Hal-Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Saat Melakukan Pengiriman Barang ke Luar Negeri

Saat kamu menjalankan sebuah bisnis, tentunya kamu ingin bisnismu berkembang dan dapat menjangkau pasar yang luas. Jika bisnismu berupa jualan produk dan pasarmu sudah sampai ke tingkat internasional, tentu ada saat-saat di mana kamu harus mengirimkan barang ke luar negeri. 

Pengiriman barang ke luar negeri dan dalam negeri tentu berbeda alurnya. Banyak orang kerap menganggap pengiriman ke luar negeri selalu ribet dan biayanya sangat mahal. Apakah benar demikian?

Namun, mau tidak mau, jika bisnis ingin berkembang, pengiriman barang ke luar negeri harus tetap dilakukan. Sayangnya, banyak pelaku bisnis di Indonesia, terutama pemilik bisnis online shop, masih merasakan kebingungan tentang bagaimana langkah awal yang perlu diambil untuk mengirimkan barang ke luar negeri.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebagai langkah awal melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Cekidot!

Cari tahu aturan pengiriman barang ke negara tujuan

Setiap negara memiliki regulasi yang berbeda-beda terkait pengiriman barang, terutama untuk kepentingan bisnis. Langkah pertama yang wajib kamu lakukan adalah mencari tahu apa saja regulasi yang berlaku di negara tujuan barangmu akan dikirim.

Hal ini bertujuan agar barang-barang yang kamu kirim ke luar negeri dapat diterima di tempat tujuan dengan baik. Karena nyatanya, ada beberapa negara yang membatasi atau bahkan tidak mengizinkan barang tertentu untuk masuk. Bisnismu akan rugi jika ternyata barang yang kamu kirimkan tertahan di pihak tertentu tanpa sampai ke tangan konsumen. 

Nah, kalau kamu sudah tahu regulasinya yang benar, bisnismu tidak akan mengalami kerugian!

Pastikan kondisi barang yang kamu kirimkan baik

Salah satu hal yang membuat pelanggan percaya kepada kita adalah kualitas barang yang terpercaya. Cara pengemasan juga masuk dalam kategori ini.

Nah, agar paket yang kamu kirimkan tetap aman dan terjaga kualitasnya, kamu harus mengemas barang tersebut sebaik mungkin. Tambahkan pelindung barang yang memadai, seperti bubble wrap atau bila perlu dengan packing kayu. Jika barang yang kamu kirimkan adalah barang pecah belah, sebaiknya tambahkan stiker fragile. Dengan cara ini, pengiriman barang ke luar negeri yang kamu lakukan akan menjadi lebih aman.

Cari tahu tarif pengiriman barang ke luar negeri

Jika dua langkah sebelumnya telah kamu lakukan, maka sudah saatnya kamu mencari tahu tarif pengiriman barang ke luar negeri yang sesuai dengan budget-mu. Cara ini dapat dilakukan dengan mengunjungi langsung situs-situs jasa ekspedisi yang melayani pengiriman barang ke luar negeri. Sesuaikan jenis barang dan berat barang yang ingin kamu kirimkan dan cari negara tujuannya. Amati jasa ekspedisi mana yang menurutmu paling cocok. 

Cari jasa ekspedisi yang terpercaya

Jika kamu sudah cocok dengan jasa ekspedisi tertentu karena harganya terjangkau, pastikan juga kualitasnya terjamin. Sebagai seorang pelaku bisnis, kamu tentu harus bijak dalam memilih. Informasi mengenai kualitas sebuah perusahaan ekspedisi dapat kamu cari tahu dari berbagai sumber, seperti situs resmi perusahaan, testimoni pelanggan, media sosial, berbagai pemberitaan, dan sebagainya. Jangan sampai kamu memiliki jasa ekspedisi terjangkau namun kualitasnya kurang baik.

Gunakan jasa ekspedisi yang menawarkan akses yang mudah

Hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat ingin melakukan pengiriman barang ke luar negeri adalah jasa ekspedisi yang menawarkan transparansi dan akses yang mudah. Pastikan jasa ekspedisi yang kamu pilih menyediakan fitur live tracking. Dengan fitur tersebut, kamu bisa tahu posisi barang yang kamu kirimkan ada di mana. 

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Sudah siap melakukan ekspansi bisnis?

Related Articles

Leave a Reply