Gibson Slash: Koleksi Gitar Gibson yang Pernah Digunakan Slash

Saul Hudson atau yang terkenal dengan nama Slash adallah salah satu gitaris rock papan atas. Gitaris berkebangsaan Amerika-Inggris ini adalah mantan lead guitarist Guns N’ Roses dan sekarang sebagai lead guitarist Velvet Revolver.

Slash sangat identik dengan gitar Les Paul. Dia memiliki banyak koleksi gitar Les Paul, dan gitar Les Paul 1959 replica built by Kris Derrig yang dibelikan manajernya adalah gitar yang paling dia sukai.

Nah, berikut ini adalah deretan gitar Gibson slash legendaris yang pernah ia gunakan:

1970/80s Memphis Les Paul

gibson slash
Source: Reverb 

Ini adalah gitar listrik pertama slash, salah satu yang ia gunakan untuk belajar bermain gitar. Sekitar awal tahun 80-an, sebelum ketika slash bergabung dengan band pertamanya yang disebut Tidus Sloan pada 1981.

1961 Gibson SG

Gibson Slash
Source: Gibson 

Gitar ini pertama kali dikenalkan oleh Gibson pada tahun 1961. Gibson SG sendiri lahir karena permintaan gitar double cut semakin meningkat, dan penjualan Les Paul semakin menurun, dan akhirnya Gibson ingin membuat sesuatu yang baru. Gibson SG adalah seri Gibson paling laris sepanjang masa, Slash menggunakan gitar ini pada saat rekaman “My Michelle” dari album AFD.

Gibson Slash Les Paul “The Hunter Burst”

gibson slash
Source: Long & McQuade 

Meskipun tidak pernah benar-benar dibersihkan oleh Slash, banyak orang berpendapat bahwa slash punya Les Paul yang berbeda sebelum mendapatkan replika Derrig Kris. Dalam bukunya slash berbicara tentang pembelian Les Paul dari tempat yang disebut “Guitars R kami” dimiliki oleh Howie Huberman. Gitar ini sebelumnya dimiliki oleh Steve Hunter, yang bermain dengan Alice Cooper dan Lou Reed.

Hunter Burst bukan Les Paul asli, tetapi replika yang dibangun oleh luthier gitar terkenal Peter “Max” Baranet, dan kemudian dimodifikasi oleh Rist Romawi, yang menghapus pickup PAF, dan menginstal dua humbuckers Seymour Duncan.

1959 Gibson Slash Les Paul Standard – Replica by Kris Derrig #9 0607

Source: Gibson Guitar 

Slash menggunakan gitar ini di 1986, ketika band ini sentuhan akhir pada album “Appetite for destruction”. Slash merasa frustasi dengan peralatan yang ia miliki pada waktu itu, dan ia tidak puas dengan dari B.C. Rich dan Jackson.

Alen Niven, yang merupakan manajer band, pergi ke sebuah toko milik Jim Foote, dan membeli satu dari dua replika yang ditawarkan Jim kepadanya.

Keduanya dibuat oleh luthier gitar Kris Derrig, yang konon sedang membangun dan menjual replika Les Paul dalam rangka untuk mengumpulkan dana untuk memperbaiki mobil muscle miliknya.

1987 Gibson Slash Les Paul Standard

Source: Free Musical Instruments Marketplace  

Setelah AFD dirilis dan band melanjutkan tour untuk mempromosikan albumnya, slash membutuhkan beberapa gitar lagi sebagai cadangan replika tercinta. Dia punya dua Les Paul Standard model dari Gibson yang sangat mirip.

Dia menggunakan keduanya sebagai gitar manggung utama dari tour panjang 2 tahun, dan itu merupakan keputusan bagus ketika ia memutuskan menyimpan dua replika gibson dirumahnya karena sangat berharga baginya.

1958 Gibson Flying V

Source: Reverb  

Model yang pertama kali muncul di market pada tahun 1958 ini pada awal kemunculannya tidak mencatatkan penjualan yang cukup signifikan. Entah dikarenakan bentuknya yang cukup unik pada zamannya atau hal-hal lainnya, namun bisa dilihat terobosan berani yang dilakukan oleh Gibson pada zaman itu.

Kini, model yang sama dianggap sebagai salah satu desain terkeren yang pernah diciptakan. Slash menggunakan gitar ini di Studio pada saat rekaman “knocking on Heaven’s Door.”

1959 Gibson Explorer

Source: New Atlas 

Gitar ini dibeli bersama dengan 1958 Flying V. Slash mengatakan bahwa kedua gitar ini yang paling mahal dari yang pernah ia beli.

Nah, itulah beberapa gitar gibson slash yang pernah ia gunakan. Ikuti terus update artikel berikutnya bersama VELO! Kantong nikotin bebas tembakau pertama di Indonesia yang bisa dinikmati kapan saja, tanpa asap, dan tanpa ribet!

Tersedia dalam aneka varian rasa unik seperti Berry Frost, Tropic Mix, Polar Mint, dan Ruby Berry. Produk nikotin ini dikhususkan untuk pengguna berusia 18 tahun ke atas, tidak sedang hamil atau menyusui, dan bisa menyebabkan kecanduan.

Hengky
For the last few years, Hengky living as a digital nomad and currently settled in Denpasar. As a writer, he is interested in a certain topic such as pseudoscience, culture, art, and lifestyle.

Related Articles

Leave a Reply