Apa itu Hip Hop Dance? Mengenal Gaya dan Trend-nya

Hip hop dance berkembang berkat tren yang diinisiasi oleh masyarakat Afro-Amerika di US. Inisiatif dari muda-mudi kota New York yang ingin mengungkapkan keluh kesahnya melalui karya. Maka lahirlah budaya hip hop yang bertahan hingga sekarang. Salah satu yang paling kentara adalah musik, fashion, dan tarian (dance).

Khusus untuk dance, hip hop juga punya basis komunitas yang cukup besar. Dance yang kita kenal biasanya ialah breakdance. Sebuah tarian yang turut digelar kompetisinya hingga tingkat internasional. Semasif inilah perkembangannya hingga membuat fans dari seluruh penjuru dunia (termasuk Indonesia) selalu berkarya.

Dalam topik kali ini, kita akan lebih fokus membahas tentang hip hop dance. Mulai dari awal mula sejarahnya hingga elemen-elemen yang ada pada tarian breakdance ini. Penasaran seperti apa ulasannya? Scroll terus ke bawah ya..

Awal Mula Hip Hop Dance

Tarian hip hop turut berkembang seiring dengan sejarah hip hop pada masa emasnya kala itu. Dimulai sejak 1970-an, pemuda Afro-Amerika dan Amerika Latin bersatu untuk menyuarakan keluh kesahnya terhadap keadilan yang masih condong ke salah satu pihak. Lahirlah karya-karya yang magis meliputi musik, fashion, hingga dance.

Khusus untuk dance, orang-orang mengenalnya dengan istilah breakdance. Salah satu yang paling kentara ialah moonwalk khas Michael Jackson. Gerakan ini disusul dengan tren tarian gaya robot alias patah-patah. Bermula dari situlah, akhirnya muncul gerakan-gerakan yang atraktif dan sedikit kasual dinamakan hip hop dance.

Hingga sekarang, peminat tarian hip hop terus meningkat dari masa ke masa. Hal ini juga tak lepas dari tren hip hop yang makin menjadi-jadi. Apalagi di Indonesia, juga turut menyumbang talenta seperti Agnez Mo dan Rich Brian serta beberapa nama lain di kancah internasional. Makin banggalah kita untuk ikut serta dalam budaya kekinian ini.

Elemen Tarian Hip Hop Dance

Dalam menari hip hop, ada beberapa elemen penting yang wajib ada. Di antaranya ialah top rocks, down rocks, power move, freeze, dan penutup.

Top Rocks

Gerakan pembuka pada tarian breakdance. Bisa dimulai dengan badan yang masih di lantai, lalu bangun perlahan sesuai dengan irama musik yang mengiringi. Gaya ini dipakai untuk pemanasan sebelum atraksi dimulai.

Down Rocks

Atraksi yang digelar pada lantai, melibatkan kaki dan tangan yang saling mengisi gerakan. Atraksi lantai biasanya berputar-putar, meletakkan kaki di atas kepala, dan gerakan-gerakan akrobatik lainnya.

Power Move

Merupakan atraksi puncak yang membutuhkan keseimbangan serta kekuatan. Biasanya akan ada atraksi seperti butterfly kick. Gerakan kedua kaki melayang dan hanya bertumpu pada satu tangan.

Freeze

Sekian detik saat power move, biasanya akan ada jeda untuk berhenti. Di sinilah momen freeze yang dimaksud. Saat menunjukkan atraksi yang memukau, penari akan memberi jeda dan membiarkan para penonton bertepuk tangan.

Breaker

Setelah freeze, barulah ada anti-klimaks yang dinamakan breaker. Merupakan tarian penutup yang mengakhiri atraksi. Perlu adanya keterampilan untuk menahan badan agar tidak terbentur di lantai yang mengakibatkan cedera.

Begitulah tari breakdance alias hip hop dance berkembang dari nol hingga sebesar sekarang. Bahkan sampai dikenal dan tetap lestari hingga ke seluruh penjuru bumi, termasuk tanah air Indonesia. Bermula dari nongkrong dan menyamakan frekuensi ngobrol, menjadi sebuah karya yang membawa perubahan besar.

Hal positif inilah yang diharapkan bisa kita tiru dari kegiatan nongkrong. Bertukar pikiran sambil sebats. Tapi jika kamu tidak merokok, nongkrong akan tetap seru dengan Kantong VELO. Kantong nikotin yang dapat dinikmati dengan pop-set-go, lalu tunggu 20-30 menit hingga sensasinya terasa. Sudah deh, kamu bisa sambil melakukan aktivitas apa saja~

Ifan Prasya
Karena belajar bisa dari mana aja.

Related Articles

Leave a Reply