Green Canyon Karawang, Surga Tersembunyi di Pedalaman Karawang

Pangandaran bukan cuma satu-satunya daerah di Jawa Barat yang memiliki Ngarai atau canyon. Di Kampung Tonjong Roke, Kabupaten Karawang, tepatnya di daerah ujung selatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor, ada satu Ngarai yang disebut Cukang Taneuh. 

Menurut keterangan penduduk sekitar, green canyon Karawang ini terbentuk dari erosi tanah akibat aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun. Mereka menyebutnya sebagai Green Canyon Ciomas.

Jika dilihat lokasinya, green canyon ini berukuran jauh lebih kecil dibanding green canyon yang ada di Pangandaran. Kendati begitu, pesona alamnya tidak kalah cantik.

Green Canyon Karawang

Green Canyon Karawang
Image source: udaindra.blogspot.com

Objek wisata green canyon ini memiliki panjang sekitar 100 meter dengan dihiasi tebing tebing hijau setinggi kurang lebih 10 meter di kedua sisi sungai dan tebing bebatuan. Tempatnya masih cukup terawat, sehingga cocok untuk dijadikan tujuan wisata alam.

Awalnya tempat ini hanya dikunjungi oleh warga sekitar saja. Namun, seiring informasinya menyebar, wisatawan dari luar daerah mulai berdatangan untuk menyambangi tempat ini.

Untuk mencapai green canyon, diperlukan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Karawang dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki karena jalannya cukup sempit.

Daya Tarik dan Ketersediaan Fasilitas

Image source: Pesona wisata

Meski medannya agak sulit, namun fasilitas yang terdapat di sana cukup lengkap. Mulai dari area parkir, penginapan, wc umum hingga warung tersedia di sana. Selain itu, terdapat pula penyewaan alat renang seperti pelampung. Ada juga jasa pemandu yang dapat digunakan untuk mempermudah perjalanan kita.

Sampai sana, kita akan dimanjakan dengan fenomena alam stalagtit dan stalagmit. yang berada di ruang terbuka, bukan di dalam lorong-lorong gua seperti biasanya. 

Untuk bisa menikmati pemandangan disana, kita bisa menyewa pelampung maupun ban untuk berenang. Bisa juga menggunakan perahu karet kecil yang dibawa sendiri dari rumah. Karena disini tidak disediakan penyewaan perahu.

Air sungai di sini masih sangat sejuk. Di sekitarnya juga masih ditumbuhi pepohonan yang rimbun dan menambah kesan alami. Akar-akar pohon yang besar di sana sering dimanfaatkan oleh pengunjung untuk sekadar duduk-duduk dan berteduh. 

Oh ya, jika menyusuri aliran sungai sampai ke ujungnya, kalian akan menemukan air terjun dengan ketinggian mencapai 7 meter yang instagramable. Kalian bisa mengabadikan foto di sana dengan latar air terjun tersebut.

Green canyon sangat pantas dicoba bagi penggemar olahraga renang dan kegiatan di alam. Tempat ini juga bisa dikunjungi oleh kalian yang hanya ingin berlibur dan melepas penat dari kesibukan sehari-hari.

Akses Menuju Lokasi

Image source: hariankriminal.com

Lokasi green canyon Karawang cukup mudah ditemukan karena dekat dengan jalan desa. Pengunjung juga disarankan membawa kendaraan pribadi, karena saat ini belum tersedia kendaraan umum yang melintasi rute green canyon.

Jarak tempuh kurang lebih memakan sekitar 2 jam perjalanan dari pusat kota jika menggunakan kendaraan pribadi. 

Untuk wisatawan luar kota yang punya rencana berkunjung patokan pertamanya keluar gerbang tol Karawang Barat dan lanjut ke arah Green Canyon Loji Karawang.

Sesampainya di lokasi kamu akan menemukan kondisi jalan tidak terlalu lebar dan agak curam, berkelok dan digunakan dua arah. Dari sini, kita harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Sebagai catatan, warga sekitar lebih mengenalnya dengan nama Wisata Curug Ciomas. Alamatnya sendiri berada di Kampung Tonjong Roke, Desa Medal Sari, Kecamatan Pangkalan, Loji, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Untuk mendapatkan info wisata menarik lainnya, simak terus update artikel terbaru dari VELO, kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang praktis dan simple!

VELO tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropical Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Kantong nikotin ini ditujukan bagi pengguna nikotin berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang hamil atau menyusui.

VELO akan menemani keseruan aktivitasmu kapan saja dan dimana saja tanpa khawatir mengganggu kenyamanan orang di sekitar, karena kantong nikotin ini sepenuhnya bebas asap!

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply