olimpiade Rio, Indonesia mengirimkan satu atlet profesional yang bertanding dalam seri BMX SX.

Cara Merawat Sepeda Agar Awet dan Tahan Lama

Kalau kamu sudah punya sepeda atau masih berencana ingin membeli sepeda, pikirkan juga bagaimana merawatnya dengan baik. Jangan hanya sekedar bersepeda, kamu juga harus rajin mengecek tekanan bannya. Jangan terlalu kempes, tetapi juga jangan terlalu keras. 

Kamu juga harus rajin mencuci sepeda terutama setelah digunakan, kemudian memberikan pelumas pada rantainya supaya laju sepeda tetap mulus. Terakhir, jika kamu punya sepeda lipat, maka pastikan sambungannya terawat dengan baik.

Itu dia informasi tentang berbagai jenis sepeda buat kamu yang punya minat bersepeda. Agar semakin seru, kamu bisa mengajak sahabat dan keluarga tercinta untuk bersepeda bersama-sama. Tapi ingat ya, selalu jaga keselamatan. Terlebih lagi jika kamu bersepeda di jalan raya.

Pastikan kamu tidak melenceng dari jalur khusus dan malah mengganggu pengguna jalan lainnya. Yang tidak kalah penting, lakukan pemanasan ringan sebelum bersepeda untuk menghindari cedera otot yang tidak diinginkan.
Bukan hanya masalah keselamatan saja yang penting, tetapi juga kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Jangan merokok sembarangan selama bersepeda. VELO, kantong nikotin pertama di Indonesia yang ditujukan hanya untuk kamu yang sudah 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui yang menghadirkan alternatif menikmati nikotin dengan cara baru tanpa menimbulkan asap. Tersedia dalam 4 varian rasa berbeda yaitu Exotic Clove, Polar Mint, Tropic Mix, dan Berry Frost.

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply