Memorabilia Fenomenal John Lennon: Gitar Akustik Gibson Seharga Rp32 Miliar

Gitar akustik Gibson listrik pertama bernama Gibson J-160E ini adalah memorabilia dari John Lennon yang paling fenomenal dan paling mahal. Pada 10 September 1962, Brian Epstein, manajer The Beatles, membeli dua gitar produksi Gibson Guitar Corporation ini di toko musik Rushworth Liverpool untuk John Lennon dan George Harrison. Gitar Gibson ini kemudian digunakan untuk menciptakan lagu The Beatles I Saw You Standing There, She Loves You, dan I Want to Hold Your Hand.

Saat The Beatles melakukan konser di Finsbury Park Astoria Theater, London , pada 1963, gitar milik John Lennon tertinggal. Sejak itu, tak diketahui lagi keberadaannya dan dianggap telah hilang. Hingga akhirnya 50 tahun kemudian, gitar tersebut berada di tangan gitaris amatir dan juga kontraktor, John McCaw, di San Diego. Ia membeli gitar akustik Gibson J-160E ini pada 1970-an dengan harga beberapa ratus dolar Amerika. 

gitar akustik gibson
Source: Reverb

McCaw mendapati nomor seri gitarnya berdekatan dengan nomor seri gitar George Harrison, yang ia lihat di majalah Aficionado tahun 2012. Ia pun mencari tahu, milik siapa gitar tersebut. Melalui bantuan Andy Baibuk, penulis buku “Beatles Gear”, akhirnya diketahui bahwa gitar itu adalah milik John Lennon yang hilang.

McCaw yang menjadi pemilik gitar selama beberapa dekade, tak pernah menyadari betapa berharganya gitar tersebut. Beruntung, ia tak pernah memodifikasi atau memperbaharui gitar itu. Gitar akustik Gibson J-160E yang sempat hilang itu pun akhirnya diputuskan untuk dilelang pada November 2015 di balai lelang Julien, Los Angeles, California, AS.

Source: The Music Zoo

Pemilik dan kepala balai lelang, Darren Julien, menyatakan bahwa belum ada penjelasan perihal misteri hilangnya gitar di Inggris dan ditemukan di San Diego. Sebelum dilelang, gitar John Lennon tersebut dipajang dalam dua pameran. Pertama, di L.B.J Presidential Library di Austin, Texas, AS, pada 6-29 Juni 2015.

Kemudian, di Grammy Museum, Los Angeles, California, AS, pada 2 Juli sampai 7 September 2015. Setelahnya, gitar dipajang di balai lelang Julien pada 2-6 November 2015, sebelum akhirnya dilelang pada 6 dan 7 November 2015.Gitar memorabilia salah satu anggota band legenda The Beatles, John Lennon, ini pun berhasil terjual dengan nilai 2,14 juta dolar Amerika atau sekitar 32 miliar rupiah.

Simak juga info menarik lainnya dalam update artikel selanjutnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply