Harga Tes TOEFL Mahal? Simak 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan

Di kalangan masyarakat Indonesia, tes TOEFL sangat terkenal karena banyak dijadikan persyaratan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri atau mendapatkan pekerjaan tertentu. Namun, ada 1 hal yang membuat banyak orang ragu untuk menjalani tes TOEFL.

Apalagi kalau bukan masalah biaya. Harga yang harus dibayar untuk satu kali tes TOEFL tidak murah lho. Tergantung dari jenis tes apa yang dijalani, harga tes TOEFL yang harus dibayar juga tidak sama. Yang paling murah adalah TOEFL ITP, yaitu sekitar Rp 500 ribuan saja.

Sayangnya, sertifikat TOEFL ITP tidak bisa digunakan di luar negeri. Kegunaannya hanya terbatas di dalam negeri atau untuk instansi tertentu saja seperti lingkup universitas. Namun jika kamu ingin mengikuti tes TOEFL IBT, biayanya bisa mencapai Rp 3 juta. Sertifikat TOEFL IBT bisa digunakan di luar negeri dan diterima oleh semua universitas di seluruh dunia.

Dengan harga semahal itu, keuntungan yang kamu dapatkan juga sebanding. Ini dia yang membuat tes TOEFL tetap layak diikuti meski harganya mahal.

1. Membuka kesempatan yang lebih luas lagi

Tidak bisa dipungkiri, tes TOEFL membuka kesempatan yang lebih luas bagi kamu. Tes TOEFL bahkan bisa menjadi “tiket” khusus yang akan membawa kamu keliling dunia. Skor yang kamu dapatkan melalui tes TOEFL dapat dijadikan salah satu pendukung untuk mendapatkan beasiswa dari universitas di luar negeri atau melamar pekerjaan di perusahaan mancanegara.

2. Menambah nilai jual di dunia kerja

Mencantumkan skor TOEFL atau menyebutkannya saat wawancara kerja bisa menambah “nilai jual” di mata pewawancara. Mampu berbahasa Inggris kini menjadi syarat wajib hampir semua perusahaan terkemuka di Indonesia. Skor TOEFL tentu saja bisa menjadi bukti sah atas kemampuanmu ini. Apalagi kalau tes TOEFL yang kamu ikuti adalah jenis tes yang bisa diterima di seluruh dunia. Dijamin tidak akan ada yang meragukan skill bahasa Inggrismu deh!

3. Mengukur kemampuan bahasa Inggris

Meskipun kamu sedang tidak melamar pekerjaan atau mencari beasiswa, tidak ada salahnya juga lho ikut tes TOEFL. Di luar harga tes TOEFL yang mahal, kamu bisa tahu kemampuan bahasa Inggrismu setelah mengikutinya. Jika dalam jangka panjang kamu berpikir untuk melamar kerja di luar negeri atau melanjutkan pendidikan di luar negeri, tentu hal ini sangat berguna sekali bukan?

4. Jaminan layanan dari lembaga profesional

Tidak sembarang lembaga bisa mengadakan tes TOEFL. Terlebih lagi TOEFL jenis IBT yang pelaksanaannya diawasi langsung oleh lembaga pusat TOEFL di New Jersey. Layanan profesional yang terjamin inilah yang menjadi salah satu penyebab mahalnya ongkos yang harus kamu keluarkan untuk satu kali tes TOEFL. 

5. Sertifikatnya berlaku selama beberapa tahun

Setelah kamu mendapatkan sertifikat tes TOEFL, kamu masih bisa menggunakannya hingga 2 tahun ke depan. Sertifikat tersebut diakui secara internasional dan bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari melamar pekerjaan atau daftar ke universitas. Bayangkan saja, untuk harga yang harus dibayar di awal tes, kamu bisa menggunakannya untuk jangka waktu yang cukup lama.


Harga tes TOEFL boleh mahal, tapi setelah melihat sederet keuntungan yang bisa kamu dapatkan, tentu uang yang dikeluarkan juga tidak akan sia-sia bukan? Kalau saat ini kamu belum punya budget yang cukup untuk ikut tes TOEFL, sambil menunggu uang terkumpul yuk asah kemampuan bahasa Inggrismu dulu!

Indah Ariviani
Indah is an experienced writer specializes in lifestyle, design, and finance, who occasionally lost in her imaginations.

Related Articles

Leave a Reply