Gurun terluas di Cina adalah Gurun Taklamakan, Berikut Faktanya!

Kamu mungkin sudah pernah mendengar beberapa nama gurun pasir yang sangat luas di dunia, seperti Gurun Sahara, Gurun Arab, Gurun Kalahari, dan sebagainya. Di hampir semua benua memang ada gurun pasir, namun kebanyakan gurun pasir di bumi ternyata berada di wilayah Asia dan Afrika lho!

Sekarang mari kita berbicara tentang Cina. Apa yang kamu bayangkan saat mendengar nama negara ini? Pilar-pilar berwarna merah? Panda? Bambu? Atau tembok raksasa? Yep, semua keunikan-keunikan itu memang ada di sana.

Namun, ada hal unik lainnya yang bisa kamu temukan di Cina, lho, yakni gurun pasir. Gurun terluas di Cina adalah Gurun Taklamakan.

Gurun Taklamakan sendiri berada di wilayah  Uighur Xinjiang, yakni di sebelah barat laut Tiongkok. Gurun pasir yang satu ini terbentur hingga 960 km dari arah barat ke timur. Total luasnya mencapai 320.000 km persegi. Luas banget kan?

Nama gurun terluas di Cina ini mungkin masih jarang terdengar di telingamu. Oleh karena itu, yuk cari tahu apa saja fakta-fakta unik tentang Gurun Taklamakan dalam artikel di bawah ini!

Gurun Taklaman adalah Laut Kematian

Nama Gurun Taklamakan sering dikaitkan dengan sebuah legenda terkenal dari negeri Cina. Berdasarkan legenda tersebut, orang-orang percaya bahwa siapapun yang masuk ke wilayah Gurun Taklamakan, ia tidak akan pernah bisa keluar lagi dari wilayah tersebut. Legenda inilah yang menjadi awal mengapa Gurun Taklamakan kerap dijuluki sebagai Laut Kematian. 

Jadi diceritakan bahwa zaman dulu ada makhluk gaib yang ingin membantu masyarakat di wilayah sana untuk keluar dari kesusahan yang mereka alami. Ia memiliki dua benda yang sangat sakti, yakni kunci emas dan kapak emas.

Kunci emas yang ia miliki rencananya diberikan pada bangsa Uighur. Tujuannya adalah untuk membuka rumah harta karun yang berada di Lembah Tarim.

Sementara itu, rencananya kapak emasnya diberikan kepada Bangsa Kazakh. Tujuannya agar mereka bisa membelah Gunung Altai untuk mengalirkan air dari pegunungan tersebut ke ladang masyarakat.

Namun, putri bungsu dari makhluk gaib tersebut kehilangan kuncinya. Karena sang makhluk gaib marah, ia pun menahan putrinya di Lembah Tarim yang saat ini membentuk Gurun Taklamakan.

Terdapat salju di Gurun Taklamakan

Gurun Taklamakan sendiri dikenal sebagai gurun pasir yang paling hangat dan kering di wilayah Tiongkok. Namun pada musim dingin, gurun pasir yang satu ini memiliki suhu yang sangat rendah, bahkan pernah mencapai hingga -32 derajat Celcius. 

Oleh karena itu, pada tahun 2008, Gurun Taklamakan ditutupi oleh salju dengan ketebalan hingga 3,8 cm. Tentu saja ini merupakan pemandangan yang sangat langka!

Penemuan mumi di Gurun Taklamakan

Kamu mungkin pernah mendengar penemuan mumi di berbagai gurun pasir, terutama wilayah Afrika. Namun bagaimana dengan mumi yang ditemukan di wilayah Tiongkok?

Pada 1980-an, terdapat penemuan mumi di daerah Gurun Taklamakan. Mumi yang ditemukan tersebut memiliki fisik seperti orang Eropa, sama sekali tidak mirip dengan rupa fisik orang Tiongkok. 

Oleh karena itu, para arkeolog menarik kesimpulan bahwa mumi-mumi yang ditemukan di Gurun Taklamakan mungkin dulunya merupakan warga peradaban kuno yang letaknya berada di antara wilayah Eropa dan Tiongkok. 

Itulah beberapa fakta yang bisa kamu ketahui mengenai Gurun Taklamakan, gurun terluas di Cina. Sambil lihat-lihat foto Gurun Taklamakan di internet, tidak ada salahnya kamu menikmati Velo. Kalau usiamu sudah 18 tahun ke atas, kuy santai bersama Velo!

Related Articles

Leave a Reply