Hal Yang Dilakukan Saat Bosan Secara Kreatif Agar Tetap Produktif

Apa situasi yang muncul di benak kalian saat mendengar kata bosan? Kalau kata anak jaman sekarang “gabut”. Situasi bosan akan muncul ketika kalian sedang melakukan aktivitas atau tidak sedang terbaring diatas tempat tidur. Apa ya hal yang dilakukan saat bosan?

Aneh juga, bagaimana bisa sedang rehat tetapi merasakan bosan? Tentu saja bisa, bosan dapat terjadi di semua kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa.

Hal ini dapat diartikan dalam makna bosan menurut KBBI adalah tidak merasa nyaman untuk melakukan suatu kegiatan secara terus menerus. Jadi, siapapun yang mudah bosan, maka mereka sedang berada di suatu fase yang sama, baik dalam pekerjaan atau rutinitas lainnya.

Tetapi, bosan bukanlah hal yang selalu menyebalkan loh, karena menurut penelitian yang dilakukan, ternyata rasa bosan dapat memicu seseorang menjadi lebih kreatif, dalam upaya menghilangkan perasaan tersebut.

Biasanya saat sedang bosan, orang-orang akan melakukan kegiatan agar dapat terlepas dari perasaan tersebut. Seperti bermain handphone, berolahraga, menggambar, bahkan memasak.

Selain kegiatan tersebut, ada 7 hal yang dilakukan saat bosan secara kreatif sebagai rekomendasi kegiatan kamu berikut ini.

Merajut atau Menyulam

hal yang dilakukan saat bosan
Photo by Marília Castelli on Unsplash

Tahukah kamu jika proses merajut dapat merelaksasi serta menurunkan detak jantung? Hal ini dibuktikan oleh penelitian Harvard Medical School pada tahun 2007.

Aktivitas yang dilakukan oleh Nam Do San saat sedang bosan ini bisa jadi pilihan kreatif untuk kamu lakukan. Walaupun kegiatan ini biasanya dijadikan hobi oleh wanita, tetapi siapapun dapat mencobanya.

Kegiatan merajut juga bermanfaat dalam peningkatan suasana hati kamu, menjaga kesehatan mental, karena saat merajut akan terjadi pelepasan serotonin yang membuat hati kamu tenang dan bahagia.

Bermain Puzzle

hal yang dilakukan saat bosan
Photo by Ross Sneddon on Unsplash

Kegiatan yang pernah kamu lakukan semasa kecil ini akan terasa menyenangkan saat dimainkan kembali oleh orang dewasa. Saat kamu sedang bosan, kamu bisa membeli puzzle dan menyelesaikan kepingan puzzle tersebut sembari mengalihkan perhatian ke hal yang baru.

Pasalnya, penelitian telah menemukan sebuah fakta bahwa saat menyusun puzzle, akan memberikan manfaat secara psikologis, meningkatkan produktivitas kerja, sebagai media meditasi, dan memberikan ketenangan pada otak.

Nah, dengan beberapa manfaat bermain puzzle tersebut, kamu akan dengan mudah mengatasi kebosanan.

Melukis Jadi Hal Yang Dilakukan Saat Bosan

hal yang dilakukan saat bosan
Photo by Alice Dietrich on Unsplash

Kamu tidak perlu menjadi pelukis atau memiliki bakat menggambar terlebih dahulu, sebelum melakukan kegiatan melukis. Aktivitas ini bisa menjadi hal yang dilakukan saat bosan secara kreatif, pasalnya melukis melukis dapat digunakan sebagai media untuk menuangkan isi hati dan pikiran kamu.

Proses melukis juga akan membuat kamu merasa bahagia dan bangga atas karya yang kamu buat. Tips yang bisa kamu lakukan jika ingin belajar melukis adalah dengan mengikuti kursus secara online, atau melihat panduan sederhana melalui Youtube.

Ketika kamu sudah mulai mengekspresikan perasaan di atas kanvas secara rutin, maka hal itu akan bermanfaat untuk meningkatkan memori dan mengasah kreativitas.

Mendekorasi Ruangan Penghilang Kebosanan

hal yang dilakukan saat bosan
Photo by Lex Sirikiat on Unsplash

Terkadang, kamu akan merasakan bosan secara terus menerus saat melakukan aktivitas yang sama. Kamu dapat menyiasatinya dengan mengubah suasana di ruangan kerja atau kamar sudah sangat membosankan untuk dilihat.

Nah, ini bisa jadi hal yang dilakukan saat bosan secara kreatif yaitu dengan mendekorasi ulang ruangan kamu, seperti mengganti warna cat dinding, membeli perlengkapan dekorasi yang unik, agar kamu merasa betah dan bersemangat setiap beraktivitas di ruangan tersebut.

Kamu tidak bisa memaksakan hal-hal yang diluar kontrol, seperti sedang merasakan bosan. Akan tetapi, kamu bisa mencari cara untuk melakukan kegiatan yang kreatif agar mendapatkan suasana yang baru.

Rekomendasi aktivitas di atas, dapat kamu lakukan secara mudah, kapanpun dan dimanapun. Hal ini juga sama dengan menggunakan VELO saat kamu merasa jenuh atau bosan, karena VELO adalah kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang ditujukan untuk kamu yang sudah berusia 18 tahun ke atas dan pengguna produk yang mengandung nikotin, bukan perempuan hamil atau menyusui. Berbagai varian rasanya bisa kamu pilih sesuai selera.

Selain itu, VELO bisa dinikmati dengan nyaman kapan saja dan di mana saja tanpa khawatir mengganggu orang lain.

.  

Frista Kurniasari
Talented professional good multitasking, organizational and verbal and written communication skills. Expertise includes writing content on topics such as Lifestyle, Humanity, Education and Travel.

Related Articles

Leave a Reply